Pengertian Kalimat SPOK dan Contonya Lengkap dan Jelas

Dalam pelajaran bahasa Indonesia pasti Anda akan mempelajari beberapa materi jenis-jenis kalimat. Salah satunya adalah kalimat SPOK. Mungkin Anda sedang mempelajari kalimat tersebut atau Anda sedang mengulang pelajaran tersebut dan masih belum mengerti. Tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai kalimat SPOK mulai dari pengertian kalimat SPOK hingga contohnya.

Pengertian Kalimat SPOK dan Contonya Lengkap dan Jelas

Kalimat SPOK yang lengkap biasanya akan terdiri dari beberapa unsur yakni Subjek Predikat Objek dan Keterangan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian kalimat SPOK untuk Anda secara ringan dan mudah di pahami.

Penasaran kan apa itu kalimat SPOK dan bagaimana contoh kalimat SPOK yang baik dan benar. Langsung saja mari kita simak ulasan mengenai kalimat SPOK berikut ini.

Pengertian Kalimat SPOK

Pengertian kalimat SPOK yakni sebuah susunan yang ada pada kalimat dan terdiri dari S-P-O-(K) atau Subjek – Predikat – Objek – Keterangan. Pengertian dari kalimat itu sendiri adalah satuan terkecil dari bahasa dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Dalam hal ini kalimat terdiri dari susunan/rangkaian kata-kata yang mengandung arti dan makna tertentu. Kalimat biasanya akan disampaikan oleh seseorang untuk menyampaikan pesan tertentu.

Oleh karena itu, Anda tidak  boleh sembarangan dalam menyusun kalimat untuk menghindari kesalahpahaman dari pihak yang menerima pesan tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kalimat SPOK yang baik ialah kalimat yang terdiri dari Subjek-Predikat-Objek-(Keterangan). Nah, sebelum kita membahasnya lebih jauh ke contoh kalimat SPOK. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu mengenai unsur-unsur kalimat SPOK.

Unsur -unsur Kalimat SPOK

Sesuai dengan namanya unsur-unsur kalimat SPOK adalah susunan yang harus ada dalam susunan kalimat yakni Subjek, Predikat, dan Objek lengkap. Berikut penjelasan dari masing-masing unsur kalimat SPOK.

  • Subjek

Subjek dalam kalimat SPOK merupakan pelaku (yang melakukan pekerjaan) dalam konteks kalimat tertentu. Pada umumnya subjek ini berupa kata benda, binatang, tumbuhan dan benda-benda tertentu yang dapat dijadikan sebagai subjek. Dalam kalimat subjek berperan sebagai  bagian klausa yang melakukan pekerjaan. Subjek merupakan seorang aktor yang melakukan kegiatan tertentu dalam suatu kalimat. Beberapa contoh subjek dalam sebuah kalimat antara lain adalah saya, sapi, pohon pisang, meja dan lain-lain.

  • Predikat

Selain subjek bagian dari susunan kalimat lainnya adalah predikat. Predikat merupakan unsur kalimat yang menyatakan suatu kegiatan dan pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Dalam hal ini predikat sendiri harus  mengandung unsur verba atau mengandung kata kerja karena apabila tidak demikian maka kata tersebut tidak dapat disebut sebagai predikat. Kata yang termasuk ke dalam predikat misalnya, mencangkul, bernyanyi, melukis memasak,dan lain-lain.

  • Objek

Unsur kalimat SPOK yang berikutnya adalah objek. Dalam kalimat ini objek merupakan sesuatu yang dikenai pekerjaan/kegiatan oleh subjek. Jadi apabila subjek adalah yang melakukan kegiatan, maka objek adalah sasaran pekerjaan yang dlakukan oleh subjek dalam suatu kalimat. Contoh kata objek misalnya ibu, sayur, kopi, mangga, dan lain-lain.

  • Keterangan

Unsur kalimat selanjutnya adalah keterangan yakni suat kata yang menjelaskan bagaimana, diamana, kapan, pekerjaan tersebut dilakukan. Dalam suatu kalimat, keterangan dapat berupa keterangan tempat misalnya seperti pasar, rumah, kantor, sekolah, jalan,lapangan, dan lain-lain.

Selain keterangan tempat, juga ada keterangan waktu seperti, sore hari, malam hari, siang hari, senja. Tidak hanya itu, ada juga keterangan yang menyesuaikan dengan kontek kalimat misalnya seperti keterangan cara seperti, “lebih efektif, dengan sangat cepat, lebih mudah” dan lain-lain.

  • Pelengkap (pel)

Kata selanjutnya adalah pelengkap, sesuai dengan namanya pelengkap merupakan kata yang melengkapi keterangan dengan kalimat. Kata pelengkap dalam hal ini biasanya akan digunakan untuk tujuan mempertegas maksud dan menjelaskan keterangan secara lebih rinci. Kata pelengkap contohnya adalah yang cantik, yang baru, yang bagus, dengan mudah, dan lain-lain.

Jadi itulah beberapa unsur kalimat yang menjadi pembangun utama sebuah paragraf yakni subjek (S), Predikat (P), objek (O), keterangan (K) dan pelengap (Pel). Bahkan dalam satu kalimat utuh minimal hanya memiliki 2 unsur yakni subjek (S) dan predikat (P). Namun, apabila suatu kalimat tidak memiliki  tersebut maka kata – kata tersebut bukanlah kalimat melainkan frasa.

Baca Artikel LainMakna dan Arti Lambang Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara

Contoh Pola Kalimat SPOK Lengkap

Nah, agar Anda lebih mengerti dan memahami pengertian kalimat SPOK, berikut akan kami beri beberapa contoh kalimat yang didasarkan pada delapan pola dasar yang sering muncul dalam kehidupan sehari – hari. Langsung saja mari kita liat contohnya.

1. S P
Kalimat yang hanya memiliki unsur S P merupakan kalimat yang paling sederhana. contoh kalimat yang hanya terdiri dari S P adalah sebagai berikut.

Contoh :
Aku berjalan
S         P

2. S P O
Jenis kalimat ini memiliki tiga unsur yakni subjek, predikat, dan objek. Susunan unsur-unsur tersebut dapat berubah. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Contoh :
Ibu memasak daging sapi.
S            P                  O

3. S P Pel
Kalimat yang memiliki pola kalimat seperti ini mengandung unsur – unsur subjek, predikat dan pelengkap. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Contoh:
Rara Membuang yang Sudah Tidak Terpakai
S              P                   Pel

4. S P Pel K
Pola Kalimat ini tersusun atas unsur subjek, pelengkap, dan keterangan, contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Contoh :
Azkia belajar yang  akan diujikan besok pagi.
S             P                       Pel                      K

5. S P O Pel
Pola kalimat ini disusun oleh beberapa unsur yang terdiri dari  subjek, predikat, objek, dan pelengkap. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Contoh :
Rara membuang sampah yang sudah menumpuk
S                  P                O                   Pel

6. S P O K
Pola kalimat ini merupakan pola kalimat yang lengkap yakni terdiri dari unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Contoh:
Dina membaca buka pelajaran dengan sangat serius.
 S              P                O                            K
                   
7. S P K
Kalimat ini tersusun dari 3 unsur kata yakni sebagai subjek, predikat, dan keterangan. Adapun contoh kalimatny adalah sebagai berikut.

Contoh:
Cinta belajar dengan sangat rajin dan giat.
S             P                     K

Tidak hanya itu, contoh kalimat SPK yang lainny juga sebagai berikut.
Sintia pulang dengan hati yang gembira ria.
Ago sedang tidur dengan lelap.

8. S P O Pel K
Kalimat ini memiliki semua unsur – unsur yang ada yakni terdiri dari 5 unsur seperti subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan. Adapun contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Contoh:
Rudi sedang mengendarai motor yang berwarna merah dengan sangat kencang.
S                            P                 O                     Pel                                    K

Sekarang Anda sudah tahu kan apa itu kalimat SPOK. Sekian artikel mengenai pengertian kalimat SPOK beserta contoh kalimatnya yang dapat Anda jadikan referensi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda khususnya bagi Anda yang sedang menempuh mata pelajaran atau mata kuliah bahasa Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel