Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia, jadi sudah semestinya sebagai warga negara Indonesia yang baik perlu mengetahui tentang lambang dan dasar Negarnya.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara

Tidak hanya berperan sebagai lambang Negara saja, namun pancasila juga merupakan dasar negara dan ideologi bagi bangsa Indonesia. Jadi, sudah seharusnya kita  sebagai warga negara ini mempelajari makna dari lambang Negara dan dasar Negara kita pancasila.

Jangan sampai kita mengaku cinta pancasila namun tidak paham apa sebenarnya makna dan arti garuda pancasila. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai makna dan arti lambang garuda pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Langsung saja, mari kita simak ulasan pada artikel berikut ini.

Sejarah Singkat Pancasila sebagai Dasar Negara

Pertama, kami akan membahas menganai sejarah singkat pancasilad. Pada awalnya Pancasila diciptakan atau dibentuk BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Yang mana badan tersebut didirikan pada bulan april tepatnya pada tanggal 29 tahun 1945 oleh pemerintahan belanda.

Pada masa itu, BPUPKI dianggap sebagai bentuk dukungan dari penjajah jepangan terhadap bangsa  Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan. Namu, ada juga yang menganggap bahwa hal ini hanya digunakan sebagai rekayasa politik Jepang yang saat itu sedang tersudut oleh para sekutu.


Nah, selanjutnya tepat pada tanggal 1 Juni tahun 1945 BPUPKI secara resmi menyatakan melalui Soekarno tentang lima dasar negara. Yang mana kelima dasar ini dinamakan sebagai Pancasila. Setelah itu, BPUPKI mengalami perubahan nama menjadi PPKI atau singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 7 Agustus 1945. Dari sinilah mulai ada tanda-tanda kemerdekaan dari bangsa Indonesia yang pada saat itu terjajah.

Hal ini pada awalnya ditandai dengan adanya bom atom yang jatuh di Hiroshima tepat pada pada tanggal 6 sebelum pembentukan PPKI. Kemudian dilanjutkan oleh tindakan pengeboman Nagasaki di tanggal 9 Agustus, pada saat itulah Negara Jepang memang benar-benar berada di  dalam kondisi yang lemah.

Kondisi yang terjadi pada saat itu dimanfaatkan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia untuk segera meraih kemerdekaan yang dicita-citakannya cukup lama. Alhasil pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno atas nama bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan dengan membacakan naskah proklamasi di depan seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari momen inilah spirit pejuangan bangsa semakin meningkat hingga saat ini.

Tidak cukup sampai disitu saja berlanjut pada tanggal 18 Agustus 1945 yang mana pada saat itu para bapak pendiri bangsa menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dan bila kita simak  isi dari pembukaan Undang-Undang Dasar maka kita akan menemukan 5 bait kalimat pancasila yang ada di dalamnya. Dan sejak saat itulah, Pancasila diresmikan menjadi dasar Negara Indonesia dan terus berjaya hingga saat ini.

Pengertian Pancasila

Apa pengertian pancasila yang sebenarnya? Jadi pancasila dapat diartikan sebagai  dasar negera Republik Indonesia yang sekaligus juga menjadi ideologi falsafah berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan sebuah rumusa yang dihasilkan oleh para pendiri bangsa untuk dijadikan sebagai pedoman bagi setiap manusia dalam negara tercinta ini.

Pancasila sendiri berasal dari dua kata yakni panca dan sila, panca yang berarti lima dan sila yang berarti asas hidup. Yang mana dua kata tersebut berasal dari bahasa sansekerta, hal ini menandakan betapa dalamnya perumusan Dasar Negara ini.

Ideologi Pancasila dapat kita pahami dengan mudah melalui lambang Negara yang mana pada lambang tersebut terdiri dari 5 point sila dengan masing-masing memiliki gambar berfilosof mendalam. Lambang dasar Negara ini sering kali kita sebut dengan lambang Garuda Pancasila karena memang bentuknya yang berupa burung garuda.

Nah, jika diperhatikan secara seksama pada bagian depan Lambang Garuda Pancasila tersebut terdapat tameng yang terbagi menjadi 5 bagian diantaranya adalah gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng dan padi kapas yang mana di setiap bagiannya memiliki makna dan arti filosofi masing-masing.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan makna dan arti lambang garuda pancasila yang akan kami ulas pada pembahasan berikut ini.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila – Sila Pertama

Lambang dari sila pertama yang ada pada garuda Pancasila adalah bintang yang memiliki lima sudut sebagai simbol Ketuhanan yang Maha Esa. Makna yang terkandung dalam simbol bintang tersebut adalah bentuk cahaya batin kepada setiap manusia.

Kemudian makna dari latar belakangnya yang berwarna hitam adalah memiliki makna bahwa alam ini sangatlah gelap. Sehingga adanya bintang yang dapat diartikan sebagai Tuhan akan menjadi cahaya penerang bagi setiap umat manusia agar tidak tersesat. Makna simbol ini secara lebih dalam adalah Tuhan merupakan asal dari segala yang ada di dunia ini.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila – Sila Kedua
Kalimat sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dan dilambangkan dengan simbol Rantai yang berbentuk  segi empat dengan saling terhubung dengan biji rantai yang lain ini memiliki arti laki-laki sedangkan permpuan dilambangkan sebagai lingkarannya. Maksud dari kombinasi simbol tersebut adalah suatu hal yang saling terkait satu sama lain. Jadi, arti dari simbol ini dapat diartikan bahwa laki-laki dan perempuan haruslah saling berpadu untuk menghasilkan kehidupan (rantai) yang kuat.

Makna dan Arti Lambang Pancasila – Sila Ketiga

Lambang dari Sila ke tiga garuda pancasilaadalah Pohon Beringin dengan kalimat sila yang berbunyi Persatuan Indonesia. Pohon beringin merupakan suatu pohon yang memiliki daun yang dapat menjadi tempat manusia untuk berteduh. Dalam hal ini pohon beringin diibaratkan sebagai sebuah Negara ini yang menjadi tempat hidup bagi seluruh rakyat Indonesia mulai dari ujung Sabang sampai Merauke.

Bahkan dari suku pedalaman hingga masyarakat perkotaan memiliki hak yang sama untuk  hidup di dalam negara ini.

Selain memiliki arti pada daun, lambang pohon beringin yang juga memilki akar dan sulur yang sangat kuat memiliki makan mampu menjangkau ke segala arah. Yang mana hal ini mengandung arti bahwa bangsa Indonesia meruapakan bangsa yang sangat beragam.

Makna dan Arti Lambang Pancasila – Sila Keempat
Pada sila ke Empat lambang garuda pancasila dilambangkan dengan Kepala Banteng dengan kalimat yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan”. Makna yang terkandung dalam simbol kepala banteng ialah mengambil dari sikap hewan ini yang selalui bersama dengan sesamanya. Hal ini perlu untuk dilakukan agar terhindar dari terkaman hewan pemangsa. Jadi jika di ibaratkan simbol banteng adalah orang-orang yang musyarawah maka apapun keputusan yang ambil harus melalui fase perdiskusian.

Makna dan Arti lambang Pancasila – Sila Kelima

Sila kelima lambang garuda pancasila memiliki simbol padi dan kapas  yang disertai dengan kalimat “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Makna dari simbol padi dan kapas dalam lambang garuda pancasila adalah makanan dan kebutuhan pokok dari Manusia.

Jadi, hal ini berarti bahwa setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan sandang dan pangan secara sama. Bahkan suatu bangsa juga akan dikatakan baik jika hal tersebut sudah bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat atau rakyat Indonesia. Dengan begitu akan terciptalah keadilan yang tanpa pandang bulu karena semua sama dimata Negara.

Sekian informasi mengenai makna dan arti lambang garuda pancasila sebagai dasar Negara. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel