Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Selama satu hingga dua abad terakhir para ilmuwan meneliti iklim mengumpulkan pengamatan rinci berbagai fenomena cuaca (seperti suhu, curah hujan, dan badai) dan pengaruh terkait pada iklim (seperti arus laut dan komposisi kimia atmosfer).

Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disebutkan bahwa suhu bumi mengalami peningkatan drastis selama satu abad terakhir, yaitu mencapai 0,8°C sampai dengan 1,2oC. Walaupun nampaknya peningkatan tersebut kecil, namun dampaknya sangat besar bagi kehidupan di bumi.

Peningkatan suhu Bumi berkaitan dengan kegiatan manusia seperti gas emisi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, limbah yang dihasilkan dari produksi pabrik, efek rumah kaca, dan kegiatan manusia lainnya.

Pengertian Pemanasan Global

Ada beberapa pengertian pemanasan global dari sumber pustaka yang dapat kita jadikan acuan untuk menarik kesimpulan dari pengertian pemanasan global.
  • Menurut National Wildlife Federation
    Pemanasan global adalah peningkatan suhu udara di bumi yang mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam dan perubahan landscape kehidupan di bumi sehingga membunuh banyak species.
  • Menurut Wikipedia
    Ensiklopedia bebas, pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Dari kedua pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pemanasan global adalah suatu fenomena cuaca meningkatnya suhu udara rata-rata di Bumi yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada tatanan kehidupan mahluk hidup.

Meningkatnya suhu Bumi diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, perubahan intensitas dan pola hujan serta perubahan-perubahan lainnya.

Apa sajakah yang menjadi Penyebab Pemanasan Global? Mari kita simak info berikut.

Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan Global terjadi akibat dari kegiatan manusia seperti gaya hidup, pola konsumsi, dan teknologi yang ada dan berkembang di negara-negara industri.
Berikut adalah beberapa faktor penyebab pemanasan global:
  • Efek Rumah Kaca
    Pada umumnya terdapat dua macam efek rumah kaca, yaitu efek rumah kaca alami dan juga efek rumah kaca buatan. Efek rumah kaca alami adalah jenis pemanasan global yang bersifat pemanasan permukaan dari konstituen alami atmosfer bumi, yaitu uap air, karbon dioksida, dan metana yang dihasilkan dari radiasi matahari dan radiasi terrestrial.

    Efek rumah kaca buatan adalah peningkatan konsentrasi gas-gas rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil yang meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, dan konsentrasi yang lebih tinggi ini memiliki potensi untuk menghangatkan atmosfer sampai beberapa derajat.
  • Variasi Radiasi
    Variasi radiasi adalah ukuran pengaruh faktor iklim yang diberikan terhadap jumlah energi radiasi yang mengarah ke permukaan Bumi. Faktor iklim disebabkan oleh Aktivitas manusia (seperti emisi gas rumah kaca, dan emisi aerosol) dan Kekuatan alam (seperti radiasi matahari, radiasi terrestrial, letusan gunung berapi).
  • Efek Umpan Balik
    Uap air adalah faktor utama pelaku efek umpan balik. Uap air merupakan salah satu hasil dari efek rumah kaca. Semakin hangat permukaan, semakin besar tingkat penguapan air dari permukaan. Akibatnya, peningkatan penguapan berakibat pada konsentrasi uap air yang lebih besar di atmosfer bagian bawah yang mampu menyerap radiasi gelombang panjang dan memancarkannya ke Bumi.
  • Perubahan Penggunaan Lahan
    Perubahan dalam penggunaan lahan dapat mempengaruhi iklim. Pengaruh paling langsung adalah melalui perubahan albedo Bumi atau reflektansi permukaan. Misalnya, penggantian hutan oleh lahan pertanian dan padang rumput selama beberapa abad terakhir telah menyebabkan peningkatan albedo.

    Perubahan penggunaan lahan juga dapat mempengaruhi iklim melalui pertukaran panas antara permukaan Bumi dan atmosfer karena tumbuhan membantu memfasilitasi penguapan air ke atmosfer melalui penguapan.
  • Penipisan lapisan ozon di stratosfir
    Ozon atau O3 adalah molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen. Ozon terbentuk secara alami dan tersebar di atmosfer bumi, namun ozon banyak terdapat di lapisan stratosfer. Lapisan yang banyak mengandung ozon disebut lapisan ozon.

    Berkurangnya jumlah ozon di lapisan ozon menyebabkan meningkatnya suhu Bumi dan terdapat banyak radiasi ultraviolet B sampai ke permukaan bumi yang berbahaya bagi kehidupan di bumi.

Dampak Pemanasan Global

Secara umum pemanasan global berdampak pada terjadinya peningkatan suhu rata-rata di Bumi. Namun, ada banyak dampak lainnya yang terjadi akibat pemanasan global. Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikut.
  • Iklim dan Cuaca Mengalami Perubahan
    Pemanasan global mengakibatkan terjadinya perubahan iklim dan cuaca di berbagai wilayah di Bumi dikarenakan kondisi atmosfir yang berubah.
  • Terjadinya Hujan Asam
    Asap hasil pembakaran batubara dan minyak akan menghasilkan emisi belerang trioksida dan nitrogen oksida. Kedua gas tersebut bila bereaksi di udara akan menghasilkan asam nitrat dan asam sulfat yang mengakibatkan terjadinya hujan asam. Hujan asam dapat mengakibatkan kesulitan bernafas, merusak tanaman, merusak benda-benda logam, dan yang lainnya.
  • Es di Kutub Mencair
    Pemanasan global yang menaikkan suhu Bumi akan membuat es di kutub mencair. Wilayah kutub yang tertutup oleh es dapat memantulkan sinar matahari.  Mencairnya es di kutub membuat sinar matahari akan semakin banyak diserap dan menimbulkan panas, serta akan membuat berbagai binatang di kutub kehilangan habitatnya.

  • Naiknya Permukaan Air Laut
    Es yang mencari dari kutub akan mengalir menuju laut yang mengakibatkan permukaan air laut akan semakin tinggi secara perlahan. Menurut keterangan dari beberapa ilmuwan, sepanjang abad 20, permukaan air laut telah naik hingga mencapai 25 cm. Dan diperkirakan akan terus naik hingga mencapai 88 cm. Bila ini terus berlanjut maka akan membuat wilayah daratan di permukaan bumi semakin berkurang.
  • Terganggunya Ekologis di Bumi
    Kegiatan manusia yang mengakibatkan pemanasan global akan berdampak besar bagi mahluk hidup lainnya, yaitu hewan dan tumbuhan, hewan bermigrasi ke tempat lain dan tumbuhan di suatu daerah akan mati karena iklim yang ada sudah berubah dan tidak sesuai dengan habitat aslinya.

  • Terjadinya Perubahan Pergantian Musim
    Pemanasan global akan menyebabkan siklus musim di berbagai wilayah bumi mengalami perubahan atau menjadi tidak teratur. Dan perubahan musim ini menyebabkan banyak masalah bagi manusia, terutama pada industri pertanian dan peternakan karena musim tanam dan musim panen yang tidak jelas akan mengakibatkan hasil pertanian dan peternakan menurun.

Bagaimana Cara Mengatasi Pemanasan Global?


Pemanasan global dapat diatasi dengan tindakan nyata oleh seluruh manusia itu sendiri yang berada di wilayah Bumi. Manusia harus mengendalikan dengan baik kegiatan eksploitasi alam yang selama ini dilakukan dengan mulai melakukan langkah-langkah konservasi alam.

Berikut ini adalah beberapa upaya konservasi alam secara sederhana untuk mengatasi pemanasan global.
  • Mengurangi Penggunaan kendaraanKini, endaraan bermotor sebagai alat transportasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Namun, asap yang dikeluarkan menghasilkan emisi karbondioksida yang mengakibatkan pemanasan global.

    Maka dari itu kita mencoba untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan mulai menggunakan angkutan massal. Sehingga akan mengurangi polusi udara dan dapat membantu mengatasi pemanasan global.
  • Menjaga Kelestarian alam
    Eksploitasi alam yang berlebihan dapat merugikan. Membuka lahan dengan cara menebang dan membakar hutan dapat menyebabkan pemanasan global dan merusak ekosistem. Melakukan penanaman kembali pohon di lahan-lahan yang dibakar dan ditebang dapat mengatasi pemanasan global.
  • Menghemat Pemakaian Listrik
    Pemanasan global dapat diakibatkan dari penggunaan listrik yang berlebihan karena lampu dan peralatan listrik dapat mengeluarkan panas. Mengontrol pemakaian listrik dapat membantu mengatasi pemanasan global, juga lebih hemat energi dan hemat biaya.
  • Mengelola Limbah
    Limbah mengeluarkan gas berbahaya ke udara dan menyebabkan efek rumah kaca sehingga panas matahari terperangkap di permukaan bumi. Mengelola limbah rumah tangga dan limbah industri agar ramah lingkungan dapat membantu mengatasi pemanasan global. 
Aktivitas manusia telah mempengaruhi suhu permukaan secara global dengan mengubah keseimbangan radiasi di Bumi. Pengaruh yang paling menonjol adalah peningkatan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Perubahan iklim juga dipengaruhi dengan perubahan konsentrasi aerosol dan ozon serta perubahan bentuk lahan di permukaan Bumi.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel