Pengertian Disintegrasi, Bentuk, Faktor dan Contoh Lengkapnya

Pada mata pelajaran atau mata kuliah sosiologi pastinya Anda akan menemukan istilah disintegrasi. Namun, apa pengertian disintegrasi itu? bagaimana mana bentuk? Faktor apa yang ada dalam disintegrasi dan apa saja contohnya? Untuk bisa menjawab itu semua, langsung saja yuk kita simak ulasannya pada pembahasn berikut ini.

Pengertian Disintegrasi

Pertama, mari kita bahas mengenai pengertian disintegrasi terlebih dahulu. Jadi, disintegrasi sendiri adalah salah satu fenomena sosial yang paling ditakuti dalam kehidupan masyarakat. Hal ini karena disintegrasi akan menimbulkan suatu fenomena yakni gejolak terhadap pecahnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, pengertian disintegrasi secara umum yang lainnya merupakan suatu situasi tidak adanya persatuan dan kesatuan yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat. Tentunya jika dibiarkan keadaan ini akan mengancam adanya perpecahan yang berakibat pada rusaknya tatanan sosial yang sedang dijalankan.

Pengertian Disintegrasi, Bentuk, Faktor dan Contoh Lengkapnya

Lawan kata disintegrasi secara umum adalah integrasi sosial yang mana hal ini memiliki pandangan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti yang kita tahu, perkembangan hidup yang dialami oleh masyarakat Indonesia memang selalu berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan faktor perubahan sosial yang dialaminya, oleh karena itu tak heran jika disintegrasi bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Pengertian Disintegrasi Menurut Ahli

Salah satu pengertian disintegrasi menurut para ahli dikemukakan oleh Soekanto Soekamto. Ia menyatakan bahwa disintegrasi merupakan suatu keadaan yang ada dalam masyarakat dalam situsi ketidak teraturan. Pemicu timbulnya disintegrasi di dasari pada memudarnya norma dan nilai yang sudah ada.

Selain itu, fakor yang melatarbelakangi adanya  disintegrasi juga dapat disebabkan oleh adanya  perubahan sosial dan juga lembaga sosial yang melakukan perombakan lantaran adanya sikap dan tuntunan hidup manusia yang selalu berkembang dan berubah dari waktu ke waktu.

Jadi, dari pembahasan mengenai pengertian disintegrasi yang sudah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa arti dari disintegrasi adalah bentuk prilaku setiap individu atau masyarakat yang hidup dalam keadaan ketidakaturan, hal ini dapat disebakan karena adanya perubahan sosial yang terus menerus terjadi disetiap sisi kehidupan masyarakat berbangsa.

Bentuk-bentuk Disintegrasi

Ada beberapa bentuk disintegrasi yang dapat digolongkan dan dikategorikan, antara lain sebagai berikut.
  • Disintegrasi Sosial
Pengertian disintegrasi sosial yakni berkaitan dengan tidak adanya fungsi dan norma yang berjalan. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh adanya masyarakat yang kurang merasa puas dengan kondisinya. Sehingga jika sudah begitu, mereka akan memiliki keinginan untuk melakukan perubahan-perubahan yang mendasar.
  • Disintegrasi Bangsa
Bentuk disintegrasi yang berikutnya adalah disintegrasi bangsa yakni perpecahan hidup dalam masyarakat yang disebabkan karena adanya pengaruh dari negara lain. Munculnya disintegrasi bangsa ini bisa disebabkan oleh pengaruh dari negaranya sendiri, misalnya seperti kurang menerima terhadap perbedaan sehingga tidak munculnya sikap tolerasi.
  • Disintegrasi Keluarga
Pengertian disintegrasi keluarga dapat diartikan sebagai  suatu disorganisasi keluarga yang disebabkan karena adanya kekurang pahaman antar anggota keluarga. Fakta ini dapat Anda lihat dalam berbagai kasus, misalnya seperti kasus perceraian, pisah ranjang, dan kasus yang lainnya.


Faktor-faktor Disintegrasi
Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab atau permasalahan yang menyebabkan adanya disintegrasi, antara lain adalah sebagai berikut.
  • Konfik
Faktor disintegrasi yang pertama adalah adanya konflik. Jadi dapat diartikan bahwa konflik menjadi faktor yang melatar belakangi seseorang melakukan disintegrasi. Konflik sendiri berarti suatu kondisi ketidakpuasan masyarakat terhadap suatu keadaan yang ada. Hal inilah yang selanjutnya akan menyebabkan masyarakat tidak berada dalam persatuan.
  • Peperangan
Faktor yang melatarbelangi disintegrasi yang berikutnya adalah peperangan, baik suatu peperangan yang dilakukan antar suku, etnis, ataupun dalam perbedaan budaya. Adanya peperangan ini dapat memicu adanya dampak yang begitu besar seperti dampak material dan imaterial.
  • Pertikaian
Faktor yang melatar belakangi disintegrasi yang berikutnya adalah pertikaian. Dalam ha ini pertikaian seringkali menjadi landasan dasar suatu kelompok masyarakat menjadi terpecah belah antara yang satu dengan yang lainnya. Kondisi masyarakat yang seperti inilah menjadi penyebab masyarakat terlibat dalam pertikaian yang rawan dengan disintegrasi.
  • Kesenjangan Sosial
Selanjutnya faktor disintegrasi adalah dalam bentuk kesenjangan sosial yang menjadi saah satu alasan masyarakat terpecah belah. Biasanya hal ini akan terjadi karena starta sosial membedakan masyarakat kaya dan miskin. Permasalah masyarakat yang seperti ini pada akhirnya menjadikan banyak kepentingan yang lebih mengutamakan si kaya daripada si miskin.

Jadi, dilihat dari beberapa faktor yang sudah dijelaskan diatas. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa disintegrasi sosial dapat mendorong masalah sosial, hal ini dilakukan dengan alasan kondisi masyarakat dalam ketidakbersatuan yang akhirnya memunculkan keadaan yang rumit untuk mencapai tujuan secara bersama-sama.


Contoh Kasus Disintegrasi di Indonesia

Untuk lebih paham mengenai pengertian disintegrasi berikut akan kami berikan beberapa contoh kasus-kasus yang berhubungan dengan disintegrasi yakni sebagai berikut.
  • Konflik di Daerah-Daerah
Contoh kasus atau konflik sosial yang menjadi salah satu jenis disintegrasi sebenarnya sudah banyak kita alami di beberapa daerah-daerah d Indonesia. Misalnya seperti pada saat ini Indonesia tengah dilanda banyak konflik, seperti konflik agraria, konflik antar suku, ataupun konflik antar budaya.

Salah satu konflik yang terjadi dalam suatu daerah adalah kasus yang menimpa masyarakat Lampung beberapa waktu yang lalu. Yakni perang antar suku asli lampung dengan Suku Bali. Terjadinya kasus peperangan ini membuat masyarakat merasa tidak aman karena ada banyak korban yang bermunculan.
  • Demontrasi 98
Contoh disintegrasi yang terjadi di Indonesia yang lainnya adalah fenomena sosial berupa kekejian yang dialami pada tahun 1998. Yang mana pada saat itu, sikap dari para pemerintah para pemimpin ORBA diberoktak oleh masyarakat dan kondisi finansial yang berada dalam kabengkrutan.

Secara kasat mata sebenarnya kasus ini merupakan suatu bagian daripada disintegrasi. Hal ini karena pada saat itu, masyarakat memiliki peran serta dalam mendorong mundurnya Presiden yang sah secara paksa.
  • PKI
Contoh disintegrasi yang pernah dialami masyarakat Indonesia berikutnya adalah pada saat terjadinya pemberontakan PKI yang terjadi pada masa Orde Lama. Yang mana pada masa itu PKI sebagai partai komunis melakukan kudeta pemerintahan dengan membunuh banyak jendral-jendral.
  • Peperangan Antar Agama di Papua
Kasus yang dapat di contohkan sebagai adanya disintegrasi berikutnya yang baru-baru ini terjadi adalah adanya kasus peperangan antar warga masyarakat terjadi di Papua, terutama masyarakat Islam dan masyarakat Agama Kristen. Hal ini terjadi karena kurangnya rasa tolerasi yang dimiliki oleh masyarakat beragama.

Jadi, dari penjelasan beberapa contoh disintegrasi dengan berbagai macam kasus yang terjadi di Indonesia dapat diartikan sebagai bagian ancaman dalam kerukunan antar masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengatasi berbagai macam kasus dan kejadian ini salah satunya dapat dilakukan dengan cara menjalankan terus komitmen kesepakatan antar masyarakat yang ada.

Selain itu, munculnya disintegrasi yang lainnya juga dapat dilakukan dengan cara menciptakan pranata sosial yang disesuaikan dengan proses perubahan sosial budaya yang sedang berkembang di dalam kehidupan. Jika penanggualangan terhadap disintegrasi ini tidak dilakukan maka bukan tidak mungkin jika dampak disintegrasi akan diarahkan oleh masyarakat.

Itulah informasi mengenai pengertian disintegarasi, bentuk, jenis hingga contoh disintegrasi dari beberapa kasus yang terjadi di Indonesia. Semoga menambah wawasan Anda, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel