Pengertian dan Contoh Alat Musik Modern Bedasarkan Cara Memainkannya

Pernahkah anda memainkan alat musik? Kami yakin Anda semua pasti sudah pernah mencoba memainkan alat musik. Pada umumnya alat musik dibagi menjadi dua jenis yakni alat musik tradisional dan alat musik modern. Namun pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai alat musik modern yang banyak digunakan pada saat ini.

Pengertian dan Contoh Alat Musik Modern Bedasarkan Cara Memainkannya

Penasaran kan apa saja contoh alat musik modern dan bagaimana cara memainkannya. Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Alat Musik Modern

Sebenarnya kita sudah sering mendengar alat musik modern karena alat musik ini sudah banyak digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Ada banyak contoh alat musik modern pada saat ini. Salah satunya adalah gitar yang memainkan dan mengiringi sebuah lagu.

Gitar merupakan salah satu alat musik modern yang paling banyak digemari para kalangan baik itu kalangan remaja hingga dewasa  pasti menggunakan gitar untuk megiringi sebuah lagu. Hal ini karena suara dan nada yang dimiliki gitar sangat merdu dan juga sangat mudah untuk dipelajari.

Seperti yang kita tahu, masing-masing manusia pastinya memiliki filosofi sendiri-sendiri tentang musik.  Ada yang berfilosofi bahwa musik yang dimainkan dan didengar akan membangkitkan semangat dikala semangat hilang. Selain tiu, ada juga yang memiliki filosofi bahwa musik hanya sekedar dapat dinikmati atau didengar saja. Namun, ada juga yang memiliki filosifi bahwa musik hanya berfungsi sebagai pengiring ritual keagamaan dan lain sebagainya.

Contoh Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

Adapun beberapa contoh alat musik modern dan cara memainkannya yang wajib Anda ketahui.

Alat Musik Modern Biola

Alat musik modern yang satu ini sering digunakan sebagai pengiring dalam pagelaran musik yang cukup besar. Cara memainkan alat musik Biola ini biasanya dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan alat yang fungsinya menggesek, alat ini sepaket dengan biola yang Anda beli.

Biola biasanya terdiri dari 4 buah senar dengan beberapa kunci yakni G-D-E-A yang sengaja diatur oleh pembuatnya yang berbeda dengan senar alat musik yang lainnya. Pada biola nada-nada yang paling rendah adalah nada G. Biola biasanya digunakan untuk mengiringi beberapa aliran musik seperti h jazz, rakyat, klasik, pop. Orang yang memainkan biola disebut juga dengan sebutan Violinis.

Alat Musik Modern Gitar

Alat musik modern yang berikutnya adalah gitar yang dimainkan dengan cara di petik.  Gitar terdiri dari dua bagian yakni gitar elektrik dan juga gitar akustik. Gitar akustik merupakan sebuah gitar mempunyai lubang pada bagian tengah tubuhnya. Sedangakn gitar elektrik biasanya hanya dapat digunakan jika disambungkan dengan kabel listrik untuk menghasilkan suara musik yang merdu.

Alat Musik Modern Tiup

Alat musik modern yang ditiup merupakan suatu alat musik yang dapat dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik modern yang satu ini akan menghasilkan suara yang mana suara tersebut berasal dari bibir seseorang yang meniup alat musik yang awal mulanya suara tersebut berasal dari tiupan yang nantinya akan berubah menjadi getaran-getaran yang berada sekitar alat musik tiup dan bibir pemain.

Berikut ini beberapa alat musik tiup modern yang dapat anda coba mainkan.
  • Terompet
    Alat musik tiup yang pertama adalah terompet yang terbuat dari bahan baku lpgam. Alat musik ini biasanya memiliki 3 tombol yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda yang berguna untuk mengatur nada.
  • Saxophone
    Alat musik modern yang kedua adalah saxophone. Sama seperti terompet alat musik modern ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik yang satu ini berasal dari Belgia dan ditemukan oleh Adolphe Sax ketika waktu itu pada tahun 1840.

    Alat musik ini terbuat dari bahan dasar logam dan nada yang dihasilkannya pun bernada khas logan dengan ekspresi dan jangkauan nada yang cukup besar. Alat musik yang satu ini sering dimainkan oleh band musik khususnya para legenda musik jazz.
  • Harmonika
    Alat musik modern yang dimainkan dengan cara di tiup selanjutnya adalah harmonika yang sudah dipakai dari 5000 tahun yang lalu di Negara China yang dikenal sebagai sebutan Sheng. Harmonika adalah alat musik tiup yang sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu merupakan sebuah alat musik yang banyak digemari oleh banyak kalangan menempelkan bibir Anda ke lubang-lubang yang terdapat di tubuh harmonika.

    Kemudian Anda bisa meniupkan dan menghisap lubang harmonikanya saja untuk menghasilkan suara. Dengan begitu maka,  harmonika sudah menghasilkan sebuah nada yang sangat enak untuk di dengar dan dinikmati.

Alat Musik Modern Pencet
Alat musik modern berikutnya adalah alat musik modern yang dimainkan dengan cara di pencet. Biasanya alat musik ini berbentuk seperti papan  dan memainkannya dengan cara menekan-nekan ujung jari kita terhadap papan nada tersebut. Di dunia ini ada banyak alat musik modern yang bisa anda mainkan antara lain adalah sebagai berikut.
  • Piano
    Alat musik modern yang dimainkan dengan cara di pencet yang pertama adalah piano. Piano merupakan alat musik tradisional yang memiliki variasi harga yang sangat mahal. Tak heran jika hanya sedikit orang yang memiliki alat musik modern yang satu ini. Biasanya piano dimiliki oleh orang kalangan menengah ke atas.
  • Keyboard
    Keyboard merupakan salah satu alat musik modern yang dimainkan dengan cara dipencet yang lainnya. Alat musik ini memiliki fungsi sebagai orchestrator atau bisa disebut dengan penyelaras dan aransemen didalam permainan musik.

    Cara memainkan alat musik ini sama dengan alat musik piano, bedanya hanya terletak pada nadanya. Keyoboard bisa memainkan berbagai macam jenis nada alat musik lainnya seperti seruling, terompet, gitar, biola dan suara-suara alat musik lainnya.
  • Organ
    Selain keyboard, alat musik modern yang dipencet berikutnya adalah organ. Organ memiliki nada dan suara yang cukup unik yang diproduksi dengan cara elektronik. Suara yang dihasilkan oleh organ juga sangat unik karena suaranya akan  berkelanjutan, tidak semakin kecil (selama tuts masih ditekan).

    Organ merupakan alat musik yang sangat baik digunakan sebagai pengiring dalam suatu kelompok paduan suara non-musisi. 

Alat Musik Modern Pukul
Alat musik modern berikutnya adalah jenis alat musik yang dipukul. Jenis alat musik ini pada umumnya dibagi menjadi dua jenis yakni bernada dan tidak bernada. Untuk lebih jelasnya berikut alat musik modern pukkul yang sudah banyak digunakan untuk pengiring lagu dalam bermusik.

Drum adalah sebuah alat musik moder yang memiliki peranan dan fungsi yang sangat vital dalam bermusik. Hal ini karena drum merupakan sebuah tempat yang menentukan dan mengatur tempo musik ketika di mainkan. Oleh karena itu, tidak salah jika drum ini adalah jantung dari semua permainan alat musik yang dimainkan.

Sekarang anda sudah tahu kan apa itu alat musik modern dan contoh alat musik modern berdasarkan cara memainkannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel