Pengertian Autobiografi, Ciri-ciri, Tujuan, Perbedaan dan Contoh Autobiografi yang Baik dan Benar

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya manusia tidak lain hanyalah kumpulan dari sejumlah hari yang bertugas untuk menjalani kehidupannya hari demi hari sampai pada saatnya untuk kembali pulang menghadap Sang Pencipta. Jadi, oleh sebab itu, kita sebagai makhluk ciptaan-Nya harus lakukan hal-hal yang baik dan selalu beribadah serta bermuhasabah diri.

Pengertian Autobiografi, Ciri-ciri, Tujuan, Perbedaan dan Contoh Autobiografi yang Baik dan Benar

Nah, salah satu cara untuk bermuhasabah atau untuk mengevaluasi diri kita sendiri adalah dengan cara membuat catatan perjalanan hidup yang dapat kita tulis dalam catatan yang biasa disebut dengan Autobiografi. Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mendengar kata Autobiografi, namun masih belum paham apa makna dan cara membuat autobiografi yang baik dan benar.

Bagi anda yang sedang ingin membuat autobiografi, namun masih bingung bagaimana cara membuatnya jangan khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian autobiografi, ciri, cara membuat hingga contoh autobiografi yang baik dan benar sehingga dapat anda jadikan referensi. Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita bahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Autobiografi

Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu pengertian autobiografi. Jadi, pengertian autobiografi menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah autobiografi merupakan riwayat hidup pribadi seseorang yang ditulis sendiri oleh yang bersangkutan.

Yang artinya dapat disimpulkan bahwa autobiografi adalah sebuah biografi yang di dalamnya menjelaskan riwayat hidup atau pengalaman pribadi diri sendiri dan ditulis oleh anda sendiri selaku penulis atau pembuat autobiografi.

Pada umumnya, contoh autobiografi akan berisi tentang perjalanan hidup serta pengalaman dari kecil hingga sampai saat ini ini. Misalnya kehidupan mulai dari yang paling sulit hingga mencapai keberhasilan atau prestasi yang dicapainya semasa hidupnya.

Penulisan dalam autobiografi biasanya akan didasarkan pada apa yang diingat oleh penulis. Jadi, secara singkat pengertian autobiografi adalah perjalanan hidup diri sendiri yang ditulis oleh dirimu sendiri..

Pada umumnya pengarang dari autobiografi akan mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumen, walaupun bisa saja autobiografi didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Selain itu, autobiografi juga memiliki kaitan yang erat dengan memoar yang terkadang akan sulit membedakannya

Ciri-Ciri Autobiografi

Sebelum membahas mengenai contoh autobiografi yang baik dan benar sebelumnya kami akan membahas mengenai ciri dan karakteristik autobiografi. Adapun ciri-ciri autobiografi, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Autobiografi merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang perjalanan hidup seseorang, yang mana tulisan ini ditulis oleh tokoh itu sendiri. walaupun ada beberapa autobigorafi yang juga dibantu oleh penulis lain. Namun, pada umumnya autobiografi yang dibuat akan berdasarkan pada pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi akan berisi tentang informasi mengenai masa kehidupan seorang penulis yakni tokoh itu sendiri mulai dari kehidupan yang sangat sulit hingga mencapai keberhasilan.
  • Ciri autobiografi yang paling menonjol adalah seringkali autobiografi hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan tidak hanya itu, autobiografi yang dibuat juga terkadang diperuntukan dalam rangka pencitraan seorang tokoh politik.
  • Autobiografi biasaya ditulis dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukan oleh seseorang selama hidupnya. Sehingga dengan begitu pembaca dapat mengambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

Tujuan Autobiografi

Autobiografi tidak serta merta dibuat begitu saja. Autobiografi yang dibuat biasanya memiliki tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuan penulisan autobiografi yang biasa dibuat.
  • Memperkenalkan diri sendiri secara lebih detail pada orang lain agar lebih tahu dan lebih mengenal siapa sebenarnya sosok tersebut.
  • Autobiografi biasanya berisi mengenai gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang digeluti oleh pembuat autobiografi baik itu dalam hal bisnis, karir, politik ataupun hal-hal dalam bidang lainnya.
  • Autobiografi biasanya sering digunakan sebagai bahan pencitraan seseorang.

Perbedaan Autobiografi dan Biografi


Banyak orang yang menyamakan antara biografi dan autobiografi. Padahal keduanya berbeda dan tidak sama. Berikut ini beberapa perbedaan antara autobiografi dan biografi antara lain adalah.
  • Berisi Perjalanan Hidup Pribadi Penulis
    Autobiografi merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang perjalanan hidup seseorang, yang mana autobiografi seringkali ditulis oleh tokoh itu sendiri, walaupun bisa juga dibantu oleh penulis lainnya.

    Hal ini tentunya berbeda dengan biografi. Tidak hanya itu, Autobiografi biasanya akan dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri, sedangkan penulisan Biografi ditulis oleh orang lain berdasarkan pengalaman tokoh.

  • Berisi Kisah dan Masa Hidup Tokoh Itu Sendiri
    Autobiografi biasanya akan berisikan informasi tentang masa kehidupan tokoh itu sendiri, mulai dari titik kehidupan yang paling sulit hingga mencapai keberhasilan. Hal ini berbeda dnegan dengan biografi yang mana biasanya subjek biografi adalah seorang tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya maupun pemikiran yang bermanfaat bagi orang lain.

  • Hanya Menampilkan Informasi Positif Tokoh
    Seringkali dalam pembuatannya, autobiografi hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Hal ini  sesuai dengan tujuan dan ciri-ciri autobiografi yang biasanya ditulis dalam rangka melakukan pencitraan terutama untuk seorang tokoh politik.

    Hal ini tentunya berbeda dengan biografi yang biasanya dibuat dengan mengandalkan literatur, dokumen penting, atau bahkan narasumber, sebagai saksi dalam mengungkapkan peristiwa, dan fakta yang terjadi, di dalam perjalanan hidup (biografi) tersebut.

  • Memiliki Tujuan untuk Lebih Dikenal dan Diketahui Oleh Masyarakat
    Autobiografi yang dibuat atau ditulis biasanya memiliki tujuan agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukan oeh tokoh selama ia hidup. Sehingga  dengan begitu diharapkan dapat diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

    Hal ini berbeda dengan biografi yang biasanya berisikan informasi yang mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri teladan bagi yang membacanya.


Contoh Autobiografi yang Baik dan Benar

Nah, untuk lebih jelasnya beikut akan kami berikan contoh autobiografi yang dapat anda jadikan referensi ketika membuatnya.

Namaku Ahmad Akbar Pamungkas atau biasa dipanggil Akbar oleh orang-orang disekitarku. Aku memiliki hobi membaca buku dan bermain futsal. Aku  dilahirkan di kota yang Asri, damai dan tentram yaitu kota Wonosobo pada tanggal 30 Oktober 1995 dari pasangan Rahmat Iskantono dan Linda Ayu Kusumaningtyas.

Kakakku bernama Lidia Kusumaningtyas yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Yogyakarta. Ia juga memiliki sepasang anak kembar perempuan bernama Dini dan Dina yang baru berusia 5 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2002-2008 di SDN Taruna Bangsa. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN 4 Wonosobo dari tahun 2008-2011. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN 1 Wonosobo. Pada saat SMA aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan aku sempat menjabat sebagai ketua OSIS di SMA 1 Wonosobo.

Selain itu, aku juga meruapkan anggota tim futsal SMAN 1 Wonosobo dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Wonosobo 2013, juara III futsal Hardiknas Cup 2013, juara pertama Kilimanjaro Cup 2014 dan berbagai kejuaraaan yang lainnya.

Sesuai dengan hobby ku, Aku memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang untuk bisa bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Asia bahkan hingga Dunia.

Itulah informasi mengenai Pengertian Autobiografi, Ciri hingga Contoh Autobiografi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi ilmu baru bagi anda sumua. Terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel