Pengertian Artikel, Jenis-jenis Artikel dan Contoh Artikel Singkat Bahasa Indonesia Ilmiah

Bagi seorang penulis konten tentunya kita harus mengetahui cara membuat artikel yang baik dan benar. Artikel bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan sebuah keharusan yang mesti dimiliki oleh Anda yang memiliki cita-cita menjadi seorang penulis.

Pengertian Artikel, Jenis Artikel dan Contoh Artikel Singkat Bahasa Indonesia Ilmiah

Kegiatan menulis dapat dikatakan gampang-gampang susah apalagi untuk menulis artikel Bahasa Indonesia Ilmiah. Tidak semua orang dapat menulis artikel ilmiah bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai contoh artikel singkat bahasa Indonesia Ilmiah yang baik dan benar serta menjelaskannya kepada anda mulai dari pengertian hingga jenisnya. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Artikel Singkat Bahasa Indonesia Ilmiah

Pengertian dari Artikel singkat bahasa Indonesia ilmiah itu sendiri adalah suatu bentuk karya tulisan yang di dalamnya mengulas atau membahas suatu topik tertentu berdasarkan pada data ilmiah. Ada beberapa media yang dapat anda gukana untuk mempublikasi artikel misalnya seperti majalah, Koran, sosial media di internet, dan lain sebagainya.

Secara umum, artikel yang dibuat biasanya akan memiliki kandungan suatu gagasan, pendapat, serta fakta yang diungkap oleh seseorang. Tujuan dibuatnya sebuah artikel singkat bahasa Indonesia ilmiah itu sendiri adalah untuk memberikan sebuah informasi kepada para pembaca.

Jenis jenis Artikel Singkat Bahasa Indonesia Ilmiah

Artikel ilmiah bahasa Indonesia menurut pendapat yang dikemukakan oleh para terdiri dari beberapa jenis artikel yang dibedakan berdasarkan pada orang yang menuliskan artikel tersebut dan apa isi serta fungsi dari artikel ilmiah bahasa Indonesia yang dibuat. Nah, berdasarkan penulisnya sendiri, artikel pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian yang terdiri dari beberapa jenis artikel sebagai berikut.

  • Artikel Prediktif
    Jenis artikel berdasarkan penulisnya yang pertama adalah jenis artikel prediktif. Jenis artikel yang satu ini merupakan sebuah artikel dimana di dalamnya mengemukakan sebuah masalah di era sekarang ini. Setelah itu, isi artikel akan menjelaskan mengenai suatu prediksi tersendiri atas fenomena atau kejadian yang akan terjadi tersebut.

    Pada saat membuat jenis artikel yang satu ini, biasanya  seorang penulis mula-mula akan mengungkap suatu kejadian yang disorot dan kebetulan terjadi di era sekarang. Kemudian setelah itu, penulis akan memberikan prediksi atas kejadian tersebut di masa depan. Sehingga dengan begitu dapat diambil pemahaman bahwa titik fokus dari jenis artikel prediktif ini adalah kejadian yang terjadi di masa depan adalah suatu akibat dari kejadian pada saat ini.

  • Artikel Deskriptif
    Jenis artikel menurut penulisanny yang selanjutnya adalah artikel deskriptif. Jenis artikel yang satu ini adalah sebuah artikel yang di dalamnya biasanya akan membahas mengenai suatu bahasan atau topik tertentu atau sebuah masalah yang tengah terjadi dengan tujuan untuk memberikan suatu informasi atau pengetahuan kepada para pembaca.Tujuan utama dari jenis

    artikel deskriptif ini adalah digunakan untuk memberitahukan hal-hal yang masih belum diketahui oleh para pembaca sehingga dengan begitu mereka akan mengerti dan paham dengan topik yang dibicarakan tersebut. Namun, jenis artikel ini biasanya dibuat dengan cara tidak memaparkan suatu permasalahan secara mendetail.

  • Artikel Eksplanatif
    Jenis artikel ilmiah berdasarkan pada kepenulisan berikutnya adalah artikel eksplanatif (penjelasan). Jenis artikel eksplanatif ini adalah sebuah artikel yang memiliki fokus untuk mengkaji, menjabarkan atau memaparkan sebuah permasalahan yang ada.

    Pada umumnya penjabaran yang dilakukan di dalam jenis artikel yang satu ini tidak hanya dilakukan secara umum, namun juga dilakukan penjelasan secara rinci, gambling, jelas dan detail. Selain itu, garis besar dari isi artikel ekplanati itu sendiri adalah untuk menampilkan sebuah argumen, pendapat atau sudut pandang dari penulis tentang topik yang tengah dipilih.

Pengertian dan Ciri-ciri Artikel Ilmiah Bahasa Indonesia

Sebelum menampilkan contoh artikel singkat bahasa Indonesia ilmiah, berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu mengenai dari jenis artikel satu ini. Jadi, artikel ilmiah itu sendiri adalah salah satu jenis artikel yang termasuk ke dalam jenis artikel deskriptif. Hal ini karena dalam artikel ilmiah biasanya akan dijelaskan secara lebih mendetail mengenai topik yang tengah diangkat.

Biasanya artikel ilmiah jenis ini akan dipublikasikan atau diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah yang disusun dengan sistematis, berdasarkan pada fakta yang masuk akal dan juga rasional.
Nah, berikut ini beberapa ciri dari jenis artikel singkat bahasa Indonesia Ilmiah.
  • Artikel ilmiah biasanya memiliki sumber yang terpercaya
  • Penulis adalah bagian dari pembuatan artikel ilmiah itu sendiri
  • Artikel ilmiah memiliki sintesa mengenai penemuan di sekitar topik yang sudah dipilih

Contoh Artikel Singkat Bahasa Indonesia Ilmiah
 
Nah, agar Anda lebih mudah memahami cara membuat artikel singkat bahasa Indonesia Ilmah berikut akan kami beri contoh artikel singkat bahasa Indonesia ilmiah yang baik dan tepat. Langsung saja mari kita lihat contoh artikel ilmiah singkat bahasa Indonesia berikut ini.

Dampak Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh
 
Junk Food atau biasa disebut dengan makanan instan atau makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang sudah mulai berkembang dengan pesat pada saat ini. Tidak hanya itu, bahkan pada saat ini sudah semakin banyak peminat junk food hingga terjadi persaingan yang ketat oleh perusahaan makanan di wilayah Indonesia. Menurut sebagian orang, jenis makanan instan atau cepat saji ini memang lebih efektif dalam sisi waktunya.

Tidak hanya itu, Junk Food juga sangat mudah ditemukan pada saat ini. Bahkan, jenis makanan junk food ini juga memiliki cita rasa yang lezat dari segi harganya pun juga sangat terjangkau dan bersahabat.

Di Negara kita ini sendiri, pada saat ini sudah cukup lama jenis makanan cepat saji mengundang berbagai macam perdebatan dari berbagai kalangan. Hal ini karena terdapat indikasi dampak  buruk yang dimiliki oleh makanan yang satu ini.

Sebenarnya dampak buruk yang mungkin ditimbulkan oleh makanan jenis junk food ini ditimbulkan oleh adanya kandungan zat berbahaya dalam fast foof ini, misalnya seperti lilin yang terdapat pada mie instan dan lain sebagainya. Selain itu, makanan cepat saji juga sering kali memiliki kandungan berupa bahan pengawet dan juga berbagai jenis penyedap seperti micin.

Isu negatif dari makanan cepat saji ini disebabkan oleh adanya beberapa jenis penelitian yang menyatakan bahwa terlalu sering mengkonsumsi jenis makanan cepat saji tidak menimbulkan dampak yang langsung di dalam tubuh manusia.

Namun, mengkonsumsi makanan cepat saji yang dimakan akan memberikan dampak negatif di kemudian hari karena akan tertimbun dalam tubuh manusia dan bisa menyebabkan munculnya penyakit tertentu nantinya.

Misalnya seperti penyakit kanker yang merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya dan sudah banyak menyerang manusia. Selain itu, konsumsi makanan cepat saji juga dapat memberikan dampak negatif penyakit yang lainnya.

Jadi, sebagai manusia yang membutuhkan kesehatan maksimal sudah seharusnya kita memulai untuk menyayangi diri sendiri dengan cara mengkonsumsi jenis makanan sehat dan stop konsumsi makanan cepat saji. Misalnya saja dampak dari adanya kandungan zat lilin pada mie instan yang mana lilin tersebut kemudian bisa menyebabkan prinsip pencernaan tubuh menjadi hancur.

Itulah informasi mengenai pengertian, jenis, ciri-ciri hingga contoh singkat artikel bahasa Indonesia ilmiah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel