Pengertian Arah Mata Angin, Macam-macam, Cara Menentukan dan Manfaat Arah Mata Angin

Penting bagi kita untuk mengetahui arah mata angin karena kita dapat mengetahui arah yang tepat dari jalan yang akan kita tempuh melalui arah mata angin. Apa sajakah yang perlu kita ketahui semua informasi yang berhubungan dengan arah mata angin? Mari kita simak pembahasannya.

Definisi Pengertian Arah Mata Angin

Arah mata angin adalah suatu panduan yang digunakan untuk menemukan ataupun menentukan arah. Arah mata angin biasanya digunakan untuk navigasi, pada kompas, dan juga pada peta.

Pengertian Arah Mata Angin, Macam-macam, Cara Menentukan dan Manfaat Arah Mata Angin

Secara umum, arah mata angin bertujuan untuk menentukan arah di kondisi tertentu supaya tidak tersesat dan dapat melanjutkan perjalanan ke tempat yang dituju sesuai yang kita harapkan.

Arah mata angin sangat penting bagi orang yang hobi berpetualang atau hiking di alam bebas dan bagi orang yang sering berpergian, terutama ketika mereka menghadapi tempat dan kondisi yang baru dilintasi atau dikunjungi dan tidak ada informasi berupa tanda atau petunjuk arah.

Tetapi kita pada umumnya juga penting mengetahui arah mata angin sebagai bekal pengetahuan yang suatu saat nanti akan kita gunakan.

Macam-macam Arah Mata Angin

Arah mata angin terbagi ke dalam beberapa komponen. Terdapat empat arah utama yang selalu digunakan dalam standar pembuatan alat bantu petunjuk arah seperti yang terdapat pada alat-alat navigasi, kompas, atau peta. Keempat mata angin utama tersebut adalah Utara, Timur, Selatan, dan Barat.

Utara dan selatan menggambarkan kutub Bumi, sedangkan timur dan barat menentukan arah perputaran Bumi. Utara, Timur, Selatan, dan Barat telah digunakan seluruh negara yang ada di dunia.

Selain dari keempat mata angin utama ada juga mata angin tengah yang selama ini diakui dan dijadikan pedoman. Setidaknya terdapat delapan arah mata angin dengan urutan berikut (mengikuti arah jarum jam):
  • Utara (0°)
  • Timur laut (45°), terletak di antara utara dan timur
  • Timur (90°)
  • Tenggara (135°) letaknya berada di antara timur dan selatan
  • Selatan (180°)
  • Barat daya (225°): terletak di antara selatan dan barat
  • Barat (270°)
  • Barat laut (315°): terletak di antara barat dan utara
Setelah kita mengetahui macam-macam arah mata angin, kita harus memahami cara menentukan arah mata angin. Karena jika kita telah memahaminya, maka tidak sulit bagi kita untuk menentukan arah.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Dalam menentukan arah mata angin, terdapat beberapa cara sebagai panduan dalam menentukan arah terutama ketika kita dalam perjalanan atau di tempat yang baru dan tidak tahu arah.
  • Dengan bayangan tongkat
    Cara ini diakui sebagai cara yang paling mudah untuk mengetahui arah mata angin. Cara ini menggunakan tongkat dan bantuan dari sinar matahari. Sejalan dengan perputaran matahari di siang hari yaitu terbit dari arah timur sampai terbenam ke arah barat, maka arah mata angin bisa terdeteksi dari bayangan yang terbentuk dari tongkat di bawah sinar matahari.
  • Dengan cakra bayangan
    Pada dasarnya cara ini hampir sama dengan cara bayangan tongkat. Hanya saja cara ini harus dilakukan di tanah datar dan membutuhkan tongkat yang lebih panjang. Dengan cara ini lebih bisa mengetahui lebih banyak arah mata angin karena bidang bayangan yang dihasilkan juga lebih luas.
  • Dengan kompas
    Kompas adalah alat penunjuk mata angin dimana arah utara sebagai arah utama yang dijadikan patokan. Oleh karena itu, pada kompas, tanda huruf U lebih menonjol. Tetapi perlu diketahui bahwa terdapat 2 jenis arah utara pada kompas yaitu:
    • Utara Asli adalah arah pada permukaan bumi, dimulai dari titik kutub selatan sampai kutub utara dengan rotasi bumi sebagai landasannya. Sehingga kutub utara berada di sebelah kiri kita ketika berdiri tepat di garis khatulistiwa dan menghadap ke arah matahari terbit.
    • Utara Magnetis adalah arah mata angin pada permukaan bumi, berdasarkan pada kekuatan medan magnet horisontal yang memiliki nilai positif terkuat.

Selain itu kompas juga dilengkapi oleh angka-angka derajat satuan, seperti jam kecil, untuk menjelaskan arah mata angin secara lengkap.
  • Berdasarkan bangunan masjid atau musholla
    Bangunan masjid atau musholla adalah tempat beribadah umat Islam dan bangunan ini bisa dijadikan patokan arah mata angin. Umat islam beribadah menghadap Kiblat yaitu arah ke Ka’bah di Mekkah. Dan di Indonesia, arah masjid sesuai dengan arah kiblat yaitu ke arah barat laut. Hal ini tidak berlaku di negara yang berbeda tergantung dari letak negara tersebut.
  • Dari kuburan
    Cara ini digunakan ketika kita melihat ada kuburan atau makam orang muslim. Di Indonesia, biasanya kuburan orang muslim melintang dari utara ke selatan. Sebelah utara adalah letak kepala jenazah dan selatan adalah letak kaki jenazah. Jadi ketika kita kehilangan arah maka dengan melihat kuburan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menentukan arah mata angin.
  • Dengan rasi bintang
    Cara ini dilakukan pada malam hari. Kita dapat menggunakan rasi bintang sebagai petunjuk arah yaitu rasi bintang pari. Rasi bintang ini bersinar paling terang yang deretan bintangnya membentuk ikan pari/layang-layang. Bila dilihat, rasi bintang ini berada agak condong di bagian selatan bumi. Jadi dengan melihat letak rasi bintang pari, kita sudah mengetahui arah mata angin selatan.
Selain tujuannya untuk memberikan petunjuk arah, arah mata angin juga memiliki manfaat lain. Sudahkah kita mengetahuinya? Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikut.


Manfaat Arah Mata Angin

Ada beberapa manfaat arah mata angin yaitu:
  • Dapat membantu mencapai arah yang dituju dengan tepat.
  • Dapat membantu haluan atau arah yang benar dan tepat bagi kapal laut maupun pesawat agar terhindar dari kecelakaan.
  • Dapat membantu seseorang di dalam perjalanan supaya tidak tersesat.
  • Dapat menjadi patokan dalam menentukan sebuah kiblat untuk melakukan ibadah dan membangun masjid bagi umat muslim.
  • Dapat membantu nelayan dalam menentukan waktu berlayar dan lokasi berlayar yang aman di laut dengan cara mengetahui arah ombak.
  • Dapat membantu untuk mendeteksi cuaca.
Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi telepon pintar yang dapat menunjukkan arah lokasi dengan aplikasi GPS. Namun tidak selamanya aplikasi tersebut dapat dipergunakan karena berbagai kendala, seperti lokasi kita berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet, kita tidak memiliki kuota internet, atau telepon pintar kita sedang dalam keadaan baterai lemah.

Macam-macam arah mata angin di atas perlu kita ketahui karena mungkin suatu saat nanti akan kita gunakan agar tidak tersesat ketika berada di suatu tempat terlebih lagi di tempat tersebut tidak ada petunjuk arah dan kita tidak terlalu mengenal daerahnya, sehingga setelah mengetahui arah tujuannya, kita dapat dengan selamat sampai di tempat tujuan.

Sekarang Anda sudah tahu kan pengertian arah mata angin, macam, cara menentukan arah mata angin hingga manfaatnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel