Mengetahui Jenis Jenis Manusia Purba di Indonesia hingga Dunia dan Ciri-cirinya

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai membahas mengenai jenis jenis manusia purba yang dapat dikatakan sebagai nenek moyang tertua kita. Pastinya anda penasaran kan bagaimana wujud asli awal mula manusia kan?

Oleh karena itu jangan sampai melewatkan penjelasan mengenai beberapa jenis manusia purba dan juga ciri-cirinya pada artikel kali ini, baik manusia purba yang ada di dunia terutama di Indonesia. Langsung saja kita simak ulasannya yuk.

Mengetahui Jenis Jenis Manusia Purba di Indonesia hingga Dunia dan Ciri-cirinya

Jenis jenis Manusia Purba Dunia

Berbicara mengenai jenis jenis manusia purba tentunya hal ini sudah dilakukan penilitian dari beberapa ahli. Beberapa peneliti ada yang mengatakan bahwa Afrika merupakan tempat pertama manusia ditempatkan di bumi. Namun, hal ini berbeda dengan yang disebutkan dalam kitab suci Al-quran.

Walaupun demikian tidak ada salahnya jika kita mengetahui sejarah manusia purba yang sudah dicatat oleh beberapa filosof di masa lalu. Berikut akan kami rangkum beberapa jenis manusia purba  yang dapat anda ketahui.
  • Ardipithecus Ramidus
    Ardipithecus Ramidus merupakan manusia purba pertama yang diperkirakan hidup sekitar 4.4 juta tahun yang lalu. Yang mana fosil ini ditemukan di Afrika bagian Timur tepatnya di Ethiopia. Penemunya adalah  Yohannes Haile Selassie. Fosil ini ditemukan bersama dengan tumpukan fosil hewan dengan begitu ditarik kesimpulan bahwa pada awalnya mereka hidup dalam sebuah hutan.

    Menurut penelitian berat badan manusia purba yang satu ini mencapai sekitar kurang lebih 50 kg dengan tinggi 120 cm. Bentuknya menyerupai simpanse karena otot kakinya yang terlihat besar dan gigi taring nya juga lebih besar daripada kera. Makanan pokok dari manusia purba yang satu ini adalah buah-buahan, daun, dan juga mamalia kecil.
  • Australopithecus Africanus
    Jenis manusia purba yang satu ini ditemukan pada tahun 1924 di Afrika Selatan oleh anak-anak di daerah Taung. Jenis manusia purba yang satu disebut sangat mirip dengan kera, namun setelah 20 tahun penelitian jenis yang satu ini resmi masuk kedalam kategori manusia.

    Hal ini karena secara anatomi jenis manusia purba yang satu ini memiliki kombinasi fisik manusia dan fisik kera. Dan hal lain yang sangat meyakinkan adalah manusia purba jenis ini  memiliki bagian tulang panggul, tulang paha, tangan, tulang kaki, bahu, yang mengidentifikasikan bahwa sering digunakan untuk berjalan.
  • Sinanthropus Pekinensis
    Jenis manusia purba yang satu ini memiliki bentuk dan sifat yang berbeda dengan teman yang lainnya. Sinanthropus juga dikenal dengan sebutan manusia Peking Man dengan  volume otaknya diperkirakan 1.000 cm3 sampai 1.300 cm3, volume tersebut sama dengan volume otak manusia di zaman sekarang ini.

    Ciri-ciri dari jenis manusia purba Sinanthripus Pekinensis ini yaitu memiliki tulang tengkorak tebal, dahi yang kecil, rahang terlihat lebih besar tanpa adanya dagu dan bagian alis matanya juga cukup tebal.
  • Homo Rhodesiensis
    Diceritakan ketika penambang yang bernama Tom Zwiglaar tahun 1921 sedang mencari bijih besi di sebuah gua ternyata tidak sengaja ia menemukan fosil Homo Rhodesiensis ini. Ciri-ciri manusia purba yang satu ini adalahbagian punggung alis yang besar dan cukup lebar, hidungnya besar, kening menonjol, dan di bagian belakang tengkorak ada tonjolan.
  • Homo Cro Magnon
    Homo Cro Magnon merupakan jenis manusia purba tertua di Eropa karena penemuan fosilnya ditemukan pada tahun 1868. Homo Cro Magnin disebuah goa dan bertahan hidup dengan cara berburu dan meramu makanan, mengumpulkan berbagai macam buah-buahan dan akar-akaran, serta menikmati hewan buruan.

    Beberapa ahli menyebutkan bahwa jenis manusia purba ini memasuki daerah Eropa setelah tinggal di Timur Tengah. Jenis manusia purba yang satu ini memiliki kemampuan berkomunikasi dan sudah menguasai beberapa kosa kata. Tidak hanya itu, mereka juga mampu membuat sebuah karya seni seperti lukisan, pakaian, dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Manusia Purba di Indonesia

Setelah sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai jenis manusia purba di dunia. Berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa jenis manusia purba di Indonesia.
  • Meganthropus Palaeojavanicus
    Fosil jenis manusia purba Meganthropus berhasil ditemukan pada tahun 1936 di sebuah daerah yang bernama Sangiran. Fosilnya ditemukan oleh seorang arkeolog yang berasal dari Negara Belanda. Ia menyebutkan bahwa jenis manusia purba ini sudah hidup sekitar satu juta tahun yang lalu.

    Ciri-ciri manusia purba jenis Meganthropus Palaeojavanicus diantaranya adalah otot pada bagian rahang terlihat kuat, tidak memiliki dagu, memiliki tulang pipi yang cukup tebal, memiliki tonjolan yang bentuknya cukup tajam, tulang kening bentuknya menonjol,memiliki postur tubuh yang tegap, dan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan, cara hidup mereka juga dengan berkelompok.
  • Pitecanthropus Erectus
    Jenis manusia purba yang satu ini ditemukan oleh Eungene Dubois yaitu ilmuwan dari Belanda. Manusia purba yang berasal dari Indonesia diperkirakan hidup sekitar satu juta tahun yang lalu. Ciri-ciri Pitecanthropus Erectus adalah jalannya dan gerak badan yang cepat dengan struktur tubuh mirip kera. Jenis manusia purba ini memiliki otak yang kecil dengan tingkat kecerdasan hampir sama dengan hewan tapi instingnya lebih kuat.

    Ciri lainnya adalah manusia purba yang satu ini sangat dielukan oleh para kalangan materialis, tubuh tegak di kala itu termasuk makhluk hidup yang paling besar. Bahkan penemunya mengatakan bahwa mereka terlihat seperti kera akan tetapi tidak kera.
  • Pitecanthopus Soloensis
    Jenis manusia purba ini ditemukan di daerah Ngandong, Solo, Jawa Tengah Indonesia.Adapun ciri jenis manusia purba yang satu ini adalah memiliki area tengkorak terdapat tonjolan kening tebal, tulang pipinya cukup tebal, rahang bawahnya cukup kuat, memiliki tinggi sekitar 165 sampai 180 an, tulang belakangnya menonjol, memiliki hidung yang cukup lebar dan tulang pipi yang kokok dan terkesan menonjol, merupakan pemakan tumbuhan dan daging, perawakannya tegap dan memiliki otot yang besar.
  • Pitecanthropus Mojokertensis
    Manusia purba ini berasal dari daerah Mojokerto. Pada umumnya jenis manusia purba yang satu ini memiliki ciri fisik yang sudah cukup  berbeda dengan manusia di zaman modern. Walaupun tidak dijelaskan dan diperkirakan ciri-cirinya, namun manusia purba yang satu ini merupakan manusia purba yang unik.
  • Homo Floresiensis
    Sama halnya seperti namanya, jenis manusia purba yang satu ini ditemukan di daerah Flores negara Indonesia yang ditemukan oleh arkeolog dari Belanda. Ciri-ciri Homo Floresiensis adalah memiliki bentuk wajah yang besar dan memiliki hidung yang lebar, bentuk mulut lebihn menonjol dibandingkan dengan hidungnya, tidak hanya itu bentuk dahinya juga menonjol namun tidak semua memiliki dahi menonjol, bentuk fisiknya berbeda dengan kera bahkan telah menyerupai bentuk fisik manusia di zaman sekarang, tinggi sekitar 130 – 210 cm, berat badan 30-50 kg. Ia sudah hidup kurang lebih sekitar 40 ribu tahun lalu.
  • Homo Wajakensis
    Homo wajakensis adalah jenis manusia purba yang ditemukan di daerah Wajak, Indonesia. Cirinya sama dengan manusia purba pada umumnya yang membedakannya hanya bentuk komunikasi yang dilakukan saja.
  • Homo Soloensis
    Homo Soloensis merupakan jenis manusia purba dengan ciri berbadan tegap, berhidung besar, dan mulutnya menonjol.
  • Pitecanthropus Robustus
    Pitecanthropus Robustus merupakan salah satu jenis manusia purba yang suka makan tumbuhan,  hal ini dibuktikan dengan bentuk rahangnya yang cukup besar dan kuat. Tidak hanya itu, manusia purba jenis ini juga memiliki kapasitas mulut yang cukup besar.
  • Pitecanthropus Dubuis
    Jenis manusia purba yang satu ini ditemukan di sangiran dan memiliki ciri khusus yaitu fisik badan nya yang kuat dan tegap, cara hidupnya berkelompok dan menetap di sebuah tempat.

  • Homo Sapiens
    Homo sapiens merupakan jenis manusia purba yang sangat mirip dengan manusia zaman sekarang. Cirinya adalah cerdas karena sudah memiliki volume otak yang cukup cerdas yaitu 1000 cc sampai 1200 cc, otak tengkuk sudah tidak menonjol, tinggi badan 130-210 cm, gigi tidak terlalu besar, berjalan dengan tegak dan dapat berdiri, dagu dan rahang tidak terlalu kuat, wajah tidak menonjol. Secara kesuluruhan Homo Sapiens sudah mirip dengan manusia zaman sekarang.

Itulah informasi mengenai jenis jenis manusia purba. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel