Contoh Biografi Singkat dan Cara Membuat Biografi yang Baik dan Benar, Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Hal yang Harus diperhatikan dan Jenis-jenis Biografi Singkat

Saya yakin semua yang sedang membaca artikel ini sudah sering mendengar kata Biografi, namun tidak semua orang paham dan mengerti apa itu biografi dan bagaimana cara membuat biografi yang baik dan benar.

Contoh Biografi Singkat dan Cara Membuat Biografi yang Baik dan Benar, Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Hal yang Harus diperhatikan dan Jenis-jenis Biografi Singkat

Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai contoh biografi singkat yang dapat anda ketahui dan anda pahami agar bisa membuat biografi yang baik dan benar. Langsung saja yuk, kita simak ulasannya.

Pengertian Biografi Singkat

Kata biografi memang sering sekali kita dengan, namun terkadang masih ada yang masih belum tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan biografi, apa tujuan dibuatnya biografi, ciri-ciri biografi, dan bagaimana contoh biografi yang baik dan benar. Oleh karena itu, kami disini akan membahasnya secara detail agar Anda tidak bingung.

Pertama kami akan menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan biografi? Pengertian biografi sendiri adalah suatu tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang, organisasi atau kelompok, dan lain sebagainya yang intinya berisikan riwayar.

Secara umum, biografi biasanya akan berisi tentang kisah atau cerita seseorang dalam mengarungi kehidupannya. Mulai dari kelebihan, kekurangan, masalah atau hal apapun yang menyangkut orang yang dibahas dalam suatu biografi agar seseorang yang ada dalam biografi tersebut bisa menjadi teladan untuk orang banyak. Biografi biasanya ditulis dan dibuat dengan menggunakan bentuk bahasa dan kalimat narasi, hal inilah yang membedakan antara  biografi dan riwayat hidup.

Tujuan Biografi Singkat

Biografi tidak hanya dibuat begitu saja, tentu saja apapun yang ditulis dalam suatu biografi memiliki tujuan. Salah satu tujuan ditulisnya biografi secara umum adalah memberikan informasi kepada generasi berikutnya mengenai seseorang baik menceritakan atau mengkisahkan mengenai segala cita-cita, perjuangan, serta keberhasilan dalam hidup seseorang yang akan ditulis dalam biografi.

Misalnya saja tujuan dari ditulisnya suatu profil suatu organisasi yang berisikan mengenai segala upaya proses berdirinya.

Contoh biografi yang lainnya juga biasanya akan disampaikan seorang pemateri dalam acara seminar mengungkap biografinya dalam presentasinya. Kemudian ia akan menceritakan riwayat hidupnya mulai dari pendidikan, capaian yang telah dicapai, perjalanan karir, hingga bagaimana seorang tersebut menjadi sosok yang sukses. Penyampaian biografi yang dilakukan tersebuta adalah untuk  dijadikan sebagai pelajaran atau memberi motivasi kepada pembaca.

Ciri-ciri Biografi Singkat

Dibandingkan dengan bentuk tulisan lainnya pastinya tulisan biografi memiliki ciri khas. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri biografi yang dapat anda pahami dan ketahui perbedaannya dengan bentuk tulisan yang lainnya.
  • Biografi terdiri dari beberapa struktur yang meliputi  orientasi, reorientasi, dan peristiwa (masalah).
  • Biografi akan berisi tentang informasi yang aktual sesuai dengan fakta dan disajikan dalam bentuk narasi.
  • Biografi juga berisi tentang informasi aktual berupa fakta mengenai pengalaman hidup seseorang yang dipaparkan atau diceritakan dalam bentuk tokoh biografi.
  • Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Biografi
  • Pada saat anda akan membuat sebuah biografi singkat, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan teks biografi antara lain sebagai berikut:
  • Pastikan anda membuat judul biografi sesuai dengan isi dari apa yang dibahas.
  • Anda bisa mencerita hal-hal yang yang menarik atau mengagumkan dan mengharukan yang ada dalam kehidupan tokoh biografi yang akan Anda ceritakan.
  • Pastikan biografi yang dibuat berisikan hal-hal yang dapat memotivasi, dimana hal tersebut dapat dicontoh atau diteladani dari kehidupan tokoh biografi oleh para pembaca.
  • Biografi yang ditulis memiliki daya tarik yang tinggi.
  • Tidak hanya itu, pastikan tokoh yang di ceritakan juga memiliki daya tarik tersendiri.


Jenis Jenis Biografi Singkat
 
Sebenarnya biografi sendiri terdiri dari beberapa macam dan jenis. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis teks biografi singkat.

1. Biografi Berdasarkan Sisi Penulisnya
Jenis biografi yang berdasarkan sisi penulisnya dibagi mendai 2 jenis teks bioragfi lagi yakni sebagai berikut.
  • Autobiografi yakni suatu biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh atau orang yang bersangkutan.
  • Biografi yakni merupakan biografi yang ditulis oleh orang lain namun sudah memiliki izin dari tokoh yang akan diceritakan.

2. Biografi Berdasarkan Isinya
Jenis biografi yang berdasarkan pada isinya, juga dibagi menjadi 2 jenis teks biografi yakni.
  • Biografi perjalanan hidup, jenis biografi yang satu ini biasanya berisi tentang cerita perjalanan hidup seseorang atau tokoh yang ditulis secara lengkap ataupun singkat.
  • -Biografi perjalanan karir, sesuai dengan namanya jenis biografi ini merupakan biografi yang menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dari awal sampai ia mencapai kesuksesan.
3. Biografi Berdasarkan Persoalan yang di Bahas
Biografi yang didasarkan pada persoalan yang dibahas juga dibagi menjadi 2 jenis teks biografi yakni sebagai berikut.
  • Buku sendiri, jenis biografi berdasarkan persoalan yang dibahas ini merupakan biografi yang seluruh biayanya ditanggung sendiri oleh si pembuat biografi tersebut.
  • Buku subsidi, jenis biografi berdasarkan persoalan yang dibahas ini merupakan biografi yang pembuatannya dibiaya oleh pihak sponsor baik itu dari segi biaya penulisan, percetakan, dan biaya lainnya yang tidak terduga ditanggung oleh pihak sponsor.

Contoh Biografi Singkat yang Baik dan Benar

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat biografi, dibawah ini saya akan memberikan beberapa contoh biografi singkat yang baik dan benar.


Contoh Biografi Diri Sendiri
 
Saya adalah seorang wanita yang lahir pada tanggal 17 Desember 1998, saya diberi nama Annisa Kumala Sari. Saya dilahirkan di desa yang asri bagian dari  kota yang penuh dengan pesona di Madiun. Nama Bapak saya Haryadi, dan nama Ibu saya Khadijahh. Sejak lahir saya tinggal di Madiun, memulai pendidikan Sekolah Dasar di Sekolah Dasar Negeri Mlilir. Pada saat belajar dan menimba ilmu  di SDN Mlilir saya sering sekali mengikuti olympiade.

Setelah usai menamatkan Sekolah Dasar, saya melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di Surabaya dan saya harus bermukim di pondok pesantren. Tidak hanya menimba ilmu di bangku sekolah menengah pertama saja di pondok pesantren, namun saya juga harus melanjutkan Sekolah Menengah Atas di tempat yang sama pula.

Setelah lulus, SMA saya melanjutkan studi ke perguruan tinggi karena saya ingin merubah pola hidup keluarga saya yang serba kekurangan karena saya terlahir dari keluarga yang kurang berpendidikan.
Saya mendapatkan beasiswa dan bisa mengenyam bangku kuliah di Universitas Negeri Jakarta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika.

Sekarang saya masih kuliah semester 3. Inilah biografi diri saya Annisa, semoga biografi ini bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang sedang membacanya.

Sekarang anda sudah tahu kan? Pengertian, tujuan, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat biografi, jenis hingga contoh biografi singkat yang baik dan benar. Sebenarnya masih ada banyak contoh biografi singkat misalnya seperti biografi pahlawan, penulis buku dan tokoh-tokoh yang menginspirasi lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel