Bagian Bagian Mata, Fungsi dan Beberapa Penyakit Mata

Mata merupakan salah satu panca indera yang penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Fungsi bagian bagian mata tentunya berbeda-beda, namun fungsi utama mata adalah untuk melihat objek tertentu. Bola mata adalah bagian mata yang paling penting yang letaknya ada pada lekuk mata yang berbatasan dengan tulang pipi serta tulang dahi.

Bagian Bagian Mata, Fungsi dan Beberapa Penyakit Mata

Dimana kedua tulang pipi ini memang memiliki fungsi untuk melindungi kedua mata Anda. Jika kita ingin membahas mengenai mata, tentunya ada banyak bagian mata yang tidak sederhana. Ada banyak komponen bagian mata baik diluar atau didalam yang penting untuk dipelajari.

Secara umum, mata merupakan salah satu panca indera yang mempunyai bagian-bagian dasar tersendiri yang meliputi bagian organ luar dan juga bagian organ dalam. Fungsi dari masing-masing organ atau bagian bagian mata pun juga berbeda akan tetapi antara satu dengan yang lain saling berkaitan atau berhubungan.

Nah, karena keterkaitannya tersebutlah yang dapat membuat anda bisa melihat dengan baik dan juga sempurna. Agar anda lebih paham dan mengerti mengenai bagian bagian mata berikut akan kami jelaskan secara lebih detail kepada Anda semua. Mulai dari bagian bagian mata dan fungsi serta beberapa penyakit mata.


Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Seperti yang sudah kita tahu bahwa mata merupakan salah satu organ vital dan termasuk organ tubu yang sangat sempurna karena kita dapat melihat keindahan yang ada di dunia ini dengan menggunakan mata. Mata diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita sebagai manusia agar kitamampu melihat benda secara jelas.

Nah, di dalam tubuh kita sebagai manusia mata terdiri dari dua jenis organ utama yakni bagian mata luar dan bagian mata dalam.

Berikut akan kami jelaskan bagian bagian mata yang baik bagian luar mata hingga bagian dalam mata. Langsung saja yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bagian Luar Mata dan Fungsinya

Bagian luar mata terdiri dari empat jenis organ yang mana semuanya berada di bagian luar mata kita. Berikut beberapa bagian luar mata dan juga fungsinya.
  • Kelopak mata
    Bagian luar mata yang pertama adalah kelopak mata. Kelopak mata ini memiliki fungsi untuk melindungi dan menutup mata.
  • Bulu mata
    Bagian mata luar yang berikutnya adalah bulu mata yang fungsinya adalah untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata. Tidak hanya itu, bulu mata juga berfungsi untuk mencegah masuknya debu atau kotoran ke dalam mata.
  • Alis mata
    Ini dia bagian mata yang memiliki fungsi untuk menahan keringat agar tidak masuk ke dalam mata dan membuat mata perih.
  • Kelenjar air mata
    Sama seperti namanya, bagian luar mata yang satu ini memiliki fungsi untuk menghasilkan air mata. Kelenjar air mata berperan penting untuk membasahi dan juga menjaga agar mata Anda tetap lembab. Tidak hanya itu, air mata juga berfungsi untuk membersihkan debu dan juga untuk membunuh berbagai jenis bibit penyakit yang terdapat di dalam mata.

Bagian Dalam Mata dan Fungsinya

Setelah, anda mengetahui beberapa bagian luar mata, selanjtunya kami akan menjelaskan mengenai beberapa bagian dalam mata memiliki sifat yang lebih sensitif dibandingkan dengan luar mata. Berikut penjelasan mengenai beberapa bagian dalam mata dan juga fungsinya.
  • Sklera
    Bagian dalam mata yang pertama adalah sclera. Bagian dalam mata yang satu ini memiliki fungsi untuk melindungi bagian dalam pada bola mata. Sclera telah mengalami modifikasi menjadi kornea pada bagian depan bola mata manusia. Yang mana fungsi dari kornea itu sendiri adalah untuk meneruskan rangsangan cahaya ke dalam bagian bola mata.
  • Koroid
    Bagian dalam mata yang selanjutnya adalah koroid. Bagian mata yang satu ini berada di  bagian dalam bola mata yang fungsinya adalah untuk menyuplai makanan dan juga oksigen ke dalam retina. Tidak hanya itu, Koroid juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pantulan cahaya yang kemungkinan masuk ke dalam bagian bola mata. Bentuk dari koroid itu sendiri yakni menyerupai semacam pembuluih darah dan semacam pigmen khusus untuk mata.
  • Retina
    Retina merupakan bagian dalam mata yang mengandung reseptor cahaya didalamnya yang memiliki fungsi untuk bisa menangkap suatu bayangan. Bagian retina yang pertama adalah sel kerucut atau biasa dikenal dengan konus yang berfungsi untuk bisa melihat di saat terang. Tidak hanya itu, konus juga berfungsi untuk menerima rangsangan cahaya yang memiliki warna hijau, merah serta biru. Bagian retina yang kedua adalah sel batang atau biasa dikenal dengan basilus yang memiliki fungsi untuk melihat cahaya dengan intensitas yang cukup lemah.
  • Bintik buta
    Bintik buta adalah bagian mata dalam yang berperan sebagai tempat masuk dan juga membelokkan berkas saraf.
  • Iris
    Iris adalah bagian dalam mata selanjutnya yang berfungsi untuk memberikan warna kepada mata. Tidak hanya itu, iris juga berfungsi untuk mengatur besar dan juga kecilnya pupil. Tujuannya pengaturan besar kecil pada iris ini adalah untuk membatasi jumlah dari cahaya yang masuk.
  • Pupil
    Sementara bagian dalam mata selanjutnya yang disebut pupil memiliki fungsi untuk mengatur kesediaan cahaya atau sedikit dan banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.
  • Lensa
    Lensa merupakan bagian mata yang berada di dalam. Fungsi dari lensa sendiri yaitu untuk mengatur daya akomodasi pada lensa supaya bayangan yang ada bisa jatuh secara tepat pada bagian retina.
  • Bintik Kuning
    Bintik kuning merupakan bagian dalam mata yang memiliki peran sebagai tempat berkumpulnya reseptor. Tak heran jika bagian dalam mata yang satu ini dapat dikatakan sebagai organ atau bagian mata yang paling peka terhadap adanya cahaya.

Kelainan atau Penyakit yang Terjadi Pada Mata

Setelah mengetahui bagian-bagian mata dan juga fungsinya, penting juga bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis penyakit mata yang dapat membuat penglihatan menjadi terganggung sehingga  tidak mampu menyaksikan objek sekitar dengan jelas.

Beberapa jenis kelainan atau penyakit mata yang cukup mengganggu diantaranya adalah rabun jauh, rabun dekat, rabun tua, rabun senja dan juga buta warna. Beberapa jenis kelainan pada mata ini tentunya ada faktor penyebabnya sehingga anda harus hati-hati dan waspada.

Beberapa jenis penyakit atau kelainan pada mata yang sudah disebutkan diatas memiliki faktor penyebab baik penyebab internal seperti gen atau keturunan atau faktor eksternal yang biasanya terdiri dari beberapa hal atau pola hidup yang kurang sehat.

Ada banyak cara mengatasi penyakit mata mulai dari cara tradisional atau cara alami hingga secara medis dengan operasi. Oleh karena itu, sayangi organ dan bagian bagian mata anda.

Itu tadi informasi mengenai bagian bagian mata dan juga fungsinya serta sedikit kami ulas mengenai kelainan atau penyakit mata. Semoga adanya artikel ini bermanfaat dan juga bisa memperkaya pandangan Anda tentang mata yang merupakan organ penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel