Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya Pada Tumbuhan

Siapa yang tidak suka dengan bunga? Kami yakin semua orang pasti menyukai bunga termasuk Anda. Bunga sangat disukai oleh semua orang khususnya oleh kaum wanita. Tidak hanya memiliki bentuk yang sangat indah, bungan juga memiliki warna yang cantik dan menarik serta memiliki aroma yang wangi. Bagi para pecintanya, bunga biasanya akan digunakan untuk menghias dan mempercantik halaman atau bahkan ruangan.

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya Pada Tumbuhan

Nah, bagi anda para pecinta bunga pastikan anda mengetahui bagian bagian bunga juga, jangan hanya mengetahui berbagai jenis bunga saja karena hal ini sangat penting untuk diketahui. Bagi anda yang masih belum tahu apa saja bagian bagian bunga dan fungsinya. Berikut akan kami jelaskan secara lebih detail dan rinci hanya untuk Anda. Langsung saja yuk kita simak.

Bunga atau disebut juga dengan kata kembang ini merupakan suatu alat reproduksi seksual pada tumbuhan yang berbunga. Jadi, tidak hanya kita sebagai manusia saja yang mempunyai organ reproduksi, namun pada bunga juga terdapat organ reproduksi yakni benang sari dan putik.

Bagian  bagian bunga ini biasanya dapat muncul secara bersamaan dalam satu rangkaian atau bisa juga  muncul secara tungga. Misalnya saja bunga majemuk atau inflorescence adalah sebuah bungan yang biasanya muncul secara bersama-sama. Walaupun ada juga beberapa spesies bunga majemuk atau Inflorescence dianggap sebagai bunga (tunggal), misalnya seperti bunga Anthurium dan bunga matahari.

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Bagian-bagian yang ada pada bung adalah bagian tanaman yang digunakan untuk menghasilkan biji yang nantinya akan menjadi buah. Karena sama halnya seperti manusia, dalam bunga berlangsung sebuah penyerbukan dan juga pembuahan. Setelah proses pembuahan, hal yang terjadi adalah bunga akan semakin berkembang dan selanjutnya akan membentuk buah.

Sebelum membahas mengenai bagian bagian bunga dan fungsinya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi bunga pada tumbuhan. Berikut beberapa fungsi bunga pada tumbuhan.
  • Fungsi biologi
    Bunga memiliki fungsi biologis yang artinya bunga berperan sebagai organ seksual atau sebagai wadah menyatunya gamet jantan dan betina untuk menghasilkan biji.
  • Warna cerah bunga
    Bunga yang memiliki warna cerah biasanya akan berguna untuk memikat hewan yang nantinya akan membantunya dalam proses penyerbukan.
  • Mengeluarkan aroma yang khas
    Bunga biasanya akan menghasilkan panas dan mengeluarkan aroma yang khas, hal ini dilakukan agar hewan terpikat dan bisa membantu proses penyerbukan semakin cepat.

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Nah, setelah mengetahui tentang fungsi dari bunga pada tumbuhan, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai bagian bagian bunga dan fungsinya agar anda bisa lebih tahu secara lebih jelas.
  • Benang Sari
    Benang sari merupakan salah satu bagian bunga yang sangat penting. Benang sari berperan sebagai organ reproduksi jantan pada bunga. Nah, dalam benang sari yang ada dalam bunga terdiri dari beberapa bagian bunga yakni tangkai sari, ujung tangkai sari dan juga kepala sari atau bunga.  Biasanya, bunga terdiri dari empat kotak sari yang disebut dengan mikrosporangia.

    Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid ini mengandung serbuk sari didalamnya. Jadi sebelum adanya proses penyerbukan maka serbuk sari yang dihasilkan ini kemudian dilepaskan dan jatuh atau terbawa oleh angin, air dan hewan ke putik bunga yang sama atau ke putik bunga yang lain. Nah, proses terbawanya serbuk sari inilah yang akhirnya akan menyebabkan adanya suatu penyerbukan.
  • Tangkai Bunga
    Bagian bunga yang selanjutnya adalah tangkai bunga. Bagian bunga yang satu ini juga tak kalah pentingnya dari benang sari bunga. Tangkai bunga yang berada di bagian bawah bunga ini memiliki nama latin Pedicellus yang memiliki fungsi yang sangat berbeda dengan bagian induk tangkai. Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berfungsi sebagai penghubung antara tangkai bunga dengan ranting.
  • Dasar Bunga
    Dasar bunga merupakan salah satu bagian bunga yang berada di atas tangkai bunga. Lebih tepatnya dasar bunga ini berada setelah bagian tangkai bunga atau berada di ujung bunga. Dasar bunga memiliki nama latin yakni  Receptacle, yang mana bagian bunga yang satu ini memiliki fungsi yaitu sebagai tempat meletakkan mahkota dari bagian-bagian bunga lainnya.
  • Kelopak Bunga
    Kelopak bunga merupakan bagian bunga lainnya yang tak kalah penting. Kelopak bunga posisinya berada di bagian terluar. Fungsi kelopak bunga ini sangat berguna untuk menyelimuti mahkota ketika bunga sedang dalam kondisi kuncup. Namun, fungsi utamanya adalah untuk melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan kelopak bunga akan terbuka jika mahkota mulai mekar.

    Pada saat bunga sudah mulai mekar, maka secara otomatis kelopak bunga juga akan ikut membuka. Nah, pada saat bunga sudah mulai mekar sempurna, maka secara otomatis pula kelopak bunga akan ikut mekar dan memiliki bentuk yang juga hampir mirip bunga namun memiliki warna hijau daun.
  • Mahkota Bunga
    Mahota bunga merupakan bagian yang paling indah dari bunga. Hal ini karena mahkota bunga memiliki warna yang menarik dan cantik berwarna-warni. Tak heran jika bagian bunga yang satu ini sering disebut juga sebagai  perhiasan bunga. Nah, dalam proses penyerbukan mahkota bunga lah yang akan berfungsi untuk menarik para serangga untuk hinggap sehingga dapat membantu proses penyerbukan pada bunga. Nama latin dari mahkota bunga adalah corolla yang memiliki corak beraneka ragam.
  • Daun Pelindung (Brachtea)
    Bagian bunga selanjutnya adalah daun pelindung atau dalam bahas latis disebut dengan  Brachtea. Daun pelindung merupakan bagian yang berbeda dengan kelopak bunga. Hal ini karena daun pelindung ini adalah daun terakhir yang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya bunga.
  • Kepala Putik (Stigma)
    Kepala putik atau dengan nama latin stigma ini merupakan bagian bunga yang berfungsi sebagai tempat melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari. Selanjutnya polen ini akan ditransfer ke bagian ovarium atau inti telur bunga melalui tabung serbuk sari.

  • Tangkai Putik (Stilus)
    Bagian bunga yang memiliki  nama ilmiah stilus ini berfungsi untuk menyangga kepala putik agar kepala putik tetap berada pada posisi yang sudah sepatutnya. Tangkai putik terdiri dari rongga atau saluran tabung serbuk sari yang mana tabung ini berfungsi sebagai tempat lewatnya polen yang berasal dari kepala sari. Lalu, setelah itu akan diteruskan menuju inti generatif atau ovarium dan pada akhirnya akan terjadi pembuahan.
Itulah informasi mengenai bagian bagian bunga dan fungsinya yang dapat kami sampaikan. semoga artikel ini membantu anda mengetahui suatu hal yang sebelumnya tidak anda ketahui. Beberapa bagian bunga yang sudah kami jelaskan diatas sangat penting untuk membantu perkembangan bunga.

Jadi, apabila salah satu saja bagian dari bunga ini tidak berfungsi, kemungkinan besar yang terjadi adalah bunga tidak akan berkembang secara baik atau bahkan yang terburuk bisa menyebabkan bunga mati. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki bunga pastikan anda merawatnya dengan baik. Terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel