Pengertian Rumusah Masalah, Tujuan, Jenis dan Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah, Makalah, yang Baik dan Benar

Bagi seseorang yang sudah terbiasa membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk apa saja pastinya sudah tahu apa itu rumusan masalah. Namun, walaupun begitu terkadang masih ada yang belum paham dan mengerti bagaimana cara membuat rumusan masalah yang baik dan benar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda contoh rumusan masalah yang baik dan benar yang dapat anda jadikan referensi.

Pengertian Rumusah Masalah, Tujuan, Jenis dan Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah, Makalah,  yang Baik dan Benar

Dalam pembuatan karya tulis, baik skripsi, makalah, laporan penelitian ataupun bentuk yang lainnya rumusan masalah menjadi salah satu bahasan yang penting. Rumusan masalah secara singkat mengungkapkan tentang latar belakang tulisan yang disampaikan yang dikaitkan dengan batasan-batasan penyelesaian yang diharapkan dalam penulisan karya ilmiah.

Pengertian Rumusan Masalah

Pengertian rumusan masalah yakni merupakan sebuah tulisan singkat yang berada di bagian pembukaan karya tulis. Bagian rumusan masalah biasanya akan menjelaskan secara terperinci mengenai fenomena sosial yang terjadi dalam sejumlah pertanyaan-pertanyaan tertentu yang nantinya akan digunakan untuk dasar pembahasan sesuai dengan batasan masalah yang dibuat.

Jadi, dalam pengertian rumusan masalah tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwanya proses pembuatan  rumusan masalah berkaitan erat dengan pembahasan dalam karya tulis. Jadi, tidak boleh ada penyimpangan. Dengan begitu hal ini pastinya akan mempermudah pembaca makalah atau laporan penelitian untuk menemukan garis besar karya yang akan Anda selesaikan.

Jenis Rumusan Masalah

Rumusan masalah terdiri dari beberapa jenis. Berikut beberapa jenis rumusan masalah yang wajib anda ketahui.
  • Deskriptif
    Dalam penelitian deskriptif rumusan permasalahan lebih sering menggunakan model penelitian kualitataif. Hal ini karena dalam pembentukannya hanya dilakukan dengan menghubungkan variable yang satu dengan lainnya. Varibel ini memang akan saling berkaitan, namun tidak ada perbandingan antar variabelnya.
  • Komparatif
    Jenis rumusan masalah yang kedua adalah rumusan masalah komparatif. Jenis rumusan masalah yang satu ini biasanya menggunakan studi komperatif, secara singkatnya model ini berbanding terbalik dengan model yang pertama. Hal ini karena dalam rumusan masalah kompratif terdapat adanya perbandingan yang di dapatkan antar variabel tanpa harus mendeskripsikannya.
  • Asosiatif
    Jenis rumusan masalah yang lainnya adalah dengan menggunakan model asosiatif. Model rumusan masalah yang satu ini terbentuk dari hubungan dan juga perbandingan antar variabel. Jenis rumusan masalah yang satu ini disebut juga dengan rumusan campuran.

Dalam proses pembuatan jenis rumusan masalah yang satu ini biasanya akan lebih dekat dengan sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang saling berkaitan, yang mana setelah itu pertanyaan tersebut akan di jawab dalam pembahasan karya tulis.

Tujuan Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu karya tulis karena berkaitan erat dengan keapikan yang ada dalam karya tulis. Berikut ini fungsi dan tujuan rumusan masalah.

  • Sebagai Alasan
    Rumusan masalah dibuat karena tujuan untuk menjadi alasan mengapa penelitian dilakukan, dengan bentuk sejumlah pertanyaan secara langsung. Dengan begitu pembaca akan mengetahui gagasan yang disampaikannya, walaupun singkat.

  • Pedoman
    Selanjutnya tujuan rumusan masalah yang lainnya adalah untuk dijadikan sebagai pedoman yang dilakukan oleh penulis dalam menyelesaikan karya tulisnya. Proses rumusan masalah ini berkaitan erat dengan jawaban yang akan disampaikan dalam bab selanjutnya, yakni pembahasan atau isi baik itu dalam sebuah skripsi ataupun makalah.

  • Menentukan Jenis Data
    Tujuan rumusan masalah berikutnya adalah untuk mentukan instrumen penelitian, selain itu pertanyaan dalam rumusan masalah juga akan bisa memilah dan memilih antar teknik analisis data yang diperlukan apakah akan menggunakan penelitian kualitataif ataupun mempergunakan penelitian kualitataif.

  • Mempermudah Penetuan Populasi dan Sampel
    Manfaat adanya rumusan masalah juga akan mampu memberikan penentuan populasi dan sempel. Hal ini tentunya akan berhubungan erat dengan keadaan dan kondisi penelitian yang akan dilakukan. Oleh karena itu, rumusan masalah memang sangat penting ditulis dan harus ada dalam sebuah karya tulis. 


Contoh Rumusan Masalah

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami berikan beberapa contoh rumusan masalah yang dapat anda jadikan referensi ketika akan membuatnya.


Contoh Rumusan Masalah Penelitian

Contoh rumusan masalah yang pertama adalah rumusan masalah penelitian yang harus ada dalam sebuah karya tulis penelitian. Misalnya judul penelitian yang akan dilakukan “Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan sebagai Obat Mujarab”. Dari judul tersebut maka rumusan masalah penelitian yang dapat dibuat adalah sebagai berikut.

Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah dijelaskan diatas, berikut beberapa rumusan masalah yang didapat.
  • Apasaja manfaat cacing tanah bagi kesehatan?
  • Apa bahaya mengonsumsi cacing tanah?
  • Bagaimana cara mengelola cacing tanah menjadi obat?
  • Bagaimana cara mengonsumsi cacing tanah yang tepat?

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Tidak hanya pada saat melakukan penelitian, rumusan masalah juga diperlukan dalam membuat karya ilmiah. Contoh judul karya ilmiah yang dapat anda buat rumusan masalahnya adalah “Manfaat Kulit Langsat untuk Pengobatan Tradisional Akibat Nyamuk”. Maka bentuk rumusan masalah yang dapat anda buat adalah sebagai berikut.  
  • Apa saja kandungan dan fungsi kulit langsat untuk mencegah  demam berdarah?
  • Bagaimana proses pembuatan ekstraksi kulit langsat untuk membuat Lampu Anti Nyamuk?
  • Bagaimana cara kerja LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) dari ekstrak kulit langsat untuk menghindarkan kontak langsung dengan nyamuk?

Contoh Rumusan Masalah Makalah

Dalam susunan pembuatannya, makalah akan selalu mengaitkan dengan rumusan masalah. Rumusan masalah biasanya akan berada di awal paragraf dengan susnannya persisi berada di latar belakang karya tulis. Berikut contoh pembuatan rumusan masalah untuk makalah tentang kesehatan lingkungan.
  • Apa yang dimaksud dengan kesehatan lingkungan?
  • Apa kriteria dan syarat lingkungan yang sehat?
  • Bagaimana cara menjaga kesehatan lingkungan yang benar?
  • Mengapa kita harus menjaga kesehatan lingkungan? 

Contoh Rumusan Masalah Kuantitatif

Contoh rumusan masalah yang selanjutnya adalah mengenai rumusan masalah kuantitatif. Pengertian penelitian kuantitatif itu sendiri adalah suatu penelitian yang menggunakan penghitungan numerik dengan data statitistik. Berikut akan kami beri contoh yang berkaitan dengan  relevansi dari sebuah penelitian yang dilakukan.

Berikut contoh rumusan masalah pada penulisan penelitian kuantitatif.
  • Bagaimana rancangan desain TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) sebagai Solusi Kelangkaan Supply Energi bagi Masyarakat Pesisir Pantai?
  • Bagaimana relevansi penggunaan TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) sebagai Solusi Kelangkaan Supply Energi bagi Masyarakat Pesisir Pantai?

Jika dilihat dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian hingga contoh rumusan masalah di atas, saran kami untuk pembuatan rumusan masalah selain harus menulis dengan baik dalam proses pembuatan rumusan masalah seseorang peniliti harus memahami isi dalam latar belakang itu juga agar rumusan masalah memiliki keterkaitan dengan latar belakang.

Selain itu, tujuan harus memahami rancangan penelitian di latar belakang dalam pembuatan rumusan masalah adalah sebagai penjawab yang nantinya akan dikemukakan dalam bagian pembahasaan. Oleh karena itu, pastikan bahwa susunan sistematis ini tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Sekian informasi mengenai ulasan dan penjabaran rumusan masalah mulai dari pengertian, tujuan, dan contoh rumusan masalah yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda jadikan referensi. Terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel