Pengertian Memo, Jenis-jenis, Struktur, Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Contoh Memo Yang Baik, Benar, Resmi dan Tidak Resmi

Biasanya pelajaran mengenai apa itu memo dan contoh memo akan Anda dapatkan di pelajaran bahasa Indonesia. Di pelajaran yang satu ini anda akan di ajari pengertian apa itu memo dan contoh memo yang baik dan benar itu seperti apa. Namun, kami akan lebih detail menjelaskannya pada artikel berikut ini mengenai memo. Langsung saja yuk, kita simak ulasannya berikut ini.


Pengertian Memo

Memo atau biasa disebut dengan pesan ringkas secara umum adalah bentuk surat atau pesan yang ditulis secara ringkas, padat dan jelas yang ditujukan kepada seseorang. Berbeda dengan surat, memo tidak memiliki bagian-bagian sisi surat lainnya seperti salam pembuka dan salam penutup.

Memo banyak digunakan sebagai salah satu bentuk komunikasi yang biasanya akan berisi mengenai arahan, permintaan, ataupun keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan dan diselesaikan dengan segera.

Jenis-Jenis Memo


Memo terdiri dari dua jenis berdasarkan pada penggunaannya yakni ada memo yang bersifat resmi dan ada yang tidak resmi (bersifat pribadi).
  • Memo Resmi
    Pada umumnya memo yang bersifat resmi akan digunakan sebagai surat pernyataan hubungan resmi dari pimpinan kepada bawahannya contohnya seperti sebuah memo yang dikeluarkan oleh lembaga, instansi atau organisasi. Namun walaupun dikatakan resmi, memo ini tidak bisa digunakan untuk keperluan surat menyurat antar organisasi, lembaga ataupun instansi.

    Memo resmi biasanya digunakan oleh pihak yang memiliki kedudukan atau pangkat yang lebih tinggi dalam suatu organisasi, instansi atau lembaga yang nantinya akan ditujukan kepada orang yang memiliki kedudukan dibawahnya.
  • Memo Tidak Resmi
    Sedangkan, memo tidak resmi biasanya akan digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau orang lain yang mempunyai hubungan akrab. Memo tidak resmi biasanya akan lebih ditujukan untuk orang yang ada atau terlibat dalam organisasi, lembaga atau instansi.

Jadi, memo adalah surat yang dibuat khusus untuk keperluan dalam suatu kantor atau organisasi baik secara resmi ataupun tidak resmi. Memo dapat disampaikan secara horizontal ataupun secara vertikal tergantung pada kebutuhan dan kesusaian.

Perbedaan antara keduanya adalah penyampaian secara horizotal adalah penyampaian memo pada pihak yang memiliki jabatan setara, sedangkan penyampaian secara vertikal adalah penyampaian memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya untuk mengingatkan atau memerintahkan sesuatu yang dapat dicantumkan dalam isi memo.

Struktur Memo

Secara umum struktur atau bagian-bagian yang ada pada memo antara lain adalah sebagai berikut.
  • Kepala Memo
    Kepala memo terdiri atas kop memo (pada memo resmi), nama pengirim dan nama penerima, pastikan anda membuatnya dengan benar dan ini harus ada dalam memo agar tidak timbul kesalahpahaman.
  • Badan Memo
    Badan Memo terdiri atas isi memo, anda bisa menjelaskan dan menceritakan apa sebenarnya maksud dan tujuan anda membuat dan mengirim memo pada orang yang dituju secara singkat, padat dan jelas. Namun pastikan orang yang dituju mengerti maksud dan tujuan anda.
  • Kaki Memo
    Nah, yang terakhir adalah bagian kaki memo. Yang mana kaki memo ini biasanya terdiri atas tanda tangan dan nama jelas pembuat memo yang dapat anda cantumkan pada bagian bawah isi memo.

Ciri-Ciri Memo
Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, jika memo ini berbeda dengan jenis surat yang lainnya. Tentunya untuk membedakannya, memo memiliki karakter dan ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan jenis surat yang lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai karakteristik dan ciri-ciri memo. Berikut adalah ciri ciri memo yang harus anda ketahui.
  • Memo merupakan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal secara singkat, padat dan jelas. Biasanya akan dituliskan pada kertas kecil dan akan ditempelkan atau diletakkan pada tempat-tempat yang lebih mudah dilihat oleh orang yang dituju. Misalnya pada mading kantor dan lain sebagainya.
  • Apabila dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, mempo memiliki bagian surat yang lebih sederhana, terutama pada bagian isi surat karena memo memiliki isi yang lebih singkat, padat dan jelas.
  • Memo biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos secara lengkap karena peredarannya terbatas hanya pada orang-orang yang berada di dalam lingkup perusahaan, instansi atau lembaga saja.


Tujuan dan Fungsi Memo

Sekarang anda sudah tahu kan apa saja ciri khas dari sebuah memo. Nah, selanjutnya sebelum membahas mengenai contoh memo kami akan menjelaskan mengenai tujuan dan fungsi memo. Berikut ini merupakan tujuan dan fungsi memo yang dibuat.
  • Tujuan penulisan memo yang pertama adalah untuk meminta atau memberikan informasi ataupun petunjuk pada seseorang yang memiliki kompeten untuk diperintah atau diberikan saran hingga hanya pemberitahuan.
  • Sedangkan fungsi dari memo adalah digunakan sebagai bentuk komunikasi yang berisi arahan, permintaan, atau keterangan tentang sesuatu yang harus dilakukan atau diselesaikan dengan segera oleh pihak yang dituju.


Pengertian Memo, Jenis-jenis, Struktur, Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi dan Contoh Memo Yang Baik, Benar, Resmi dan Tidak Resmi



Contoh Memo

Nah, ini dia pembahasan inti dari artikel ini yakni contoh memo baik itu contoh memo resmi ataupun contoh memo tidak resmi. Yuk, simak bagaimana contoh memo yang baik dan benar.

Contoh Memo Resmi

Berikut adalah contoh memo resmi yang dapat anda buat dalam waktu yang formal kepada bawahan atau orang yang bekerja di kantor sebagai rekan kerja anda.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso


Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso

Jalan KH. Santawi No 17 Bondowoso

=========================================================================
MEMO

26 Februari 2018

Dari        : Kepala Sekolah

Kepada        : Seluruh Dewan Guru dan Staff

Untuk seluruh dewan guru dan staff, dimohon untuk ikut serta dalam mengingatkan para siswa mengikuti gerakan cinta lingkungan sehingga para siswa terlatih dan terbiasa untuk tidak membuang sampah pada sembarangan, membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, dan tidak memetik tanaman atau bunga disekitar sekolah ataupun hal-hal lainnya yang dapat merusak keindahan dan kelestarian lingkungan sekitar sekolah. Terimakasih


Kepala Sekolah

Indro Andrean

Contoh Memo Tidak Resmi


Untuk mengatahui perbedaan antara memo resmi dan memo tidak resmi, berikut juga akan kami berikan contoh memo tidak resmi yakni sebagai berikut.

Dari     : Sinta

Untuk    : Debby

Debby, maaf ya. Rok yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan karena ada beberapa bagian yang tidak rapi dan sangat mengganggu waktu dipakai. Bagian rok yang perlu diperbaiki sudah aku tandai dan aku beri catatan. Aku sangat terburu-buru jadi tidak bisa menemuimu langsung.

Aku titipkan pesan ini pada ibumu. Karena rok itu akan aku pakai saat pesta pernikahan sepupuku lusa, aku minta tolong untuk segera diperbaiki.

Terimakasih. Debby, Maaf merepotkanmu.

Tertanda,

Sinta

Sekarang sudah tahu kan pengertian memo dan contoh memo. Sekarang anda juga sudah tahu kan dimana letak perbedaan dengan jenis surat yang lainnya. Demikian artikel tentang Pengertian Memo dan Contoh Memo yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi. Terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel