Pengertian dan Contoh Paper yang Baik dan Benar serta Cara Membuat Paper

Dalam dunia kepenulisan, pastinya anda sudah sering mendengar kata paper. Paper pastinya akan sangat dikenal oleh para siswa hingga mahasiswa karena pastinya anda sering diberi tugas dengan guru ataupun dosen untuk membuat sebuah paper.

Namun, bagi orang yang baru saja memiliki tugas membuat paper pastinya mereka akan kebingungna karena masih belum paham mengenai apa itu paper dan bagaimana cara membuat paper yang baik dan benar.

Pengertian dan Contoh Paper yang Baik dan Benar serta Cara Membuat Paper

Bagi anda yang baru saja memiliki tugas paper, dan bingung bagaimana untuk memulai mengerjakannya jangan khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai tata cara membuat paper dan contoh paper yang baik dan benar agar dapat anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Paper?


Sebenarnya apa itu paper? Mungkin pertanyaan ini yang akan hadir dalam pikiran anda untuk pertama kalinya. Jadi, pengertian paper itu sendiri adalah sebuah ringkasan dari penelitian yang kita buat.

Pada dasarnya paper hampir sama dengan tugas akhir, hanya saja paper dibuat dalam bentuk ringkasan serta tidak serinci sebuah riset tugas akhir karena menurut standar paper biasanya ditulis sampai 6 halaman saja.

Jadi, jika misal tugas akhir atau riset yang kita lakukan akan kita tuangkan menjadi beberapa halaman, namun untuk membuat paper kita hanya cukup meringkasnya menjadi 6 halaman saja, namun tujuan dan maksud tetap harus tersampaikan.

Secara umum, paper  ditulis dalam dua lajur (kolom) namun tidak jarang juga paper terkadang juga ditulis menjadi 1 kolom saja tergantung dari persayaratan dari call for paper itu sendiri. Tidak hanya itu, pada umumnya paper juga biasanya akan di tulis dengan menggunakan huruf times new roman dengan ukuran besar huruf 12.

Masalah tata cara dan format penulisan juga tergantung dari tugas call for paper, namun standar yang biasa dipakai oleh para penulis paper yaitu font ukuran 12.

Namun, sebelum membahas mengenai tata cara membuat paper dan contoh paper yang baik dan benar. Kita harus mengerti terlebih dahulu tentang call of paper. Jadi, call for paper itu sendiri merupakan sebuah pengumuman bahwa akan dilaksanakan seminar paper.

Biasanya pengumuman ini akan dilakukan oleh lembaga-lembaga tertentu seperti dari universitas ataupun dari lembaga yang diakui untuk menyelenggarakan seminar paper.

Namun yang paling penting adalah kita harus cermat dalam memilih dimana tempat kita akan memasukkan paper yang kita buat dan pastikan anda juga memperhatika secara jelas tentang persyaratan paper baik itu mengenai topik, jenis huruf beserta ukuran, susunan, bahkan sampai deadline pengumpulan dan biaya pendaftaran pun sudah tertera secara jelas dalam call for paper.


Nah, untuk memahami lebih baik dan benar bagaimana cara membuat sebuah paper penelitian. Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana cara pembuatan dari contoh paper yang baik dan benar.

Pengertian Paper


Sebelum kita bahas lebih jauh tentang cara membuat paper, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian paper sendiri itu apa. Pengertian paper secara lebih sederhana adalah sebuah makalah.

Namun, yang membedakannya dengan makalah secara umum terletak pada  tujuan dan unsur-unsur di dalamnya. Apabila dibandingkan dengan makalah pada umumnya, unsur-unsur yang ada dalam paper lebih banyak.

Paper biasanya akan dibuat sebagai salah satu pekerjaan untuk menyelesaikan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Hal ini biasanya dilakukan untuk memenuhi serta mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswanya yang didapatkan dari kegiatan belajar dalam mata kuliah tertentu.

Nah, agar Anda lebih paham dan mengetahui lebih banyak mengenai paper, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat paper agar paper yang anda buat bisa menjadi paper yang baik dan benar. Yuk simak ulasan selengkapnya.

Unsur-unsur Paper


Secara umum, unsur paper dibagi menjadi tiga jenis unsur yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing yang berbeda. Yang mana pada dasarnya beberapa hal yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini tidak menutup kemungkinan menyelipkan bagian lain yang dianggap penting. Unsur-unsur paper tersebut adalah sebagai berikut.

  • Judul dan Nama Penulis
Di setiap karya tulis ilmiah tentunya harus ada nama identitas dari para penulis termasuk juga pada sebuah paper yang dibuat. Kami rasa unsur paper yang satu ini tidak perlu kami jelaskan lebih lanjut, karena kami yakin anda sudah mengetahui adanya unsur ini dalam segala bentuk penulisan.

  • Abstrak
Unsur kedua yang harus ada dalam suatu paper adalah abstrak. Pengertian dari abstrak sendiri  adalah isi atau rangkuman dari keseluruhan paper yang sudah dibuat, tetapi diringkas sehingga menjadi satu paragraf panjang.

Pada umumnya untuk membuat abstrak kita memerlukan satu lembar halaman untuk memenuhi abstrak sampai menjadi sangat singkat serta jelas.


  • Pendahuluan
Unsur yang ketiga yang harus ada dalam sebuah paper adalah pendahuluan. Pendahuluan atau biasa disebut dengan introduction dalam sebuah paper secara umum berisi tulisan mengenai garis besar masalah yang akan dibahas dan diulas pada sebuah paper.

Pendahuluan ini biasanya berisi deskripsi singkat mengenai pemasalahan atau hal yang akan diulas, kenapa dan apa tujuan dalam permasalahannya itu.

Adapun beberapa hal yang harus ada dalam sebuah pendahuluan paper adalah sebagai berikut.
  • Pendahuluan paper berisi informasi yang jelas mengenai permasalahan dan tujuan dari pembuatan paper.
  • Uraikan secara lebih detail dan lebih jelas kenapa permasalahan ini penting, menarik dan menantang untuk dibahas (motivasi).
  • Beri sedikit review singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya hingga menjadi dasar penelitian atau scope.
  • Jelaskan mengenai adanya gap atau masalah yang terdapat pada penelitian sebelumnya, agar menjadi sebuah permasalah dan pertanyaan yang nantinya akan kita selesaikan dalam penelitian.
  • Tulis dengan jelas, solusi yang Anda usulkan (proposed approach) lalu tulis dan jelaskan juga secara lebih detail bagaimana solusi tersebut bisa mengatasi masalah yang disebutkan sebelumnya (solution).
  • Tulis dan jelaskan secara global berbagai penemuan yang dihasilkan (result).
  • Selanjutnya anda bisa menuliskan struktur penulisan beberapa bagian selanjutnya (outline).

  • Penelitian Terkait
Dalam sebuah paper yang nantinya akan anda buat, biasanya akan ada pembahasan mengenai beberapa penelitian terdahulu. Beberapa penelitian terkait atau penelitian terdahulu dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mendasari suatu karya tulis dalam membuat suatu paper.


  • Metodologi
Apabila dilihat dari seperti apa dan apa fungsi dari metodologi di dalam paper atau karya ilmiah pada umunya metodologi penelitian ini akan dijelaskan dalam sebuah bagan atau gambar dengan tujuan untuk mempermudah para pembacanya dalam memahami isi dari paper tersebut. Anda juga bisa menjelaskan deskripsi dari masing-masing bagian dalam gambar metodologi yang dibuat jika ada.


  • Percobaan dan Hasil
Percobaan dan hasil merupakan satu hal yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah paper. Percobaan dan hasil biasanya akan berisi mengenai data yang digunakan, jumlah data sumber data dan lain sebagainya.

Ketika anda mengerjakan bagian percobaan dan hasil ini, Anda membutuhkan ketelitian yang sangat baik sebab ada beberapa hal mendasar yang harus tertuang dan harus ada dalam sebuah paper.

  • Pemecahan
Selanjutnya mengenai pemecahan, pada poin ini Anda harus menjelaskan mengenai beberapa hal atau issue yang ingin anda sampaikan dari penelitian yang sudah anda lakukan. Anda juga bisa menguraikan semua isi tentang beberapa ide menarik atau gagasan pada sebuah permasalahan yang pada umumnya berupa opini atau saran.

  • Referensi
Pastikan anda mencantumkan referensi dari mana saja yang membantu Anda dalam pembuatan paper. Anda harus menjelaskan dan memberikan informasi yang jelas tentang sumber atau referensi yang didapat. Anda harus memberikan informasi yang jelas mengenai sumber atau referensi yang didapat.


Itulah penjelasan mengenai cara membuat proposal dari contoh proposal yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel