Pengertian Berita Acara, Tujuan, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh Berita Acara

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu berita acara, bagaimana cara membuat berita acara dan contoh berita acara yang baik dan benar. Pertama mari kita bahas mengenai pengertian berita acara.

Pengertian Berita Acara, Tujuan, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh Berita Acara

Jadi berita acara adalah suatu naskah atau surat yang didalamnya berisis mengenai pernyataaan pengesahan mengenai suatu tindakan atau aktivitas, rapat, kehilangan, kerusakan dan juga serah terima barang.

Tidak hanya itu, berita acara juga berisikan penyelesaian pekerjaan, peristiwa, kejadian, perubahan, status dan yang lainnya. Berita acara biasanya dibuat untuk sebuah persoalan masalah baik yang berbentuk pelaksanaan, perencanaan ataupun pengendalian kebijaksanaa pimpinan.

Tujuan dan Fungsi Berita Acara

Berita acara biasanya sangat penting dan sangat diperlukan bagi mereka yang sedang merasa kesusahan untuk membuatnya atau bahkan tidak tahu cara membuat berita acara bagaimana. Namun, meskipun begitu berita acara merupakan dokumen yang amat sangat penting sekali dalam suatu hubungan kerja apapun yang melibatkan banyak pihak.

Tidak hanya itu, berita acara juga berfungsi sebagai dokumen untuk menjadi saksi jika sebuah aktivitas baik itu rapat, kehilangan, serah terima barang dan yang lainnya benar-benar terjadi. Berita acara memuat catatan yang sangat detail mengenai siapa yang ikut serta dalam acara tersebut, dimana peristiwa itu terjadi, kapan waktu terjadinya dan sebagainya.

Jadi, berita acara secara lengkap berfungsi sebagai suatu informasi yang valid mengenai sebuah acara. Tak hanya itu, berita acara juga kerap dapat dikatakan sebagai suatu dokumen yang menerangkan sebuah kronologi atau urutan, keterangan dan waktu untuk kepentingan bisnis serta hukum.

Cara Membuat Berita Acara yang Baik dan Benar

Sebenarnya cara membuat berita acara sangat mudah sekali dilakukan apabila anda mengetahui format-formatnya. Adapun beberapa format yang perlu diperhatikan dalam membuat berita acara adalah sebagai berikut.

  • Berita acara berisi mengenai pihak siapa saja yang ikut serta dalam suatu acara baik itu kegiatan, rapat, kehilangan, kerusakan serta serah terima barang, pekerjaaan, peristiwa, perubahana status, penyelesaian pekerjaan dan sebagainya yang dicatat secara detail.

    Pada umumnya dalam berita acara pihak yang terliba terdiri dari nama, tempat, tanggal lahir, pekerjaan, alamat dan poin-poin lainnya yang mendukung dan menambah kevalidan informasi dari suatu pihak misalnya seperti No Identitas seperti KTP/SIM, NPWP dan yang lainnya.
  • Berisi urutan atau kronologi peristiwa seperti jam, hari, tanggal, bulan dan tahun.
  • Tempat kejadian yang dicatat harus meliputi alamat lengkap yang termasuk juga kode posnya.
  • Berita acara ditanda tangani oleh pihak yang bersangkutan dan ikut serta dalam sebuah acara tersebut.
  • Anda bisa menambahkan saksi jika dibutuhkan untuk melindungi ke absahan dari sebuah berita acara.
  • Khusus mengenai berita acara tentang serah terima barang, jabatan, pekerjaan harus di rinci mengenai jenis yang diserah terimakan.

Sekarang anda sudah tahukan bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar. Pastikan anda memperhatikan format berita acara yang sudah dijelaskan.

Contoh Berita Acara dan Jenisnya

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai contoh berita acara berdasarkan jenisnya. Langsung saja mari kita simak contoh berita acara berikut ini untuk lebih mengerti dan tahu lebih jelasnya.

Contoh Surat Berita Acara Kehilangan Motor

Berita Acara Kehilangan
 
Pada hari ini, Kamis 25 Oktober 2018  pukul 20.00 WIB, Kami mendapatkan laporan tentang kehilangan sebuah sepeda motor yang di parkir tepat di halaman depan rumah seorang warga yang mengaku

Nama            : Haryono

Jenis kelamin        : Laki-Laki

Tempat tanggal lahir    : Bondowoso Timur, 20 Agustus 1980

Suku/Bangsa        : Jawa/ Indonesia

Agama            : Islam

Pekerjaan        : Wiraswasta

Alamat            : Jl. Makam Pahlawan no. 17, Situbondo Bondowoso Timur.

Yang bersangkutan memberikan keterangan kehilangan sebuah sepeda motor berwarna putih, merek Beat, tahun 2017 dan bernomor polisi P 3454 AY. Motor tersebut atas nama Haryono  yang pada saat ini sebagai pelapor dan melapor kepada pihak kami.

Sesuai dengan Laporan Pengaduan dengan nomor: LP/ 12345/XCV/SEK.KEDATON, tanggal 25 Oktober 2018, surat keterangan kehilangan ini akan berlaku dari tanggal 25 Oktober 2018  –  2 November 2018.

Note: Perlu diperhatikan. Menurut  pasal 242 ayat (1) KUHP pidana, barang siapa yang dengan sengaja memberikan keterangan palsu, maka di ancam dengan penjara selama 7 tahun karena melanggar.

Bondowoso, 25 Oktober 2018


Kepolisian Sektor Bondowoso


Kapolsek Bondowoso




Berita acara berkaitan tentang kehilangan seharusnya dibuat di kantor kepolisian setempat. Pembuatan berita acara lebih cepat lebih baik karena dengan begitu pihak kepolisian akan lebih cepat memproses dan menindaklanjuti kasus kehilangan tersebut.

Hal yang harus anda lakukan pada saat membuat berita acara kehilangan, sebagai pelapor Anda harus memberikan keterangan yang sejelas-jelasnya dan sebenar-benarnya. Dengan begitu pihak kepolisian akan dengan mudah melakukan tindakan.

Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

Berita Acara Serah Terima Barang

Nomor: BASB/5-2b/BM/I/2016

Pada hari ini Senin tanggal 25 Oktober 2018 , kami yang bertanda tangan di bawah ini:

            Nama        : Bunga Rafilia

            Jabatan        : Marketing

            Seksi        : PT. Grup Media, Percetakan Buku

            Alamat        : Jalan Mawar No. 17, Situbondo

Yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

            Nama        : Rudianto

            Jabatan        : Kepala gudang

            Seksi        : Toko Buku Gemapita

            Alamat        : Jalan Melati No. 78, Jember

Yang selanjutnya disebut dengan PIHAK KEDUA


Dengan ini menyatakan bahwa PIHAK PERTAMA telah menyerahkan barang berupa buku sebanyak 300 eksemplar kepada PIHAK KEDUA berupa:


No    Jenis barang        Judul    Jumlah    Keterangan
1    Buku Kamus Bahasa Indonesia    Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 5    12     Barang pesanan
2    Buku novel    Hilang Bersama Senja    70    Barang pesanan
3    Buku novel    Hujan Di Bulan Juni    24    Barang pesanan
4    Dongeng    Kumpulan Dongeng Menarik Minat Baca    24    Barang pesanan

Untuk diserahkan kepada seksi Toko Buku Gemapita dalam kondisi baik dan tepat pada waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Demikian berita acara serah terima barang dibuat agar dapat diunakan sebagaimana mestinya dan dengan sebaik-baiknya.

PIHAK PERTAMA                                                              PIHAK KEDUA


 Bunga Rafelia                                                                    Rudianto


Contoh berita acara serah terima barang yang sudah dibuat di atas dapat anda buat dan anda lakukan ketika melakukan penyerahan suatu barang dari pihak pertama ke pihak kedua. Pastikan anda membuat berita acara ditulis berdasarkan dari jumlah barang yang diterima.

Tujuan dibuatnya surat berita acara ini adalah agar dapat digunakan dikemudian hari agar tidak terjadi kesalahpahaman dan sebagai dokumen barang masuk dan keluar dari perusahaan.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai pengertian, cara membuat dan contoh surat berita acara. Semoga penjelasan mengenai pengertian dan contoh berita acara diatas dapat membantu Anda semua dalam menyelesaikan tugas. Tidak hanya itu, anda juga dapat menjadikan contoh di atas referensi dalam membuat surat berita acara. Selamat membuat dan semoga bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel