Butuh Bantuan Dana, Simak Contoh Surat Permohonan Dana Berikut Ini!

Contoh Surat Permohonan Dana

Surat-menyurat merupakan kegiatan dokumentasi melalui tulisan sebagai keperluan Pendidikan, pekerjaan, perdagangan dan bisnis, ataupun berbagai keperluan lainnya.

Terdapat dua jenis surat dilihat dari isinya, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Surat resmi biasanya menggunakan bahasa yang baku karena digunakan untuk keperluan dalam situasi formal, sedangkan surat tidak resmi tidak harus ditulis secara baku karena biasanya untuk keperluan pribadi atau interpersonal.

Salah satu surat yang termasuk ke dalam surat resmi adalah surat permohonan. Banyak terdapat surat permohonan, yaitu surat permohonan dana, surat permohonan beasiswa, surat permohonan cuti sementara, dan lainnya.

Butuh Bantuan Dana, Simak Contoh Surat Permohonan Dana Berikut Ini!


Artikel ini akan membahas surat permohonan dana bagi Anda yang sedang bingung untuk memulai membuatnya. Mari kita simak informasi lengkapnya.


Unsur-unsur pembuatan surat permohonan resmi


Ketika Anda ingin mengajukan surat permohonan bantuan dana yang baik, berikut kita lihat apa saja unsur-unsur dalam pembuatan surat tersebut.

1. Kop Surat


Pada kop surat dicantumkan nama, alamat, dan logo organisasi atau institusi bila Anda mewaikili suatu organisasi atau institusi tersebut. Tetapi bila Anda mewakili pihak yang bukan lembaga atau institusi serta juga Anda mengatasnamakan pihak pribadi, maka pada kop surat tidak harus dicantumkan logo atau Anda tidak harus mencantumkan kop surat.

2. Nomor Surat

Biasanya nomor surat terdiri dari nomor urut, bulan, dan tahun pembuatan surat. Nomor urut menggunakan angka Arab, bulan dengan angka Romawi dan tahun ditulis utuh atau ditulis dua angka belakangnya saja menggunakan angka arab.

3. Tanggal penulisan surat

Biasanya tanggal surat didahului dengan mencantumkan nama kota kemudian tanggal, nama bulan dan tahun pembuatan surat.

4. Lampiran

Lampiran biasanya berupa dokumen atau lembaran dengan menyebutkan jumlah lembar, eksemplar atau hanya satu berkas. Penulisan jumlah ditulis dengan huruf bila jumlahnya kurang dari sepuluh.

5. Hal atau perihal

Hal atau perihal adalah sebuah petunjuk kepada pembaca mengenai pokok isi surat. Garis besar tujuan dibuatnya surat tersebut.

6. Alamat tujuan


Alamat tujuan dituliskan di dua tempat. Pertama, disampul surat yang dituliskan secara lengkap. Kedua, pada lembar kertas surat dituliskan tidak selengkap pada sampul surat.

7. Salam Pembuka

Baiknya sebuah surat dibuka dengan salam sebagai tanda bahwa Anda adalah seorang yang beradab dan memiliki kesantunan yang baik

8. Bagian Pendahuluan

Berisi mengenai perkenalan dengan menuliskan sekilas dan secara jelas tentang informasi Anda sebagai pemohon.

9. Bagian Isi

Pakailah kalimat yang efektif dan jelas tetapi dengan menggunakan kata-kata yang sopan, tidak terlihat memaksa, tapi tepat sasaran. Pilih kata-kata yang menarik minat agar pembaca memahami maksud utama dari pengajuan surat permohonan tersebut.

10. Bagian penutup

Akhiri surat dengan ucapan terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah disediakan untuk membaca surat permohonan Anda tersebut

11. Salam penutup

Sebagai orang yang beradab dan santun, Anda telah memulai surat dengan salam pembuka, begitu juga diakhir surat, akhiri surat tersebut dengan salam penutup. Sertakan pula keterangan kapan Anda dapat mengkonfirmasi respons termohon terhadap surat permohonan bantuan dana tersebut.

Setelah Anda membaca info tentang unsur-unsur apa saja yang ada dalam suatu surat permohonan resmi, selanjutnya, mari kita lihat contoh surat permohonan bantuan dana untuk suatu kegiatan.

Contoh Surat Permohonan Dana

Mari kita lihat salah satu contoh surat permohonan bantuan dana untuk kegiatan HUT Kemerdekaan RI berikut.


Panitia Acara HUT Republik Indonesia
Karang Taruna Rukun Warga 04
Kompleks Perumahan Bumi Adiyaksa
Kotamadya Bandung
(kop surat/kepala surat organisasi/institusi pihak pemohon)


No.     : 123/VII/2018    (nomor surat)                                                         Bandung, 1 Juli 2018
Lamp.     : 1 (satu) berkas (lampiran yang disertakan)                                (tanggal penulisan surat)
Hal     : Permohonan Bantuan Dana (perihal surat)

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan (alamat tujuan)

PT Banyu Biru / CV. Purwa Rupa

di tempat

Dengan hormat (salam pembuka),

Puji syukur kami panjatkan atas rahmat dan berkah Tuhan yang Maha Esa. Perkenalkan, kami adalah panitia HUT Kemerdekaan RI yang berasal dari karang taruna RW 04, perumahan Bumi Adhiyaksa, kota Bandung. (bagian pendahuluan, berisi mengenai informasi dari pihak pemohon)

Dikarenakan acara yang akan dibuat membutuhkan dana sebesar lebih kurang sebanyak 20 juta rupiah dan masih terdapat kekurangan dana sebesar 10 juta rupiah, maka Kami memohon bantuan kepada pihak Bapak/Ibu, demi suksesnya pelaksanaan kegiatan yang akan Kami adakan.  … (bagian isi surat, berisi maksud dari surat permohonan)

Demikian surat permohonan dana ini kami buat, atas perhatian dan kerja sama dan perhatian bapak atau ibu semua kami ucapkan terima kasih. (bagian penutup)
Hormat Kami, (salam penutup)


Adjat Sudradjat
Ketua Panitia
HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
(beri keterangan kapan Anda dapat mengkonfirmasi respons terhadap surat permohonan bantuan dana tersebut)

Dalam pembuatan surat resmi, gunakan kalimat efektif, jelas dan to the point. Pilih kata-kata yang menarik perhatian, agar saat membaca surat permohonan tersebut pembaca dapat mengerti isinya.

Ada dokumen pendukung penting yang harus disertakan pada surat permohonan tersebut, yaitu proposal kegiatan. Proposal ini memuat semua hal-hal yang mencakup informasi secara detil dan terperinci mengenai kegiatan yang dimaksud dalam surat permohonan.

Sudah tahukah Anda bagaimana cara membuat sebuah proposal yang baik. Mari kita simak lagi info di bawah ini.

Tips Membuat Surat Permohonan Dana

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa proposal memuat informasi terperinci dari kegiatan yang dimaksudkan untuk mendapatkan bantuan dana. Hal ini dimaksudkan agar pihak termohon mengetahui bahwa dana yang akan dikeluarkan dialokasikan untuk keperluan atau hal apa saja. Terlebih lagi bila bantuan dana diberikan secara cuma-cuma.


  • Mencari Tahu Informasi Perusahaan Tujuan Secara Lebih Detail
Carilah informasi mengenai perusahaan yang akan anda kirimkan proposal.  Karena biasanya pihak pemohon harus membuat proposal sesuai standar perusahaan tersebut. Anda dapat mencari informasi dari situs perusahaan tersebut, bertanya kepada pihak yang sebelumnya pernah mengajukan proposal, atau bertanya langsung ke contact person yang bisa dihubungi dari pihak perusahaan tersebut. 

  • Buat Surat Permohonan Dana Sesuai Format dan Sebaik Mungkin
Tetapi pada umumnya, proposal dibuat sama dengan format surat pemohonan. Di dalamnya ada bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Proposal dijilid dengan rapi dan menggunakan cover khusus. Pada cover, ditulis judul proposal, alamat pihak pemohon serta tahun pembuatan proposal.

  • Beri Informasi Organisasi dan Institusi secara Lengkap Di Bagian Pendahuluan
Terlebih dahulu tulis kalimat pada bagian pendahuluan yang isinya mengenai organisasi atau institusi yang Anda wakili. Pada bagian isi, ditulis keterangan mengenai maksud dan tujuan dibuatnya proposal serta alokasi dana yang dibutuhkan beserta peruntukannya. Kemudian pada bagian penutup cantumkan nomor telepon atau alamat email Anda yang bisa dihubungi oleh pihak termohon.

Akhir kata, Mudah-mudahan isi artikel di atas dapat membantu Anda dalam membuat surat pernohonan beserta proposal nya sebagai dokumen pelengkap. Semoga proposal Anda goal!
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel