Contoh Surat Keterangan, Pengertian, Ciri-ciri, Kaidah dan Cara Membuatnya

Contoh surat keterangan bisa dengan mudah kita jumpai. Jenis surat ini cukup sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Ada banyak kepentingan yang membutuhkan surat keterangan. Untuk setiap kepentingan, bentuk surat keterangannya juga akan menyesuaikan.



Beberapa contoh surat keterangan yang umum digunakan diantaranya adalah surat keterangan usaha, surat keterangan karyawan perusahaan, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan sakit, dan beberapa jenis lainnya. Pembagian jenis ini biasanya berdasarkan isi dari surat keterangan tadi.

Bagi kamu yang masih bingung seperti apa itu surat Keterangan? Bagaimana cara untuk membuat surat keterangan? Dan seperti apa contoh surat keterangan yang baik dan juga benar? Silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.

Pengertian Surat Keterangan


Sebelum beranjak lebih dalam untuk membahas mengenai surat keterangan ini, ada baiknya kita mengenal lebih dulu pengertian surat keterangan. Surat keterangan adalah suatu surat berbentuk resmi yang berisi suatu keterangan atas seseorang maupun suatu hal tertentu.

Berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa poin penting yang bisa kita ambil terkait surat keterangan. Pertama, ini merupakan suatu surat resmi, jadi kaidah bahasanya menggunakan kaidah bahasa yang baku. Kedua, surat ini dikeluarkan oleh seseorang yang memiliki kewenangan tertentu. Ketiga, surat ini dikeluarkan untuk menerangkan status seseorang atau suatu hal lain.

Mengurus Surat Keterangan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, surat keterangan biasanya dikeluarkan oleh pihak yang memiliki kewenangan tertentu. Dengan kata lain, pembuatan surat keterangan memerlukan perantara dari pihak ketiga. Pihak ketiga ini tentu saja menyesuaikan isi dari surat keterangan, dan siapa pihak yang berwenang untuk mengeluarkan surat keterangan terkait.

Misalnya contoh surat keterangan tidak mampu, yang berwenang untuk mengeluarkan adalah dari kelurahan atau desa. Misalnya contoh surat keterangan kerja, yang berwenang untuk mengeluarkan adalah pihak HRD perusahaan.

Jadi untuk mengurus surat keterangan ini, pastikan dulu pihak mana yang berwenang mengeluarkan surat keterangan. Setelahnya kamu hanya perlu menghadap dan memohon surat keterangan sesuai kebutuhanmu.

Ciri-ciri Surat Keterangan yang Baik dan Benar


Surat keterangan yang baik dan benar memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini :
  • Ditulis menggunakan bahasa baku dengan ejaan yang tepat. Tulisannya dibuat singkat, padat dan jelas.
  • Pada surat keterangan harus berisi nama berikut status yang memberikan keterangan (orang yang berwenang), dan juga nama dan status yang diterangkan (orang yang membutuhkan surat keterangan).
  • Surat keterangan harus memiliki struktur resmi : Kop, Judul Surat, Nomer Surat, Isi keterangan, Tempat dan tanggal dan juga ttd dari pemberi keterangan.

Kaidah Penulisan Surat Keterangan


Untuk menuliskan contoh surat keterangan, kamu harus memahami kaidah penulisan surat keterangan yang tepat.
  • Keterangan resmi harus memiliki KOP surat. KOP suratnya menyesuaikan instasi mana yang mengeluarkan.
  • Judul surat keterangan menggunakan huruf kapital semua. Contoh : SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU.
  • Diawali dengan pembuka. Pada bagian Isi surat berisi beberapa hal, pertama adalah identitas pihak yang memberikan keterangan berikut status dan informasi yang dibutuhkan. Identitas pihak yang diterangkan  berikut status. Apa yang ingin diterangkan. Kemudian Penutup.
  • Pada bagian isi biasanya bebentuk FORM.
  • Bahasa yang digunakan menggunakan baku.
Dengan memahami kaidah penulisan ini, diharapkan kamu bisa menuliskan contoh surat keterangan secara baik dan benar.

Contoh Surat Keterangan

Berikut akan ditunjukan beberapa contoh surat keterangan untuk memberikan gambaran untukmu.


Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu:

PEMERINTAH KABUPATEN SUKAMAJU
KECAMATAN KARANG ASEM
DESA SUKA DADI
Jl. Merpati Indah No.2, Suka Dadi | Kode Pos: 56789

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
Nomer: ........./......./..........
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama        : Supriyono
Jabatan      : Kapala Desa Suka Dadi
Alamat       : Jl. Merpati Indah No. 9, Suka Dadi, Kecamatan Karang Asem Kabupaten Sukamaju

Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama lengkap        : Paryanto Sujatmiko
Jenis Kelamin         : Laki-laki
Agama                    : Islam
Alamat                    : Desa Suka Dadi Rt. 01 Rw. 04, Kecamatan Karang Asem Kabupaten Sukamaju.

Orang tersebut adalah benar-benar penduduk Suka Dadi dan bertempat tinggal di alamat yang sudah disebutkan. Berdasarkan data dan juga fakta, orang yang bersangkutan termasuk dalam golongan warga kurang mampu.

Demikian surat keterangan ini saya buat. Surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya berdasarkan fakta dan sesuai dengan permohonan orang yang bersangkutan. Semoga surat keterangan ini bisa digunakan dengan semestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Sukamaju, 13 Februari 2018
Hormat saya,


Supriyono


Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel