Contoh Slip Gaji yang Baik dan Benar serta Cara Membuat Slip Gaji Terbaru Karyawan Perusahaan

Sebagian besar orang pasti sudah tahu dengan yang namanya slip gaji karena surat ini akan anda dapatkan ketika anda sedang gajian. Namun, bagi beberapa orang ada yang masih bingung bagaimana cara membuat slip gaji yang baik dan benar. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian slip gaji, cara membuat slip gaji dan contoh slip gaji yang baik dan benar yang dapat anda buat.

Beberapa Poin Penting yang Harus Ada dalam Slip Gaji


Pada dasarnya slip gaji biasanya akan dibuat oleh setiap perusahaan. Namun slip gaji yang dibuat oleh masing-masing perusahaan akan memiliki bentuk atau format slip gaji yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Anda bisa menemukan banyak contoh slip gaji karyawan temukan di internet untuk dijadikan referensi apabila perusahaan Anda ingin membuat format slip gaji yang baru.

Contoh Slip Gaji yang Baik dan Benar serta Cara Membuat Slip Gaji Terbaru Karyawan Perusahaan

Namun, walaupun setiap perusahaan memiliki slip gaji yang berbeda-beda ada beberapa detail dasar yang harus Anda masukkan ke dalam format slip gaji. Adapun beberapa hal yang harus ada dalam slip gaji adalah seperti nama lengkap karyawan, nomor KTP karyawan, periode gaji, pajak, potongan asuransi atau BPJS, bonus dan sebagainya. Lebih detailnya berikut ini beberapa hal yang harus ada dalam slip gaji karyawan yang harus anda buat.
  • Informasi Umum
    Hal pertama yang harus ada dalam slip gaji yang Anda buat adalah informasi umum. Jadi, pastikan bahwa Anda memasukkan informasi umum secara detail yakni seperti nama, alamat, lokasi dan nomor telepon perusahaan Anda. Kemudian, untuk selanjutnya anda bisa menjelaskan spesifikasi departemen mana yang menaungi karyawan yang akan menerima slip gaji yang dibuat tersebut.
  • Periode Gaji
    Hal selanjutnya yang harus ada adalah periode gaji. Informasi yang satu ini merupakan salah satu yang poin terpenting yang harus ada dalam format slip gaji dan juga merupakan salah satu yang terus mengalami perubahan. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki periode dan tanggal gajian yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya gaji yang akan dibayarkan pada karyawan dikeluarkan pada tanggal 25, 27 bahkan ada yang setiap awal bulan tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.
  • Data Personal Karyawan
    Terdapat dua informasi personal karyawan yang harus Anda masukkan dalam format slip gaji yang Anda buat yakni nama lengkap dan nomor KTP karyawan. Kedua informasi ini berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat Anda untuk mengalokasikan referensi standar penggajian untuk setiap karyawan yang bekerja.

  • Informasi Pajak
    Informasi yang satu ini juga harus ada dalam slip gaji yang dibuat. Informasi pajak pada slip gaji akan memperlihatkan keseluruhan data pajak umum yang akan dibayar termasuk gaji setiap bulannya yang didaftarkan pada kantor pajak.

    Hal ini tergantung pada situasi pajak yang ada dan setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan pajak yang berbeda-beda, anda bisa menyesuaikannya. Contohnya saja misal ada karyawan yang berencana menyumbangkan sebagian gaji mereka untuk organisasi sosial, maka bagian tersebut tidak akan dikurangi pajak gaji karyawan.

    Namun, apabia tidak terjadi kasus yang seperti demikian maka semua karyawan akan dikenai tarif pajak yang sama rata dengan sistem yang berlaku sesuai dengan kebijakan. Akan lebih baik jika anda menggunakan jasa akuntan pajak yang profesional karena pajak adalah sebuah hal yang krusial.
  • Sertakan Nominal Penghasilan Atau Gaji Karyawan
    Pastikan anda menyertakan nominal penghasilan atau gaji karyawan dalam slip gaji yang di buat. Gaji yang diberikan kepada karyawan bisa berupa berbagai macam, namun pada umumnya bentuk gaji yang ada adalah sebagai berikut:

    Gaji pokok, jenis gaji ini merupakan gaji rutin yang diterima oleh karyawan melalui jam kerja selama periode pembayaran tertentu sesuai yang ditetapkan karyawan.
    Bonus,
    Informasi ini harus ditandai secara terpisah dalam periode di mana bonus dibayarkan karena tidak diberikan secara rutin.
    Penghargaan
    , tidak hanya bonus saja namun jika perusahaan mengumumkan adanya penghargaan uang sepanjang tahun anda juga harus mencatatnya secara terpisah di slip gaji.
  • Sertakan Potongan Gaji Karyawan
    Sertakan potongan gaji karyawan yang berupa potongan asuransi atau BPJS misalnya, tidak akan dikenakan pajak.
  • Hitungan Gaji Bersih
    Poin terakhir yang harus ada dalam slip gaji karyawan adalah pastikan anda mencantumkan hitungan gaji bersih berupa jumlah yang akan diterima karyawan dari perusahaan selama periode pembayaran tertentu.

Gaji bersih karyawan didapatkan total pendapatan atau gaji dikurangi jumlah biaya pemotongan (asuransi atau BPJS) dan dikurangi jumlah pajak.

Namun, selain beberapa hal penting yang sudah kami jelaskan diatas, mungkin juga ada beberapa jenis penghasilan lain tergantung jenis bisnis dan kebijakan perusahaan Anda. Oleh karena itu, pastikan anda mencantumkannya dan jangan lupa untuk menyertakan kategori tambahan.


Contoh Slip Gaji Terbaru Karyawan Perusahaan

Pada saat ini sebenarnya sudah ada banyak contoh slip gaji karyawan yang dapat anda temukan di internet. Berikut beberapa contoh slip gaji karyawan yang dapat anda jadikan referensi.


PT Sinar Raya


Mesin dan Alat Kantor


Jl. Gajah Mada No 17 Jember Telp. 0331 039 777


SLIP GAJI KARYAWAN


Periode 1 Agustus-30 Agustus 2018


NIK    : MI-017

Nama    : Alvira

Jabatan    : Manajer Marketing

Status    : Karyawan Tetap

Penghasilan                                                                          Potongan

Gaji Pokok        = Rp. 2.000.000                                         PPh 21        = Rp. 200.000

Tunjangan Jabatan    = Rp. 1.000.000                                 Asuransi    =

Tunjangan Konsumsi    = Rp. 400.000

Tunjangan Harian    = Rp. 500.000

Bonus Target        = Rp. 750.000

Total (A)        = Rp. 4.650.000        Total (B)         Rp. 180.000

Penerimaan Bersih     = Rp. 4.450.000

Terbilang        : Empat juta empat ratus lima puluh ribu rupiah.

Jember, 30 Agustus 2018

Manajer Operasional


Alvinda, SE.



Itulah contoh slip gaji karyawan terbaru yang dapat anda jadikan referensi ketika akan membuat slip gaji karyawan. Sebenarnya Anda bisa  dengan mudah mendapatkan contoh slip gaji karyawan dari internet yang sudah banyak tersedia. Hal ini karena sudah banyak organisasi atau perusahaan yang sudah memperlihatkan seperti apa format slip gaji untuk karyawan mereka.

Anda bisa memilihnya sesuai dengan format yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan anda. Anda juga bisa baca instruksi yang harus dilakukan untuk menggunakannya sebelum membuatnya. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak sekali jenis software atau aplikasi yang tersedia yang dapat anda gunakan untuk membuat format slip gaji secara otomatis yang tentunya akan memudahkan anda.

Apabila jumlah pegawai Anda semakin banyak, tentu saja Anda akan merasa kualahan menangani permintaan cetak slip gaji pegawai, oleh karena itu akan lebih mudah jika anda menggunakan software ini. Bahkan pada saat ini sudah ada banyak situs yang menyediakan aplikasi slip gaji karyawan secara online.

Sehingga anda bisa membuat slip gaji karyawan secara online dengan format yang sudah ada dan hanya mengisi datanya. Kemudian anda bisa secara langsung mencetaknya.

Semoga artikel contoh slip gaji yang sudah kami jelaskan diatas bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel