Contoh CV Curriculum Vitae Agar Anda Diterima Perusahaan, Cara Membuatnya, Struktur CV, Dan Fungsinya

Contoh CV Curriculum Vitae Agar Anda Diterima Perusahaan, Cara Membuatnya, Struktur CV, Dan Fungsinya


Bekerja adalah salah satu kegiatan yang Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Anda membutuhkan penghasilan untuk membiayai kehidupan. Pekerjaan merupakan salah satu cara untuk menjalankan roda kehidupan dan penghasilan yang Anda dapatkan dari pekerjaan itu akan menentukan bagaimana Anda dapat menjalani dan menikmati kehidupan Anda. Karena penghasilan yang Anda dapatkan dari pekerjaan, dapat memberikan kebutuhan materi yang merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia.

Contoh CV Curriculum Vitae Agar Anda Diterima Perusahaan, Cara Membuatnya, Struktur CV, Dan Fungsinya


Ketika Anda mencari pekerjaan, Anda harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan selain persiapan fisik dan mental ketika Anda dipanggil untuk wawancara. Beberapa dokumen yang diperlukan antara lain: surat lamaran pekerjaan, curriculum vitae atau CV, fotokopi ijazah, fotokopi sertifikat, fotokopi identitas diri dan pas foto.

Di sini akan dibahas khusus tentang CV. Sebelum memulai pembahasan mari kita lihat sejauh mana Anda mengetahui tentang CV.

Apa Itu CV?


Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi yang dimilikinya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang diminta dan sering digunakan oleh perusahaan kepada pencari kerja untuk proses seleksi sebelum melanjutkan dengan wawancara.

Maka singkatnya Curriculum vitae atau CV yang disebut juga daftar riwayat hidup adalah seluruh informasi mengenai data pribadi Anda.  Pada CV itu, Anda dapat menulis mulai dari biodata, latar belakang pendidikan, riwayat pengalaman kerja, dan hal-hal lainnya yang dapat memberikan informasi positif mengenai diri Anda.

Kegunaan dan Fungsi CV


CV dapat memberikan informasi secara garis besar tentang kehidupan Anda. Perusahaan membutuhkan CV Anda sebagai bahan evaluasi apakah kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki sesuai dengan yang dibutuhkan, apakah Anda merupakan kandidat yang cocok untuk posisi pekerjaan yang tersedia, apakah Anda mampu mengerjakan job description/uraian pekerjaan yang diminta, dan apakah Anda dapat mencapai tujuan perusahaan.
Agar CV yang Anda buat terlihat menarik dan dapat membuat HRD merasa ‘ingin’ memanggil Anda ke tahap wawancara, mari kita simak langkah-langkah berikut.
Lakukan 3 langkah ini yang bisa membuat CV Anda ‘dilirik’ HRD

1.Tentukan jenis pekerjaan dan perusahaan mana yang akan Anda apply/lamar 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui bahwa pekerjaan yang akan Anda lamar tentunya harus sesuai dengan minat, latar belakang pendidikan atau pengalaman bekerja Anda. Karena perusahaan membutuhkan orang yang dapat berkembang di dalam lingkungannya dan sesuai dengan visi dan misinya. Oleh karena itu, Anda perlu mencari informasi-informasi penting terkait perusahaan itu, seperti persyaratan pelamar, visi misi perusahaan, dan budaya organisasi perusahaan.

2. Buatlah CV dengan isi dan desain yang menarik


Kemudian, langkah selanjutnya adalah membuat CV. Seperti yang telah dibahas di awal, CV berisi tentang seluruh informasi secara singkat mengenai Anda. Sebelum mulai menulis, carilah contoh-contoh desain yang bagus sebagai bahan acuan Anda dalam membuat CV yang menarik. Desain yang bagus memperhatikan letak foto, besar dan jenis huruf, kombinasi penulisan, serta layout/tata letak yang rapi.

Lalu tulislah semua informasi, kemampuan dan kompetensi yang dimiliki pada CV tersebut. Dan gunakan kata-kata yang to the point/tidak bertele-tele. Yang terpenting bahwa informasi yang dituliskan adalah hal yang benar karena jaman sekarang perusahaan dapat dengan mudah mengecek dan memverifikasinya. Jangan lupa tuliskan semua hal-hal positif mengenai Anda seperti motivasi Anda, pelatihan dan seminar yang pernah Anda ikuti, agar menjadi point plus/keuntungan terhadap penilaian HRD.

3. Cek dan Ricek CV Anda


Membuat sebuah dokumen penting, haruslah terhindar dari berbagai kesalahan, terutama kesalahan-kesalahan kecil yang bisa membuat keseluruhan isi menjadi kurang baik atau menarik. Dan langkah terakhir adalah jangan lupa membaca kembali CV yang telah Anda buat untuk menghindari adanya kesalahan-kesalahan seperti kesalahan dalam tipografi/penulisan/pengejaan, kesalahan dalam diksi/pilihan kata, maupun kesalahan dalam layout.

Selain itu, minta orang lain, misalnya keluarga atau teman, untuk membaca CV Anda juga agar mereka bisa memberikan pendapatnya. Masukan dari mereka bisa menjadi bahan pertimbangan yang baik.

Struktur CV atau Curiculum Vitae yang Baik 

Pada dasarnya CV atau curriculum vitae terdiri dari struktur berikut ini.
  • Identitas Lengkap

    Pastikan anda mengisi identitas diri anda secara lengkap misalnya seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, handphone dan juga email./////


  • Motivasi atau Kepribadian

    Jelaskan secara lebih lengkap mengenai kepribadian dan motivasi anda. Disini anda bisa menjelaskan kepribadian anda secara detail agar perusahaan tahu mengenai siapa anda sebenarnya.
  • Pendidikan

    Setelah itu, pada CV atau Curiculum Vitae anda bisa mencantumkan latar belakang pendidikan anda seperti riwayat pendidikan SD, SMP hingga SMA.
  • Pengalaman Kerja

    Anda juga bisa mencantumkan pengalaman kerja anda secara lebih detail untuk bisa membuat perusahaan percaya bahwa anda adalah seseorang yang berpengalaman dan juga professional. Tidak hanya itu, orang yang memiliki pengalaman kerja akan lebih besar di terimanya.
  • Keahlian yang Dimiliki

    Anda juga bisa menambahkan keahlian yang anda miliki untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan.

Contoh CV Curiculum Vitae


Isi dan tulisan mencirikan kepribadian Anda. Maka pilih jenis dan ukuran font yang menurut Anda enak dilihat. Ingat, isi data pribadi yang penting, seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, alamat email dan nomor kontak. Kemudian, tuliskan juga kepribadian dan kemampuan diri Anda.

Lalu sangat penting untuk menuliskan latar belakang pendidikan, baik formal maupun informal, serta pengalaman bekerja bila ada. Jangan lupa sertakan foro diri Anda. Dan yang terakhir aturlah juga layout agar terlihat menyenangkan untuk dibaca. Untuk lebih jelasnya kita lihat contoh CV di bawah ini sebagai bahan untuk membuat CV yang sederhana tapi cukup menarik.


CURRICULUM VITAE


Nama        : Maya Astuti
Tempat&Tgl Lahir    : Jakarta, 10-10- 1990
Alamat        : Jln Mangga  No.25                           
Jakarta, Indonesia
Handphone        : +628123456789
E-mail        : mayaastuti@gmail.com

Saya adalah orang yang mudah belajar hal-hal baru, seorang pekerja keras, dan penuh disiplin. Saya menyukai tantangan. Saya dapat beekrja secara individu maupun berkelompok.
Saya yakin kepribadian, latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja saya memenuhi kriteria perusahaan.


PENDIDIKAN FORMAL

2007 – 2012
Sarjana Ekonomi Universitas Nusantara

2012 – 2015
Magister Ekonomi Universitas Nusantara

PENDIDIKAN INFORMAL

2007 – 2009
Kursus Bahasa Inggris
2009 – 2012
Kursus Bahasa Mandarin
2013
Seminar Ekonomi Internasional
2015
Pelatihan Khusus Staff Keuangan

PENGALAMAN PEKERJAAN
  • Staff Keuangan PT Guna Bangsa, Jakarta             2012-2015    Purna waktu
  • Supervisor Keuangan PT Guna Bangsa, Surabaya        2015-2018    Purna waktu
Setelah Anda membaca dan melihat keseluruhan isi artikel dan contoh cv di atas, langkah pasti selanjutnya adalah mulai membuat CV Anda. Jangan tunda mengerjakan suatu hal baik yang seharusnya dapat Anda kerjakan segera.  Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda agar dapat membuat CV yang bagus sehingga pekerjaan akan tembus.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel