Cara Membuat Kliping dan Contoh Kliping yang Baik dan Benar, Pengertian, Unsur-unsur, Tujuan dan Manfaat Kliping

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini, ya kliping tentu bukan hal yang asing bagi Anda. Materi tentang kliping tentu sudah sering disampaikan bahkan sejak di usia sekolah dasar bahkan pada saat ini kliping masih saja dijadikan materi bahasa Indonesia di berbagai sekolah.

Cara Membuat Kliping dan Contoh Kliping yang Baik dan Benar, Pengertian, Unsur-unsur, Tujuan dan Manfaat Kliping

Jika dilihat dari bentuknya kliping memiliki bentuk yang sanagat simpel dan praktis. Tak heran banyak yang mengira bahwa membuat contoh kliping sangat mudah, namun kenyataannya tidak semudah itu karena proses pembuatannya tidak bisa sembarangan.

Ada banyak aturan dan juga sistematika pembuatan kliping yang harus dipenuhi agar bisa menjadi sebuah karya yang baik dan pastinya mudah dipahami oleh pembacanya.

Unsur-Unsur Kliping


Kliping sendiri memiliki beberapa unsur yang harus ada di dalamnya untuk membuat  pembaca menjadi lebih tertarik dan dapat mempelajarinya dengan mudah. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum paham secara mendetail mengenai kliping dan berbagai ulasan atasnya serta bagaimana contoh kliping yang baik dan benar.

Padahal kliping merupakan suatu karya yang harus dilestarikan karena ini termasuk budaya literasi yang sangat baik untuk dipertahankan. Seiring dengan merambahnya dunia online seperti pada saat ini membuat kliping seolah kurang mendapat perhatian dan tempat.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai pengertian, cara membuat serta contoh kliping yang baik dan benar.

Pengertian Kliping


Kliping adalah suatu aktivitas atau kegiatan menggunting bagian atau sisi tertentu yang ada pada sebuah Koran, buku, majalah atau novel yang nantinya akan ditempelkan pada kertas karton atau pada buku biasa. Tujuan pembuatan kliping adalah untuk menggabungkan serta mengumpulkan suatu informasi atau pengetahuan dalam tema tertentu yang awalnya berasal dari berbagai macam dan jenis sumber yang dijadikan menjadi satu.

Dalam pembuatan kliping, gambar atau potongan dari artikel harus mempunyai isi serta pembahasan topik yang sama. Misalnya saja saat Anda hendak membuat kliping mengenai kreasi masakan tradisional dan modern. Maka Anda perlu mencari sumber-sumber resep masakan yang berkaitan dengan tema kliping yang akan anda buat untuk menjadi satu kesatuan kliping yang utuh.

Tujuan dan Manfaat Kliping


Sebenarnya, kliping sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak misalnya saja untuk guru yang sudah memberikan tugas kepada para muridnya. Pembuatan kliping tentunya akan sangat bermanfaat  bagi para murid untuk dapat melatih kreatifitas yang dimiliki oleh sang murid tersebut tentang bagaimanakah langkah yang baik dan kreatif untuk membuat kliping. Tidak hanya, itu siswa juga akan tahu dari mana sumber serta hal-hal yang harus benar-benar dipelajari.

Dengan membuat kliping tentunya akan membuat para siswa lebih banyak membaca serta mempelajari dan juga bertanggung jawab secara penuh atas tugas kliping yang diberikan oleh guru kepadanya.


Cara Membuat dan Contoh Kliping yang Baik


Lalu bagaimana cara membuat kliping yang bagus dan benar? Pertanyaan ini mungkin yang ada dalam pikiran anda saat ini. Jadi untuk membuat sebuah kliping yang baik anda harus tahu dulu contoh kliping serta langkah-langkah cara membuat kliping yang baik dan benar.

Pada umumnya, kliping dibuat dengan menggunakan bahan dari berbagai jenis media cetak misalnya seperti majalah yang sudah tidak digunakan lagi, kemudian koran yang sudah tidak dibaca, novel, poster serta berbagai media cetak yang lainnya.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman pada saat ini sudah banyak orang di luar sana yang mencari berbagai bahan untuk membuat kliping secara online melalui internet yang memang lebih cepat dan lebih mudah.

Berikut langkah-langkah cara membuat kliping yang baik dan benar. Kalian juga bisa menggambarkannya dalam bentuk contoh kliping yang baik dan benar.

  • Tentukan tema
    Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan tema yang akan anda angkat untuk sebuah kliping yang akan anda buat. Penentuan tema merupakan suatu langkah yang penting dalam pembuatan kliping karena bertujuan untuk memfokuskan karya kliping Anda dengan sumber utama yang terkait dengan tema tersebut. Dengan begitu hasil kliping yang anda buatpun akan lebih bagus karena menggunakan tema yang sangat spesifik.

    Saran kami dalam menentukan tema akan lebih baik jika anda sesuaikan dengan bidangnya masing-masing misalnya seperti bidang industri, pertanian, kesehatan, teknologi, dan masih banyak bidang lain yang bisa dipilih untuk menjadi tema di dalam sebuah kliping.

  • Mengumpulkan Gambar Kliping
    Selanjutnya setelah anda berhasil menentukan tema yang tepat, maka berikutnya anda bisa menentukan jenis gambar yang memiliki hubungan dengan tema yang akan di ambil. Misalnya saja jika Anda mengambil tema mengenai teknologi, maka Anda harus mengambil gambar serta berbagai jenis artikel yang ada kaitannya dengan teknologi tersebut.

    Satu hal yang harus di perhatikan dalam mengumpulkan gambar kliping adalah pastikan anda memiliki gambar dan dan artikel  dengan kualitas terbaik dan menarik serta mudah untuk dipahami.

  • Kumpulkan Data Dan Bahan Kliping
    Anda bisa menemukan gambar dan artikel pada data dan bahan kliping yang dapat dicari pada suatu media cetak seperti buku, surat kabar, majalah, koran, novel, dan berbagai jenis media cetak yang lainnya.

    Anda juga bisa mengumpulkan data dan bahan kliping melalui internet yang kemudian anda cetak terlebih dahulu. Saran kami ketika anda mengumpulkan data dan bahan kliping, pastikan anda mengumpulkannya mulai tahun-tahun sebelumnya hingga tahun-tahun terbaru.

  • Siapkan Alat untuk Membuat Kliping
    Setelah Anda berhasil mengumpulkan bahan dan juga data, langkah selanjutnya adalah siapkan alat untuk membuat kliping seperti gunting, garis, beserta lem yang akan dipakai untuk membuat kliping.

    Jika anda ingin memberikan hiasan pada kliping juga tidak masalah agar kliping menjadi lebih menarik. Anda bisa menambahkan berbagai hiasan misalnya spidol berwarna supaya nantinya benar-benar bisa memberikan tampilan yang terbaik dan tentunya lebih indah.

    Sebelum menggunting bahan-bahan dan gambar untuk membuat kliping, sebaiknya anda siapkan kertas HVS atau folio sebagai media pembuatan klipingnya terlebih dahulu. Tidak hanya itu, anda juga bisa  menjadikan buku tulis atau buku gambar sebagai medianya.

  • Gunting Bahan Kliping
    Sesudah menyiapkan semua hal yang diperlukan, langkah selanjutnya anda bisa mengguntin gambar-gambar atau berbagai artikel yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Lalu, selanjutnya tempelkan bahan-bahan kliping tersebut di atas kertas.

    Anda bisa menggunakan garis manual dan bisa juga membuat suatu pola khusus di dalamnya untuk tata cara mengguntingnya sendiri. Anda bisa sesuaikan dengan kreasi pembuatan kliping Anda agar hasilnya lebih bagus dan menarik.

  • Tempelkan Bahan Kliping
    Setelah selesai menggunting, maka selanjutnya anda bisa menempelkan hasil guntingan data dan bahan yang sudah dikerjakan. Pastikan Anda menyusun gambar tersebut terlebih dahulu dengan lebih sistematis dan rapi.

Agar semakin rapi usahakan untuk menyusun berdasarkan tahun terbitnya dan jangan lupa juga untuk menempelkan secara hati-hati berbagai artikel yang tadinya sudah Anda dapatkan.

Langkah terakhir adalah membuat cover dan menghias kliping anda sesuai dengan kreasi dan inovasi anda. Anda bisa membuat hiasan tertentu misalnya bunga atau hiasan jenis lain pada halaman utama kliping dan juga halaman yang lainnya.

Anda juga bisa menambah pernak-pernik aksesoris lainnya agar tampilan kliping lebih menarik di mata pembaca. Anda juga bisa menambahkan daftar pustaka dan daftar isi untuk mempermudah pembaca.

Bagaimana sekarang anda sudah memiliki gambaran contoh kliping yang sudah kami jabarkan sekaligus langkah cara membuatnya? Semoga artikel tentang cara membuat kliping dan contoh kliping ini bermanfaat, terimakasih.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel