Pengertian Jurnal Penyesuaian Beserta Fungsinya

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Proses penyesuaian tentang catatan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Jurnal penyesuaian disusun berdasarkan data dari neraca saldo dan data (informasi) penyesuaian akhir periode.

Pengertian Jurnal Penyesuaian Beserta Fungsinya

Ayat jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam beberapa akun sehingga saldo mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.

Jurnal penyesuaian gunakan untuk mencatat transkasi yang sudah terjadi namun belum dicatat. Ayat jurnal penyesuaian juga digunakan untuk mencatat transaksi yang sudah dicatat namun memerlukan koreksi agar nilainya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di akhir periode. Jurnal penyesuaian baik perusahaan dagang atau perusahaan jasa dibuat pada akhir periode akuntansi. Contoh jurnal penyesuaian dibuat untuk transaksi-transaksi seperti beban dibayar di muka, pendapatan diterima dimuka, pemakaian perlengkapan, pendapatan yang masih harus diterima, beban yang belum dibayar dan penyusutan aktiva tetap.


Fungsi dan Tujuan Jurnal Penyesuaian

Fungsi jurnal penyesuaian diantaranya yaitu:
  1. Menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga setiap perkiraan saldo riil, khususnya perkiraan harta dan kewajiban menunjukkan jumlah yang sebenarnya.
  2. Menghitung setiap perkiraan nominal (perkiraan pendapatan dan beban) yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.



Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel