Pengertian Ilmu Politik Secara Umum Beserta Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian ilmu politik secara umum 

yakni cabang ilmu sosial yang mengkaji teori dan praktik politik serta gambaran dan pemikiran proses politik dan tingkah laku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Pengertian Ilmu Politik Secara Umum Beserta Menurut Para Ahli Terlengkap

Ilmu politik mempelajari tentang alokasi dan transfer kekuasaan didalam pembuatan keputusan, peran dan proses pemerintahan yang termasuk didalam pemerintah dan organisasi internasional, tingkah laku politik dan kebijakan publik. Ilmu politik mengukur keberhasilan pemerintahan dan kebijakan spesifik dengan lakukan pemeriksaan berasal dari bermacam faktor seperti stabilitas keadilan, kesejahteraan material dan perdamaian.


Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Miriam Budiardjo
Menurut Miriam Budiardjo, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diambil kesimpulan sebagai usaha untuk capai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti plato dan aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik).

Deliar Noer
Menurut Deliar Noer, Ilmu Politik memusatkan perhatian terhadap masalah kekuasaan didalam kehidupan dengan atau masyarakat.

Sri Sumantri
Menurut Sri Sumantri, Ilmu Politik adalah pelembagaan berasal dari interaksi antar manusia yang dilembagakan didalam berbagai macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.


Ramlan Surbakti
Menurut Ramlan Surbakti, Ilmu Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, didalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan ketentuan yang mengikat tentang kebaikan dengan masyarakat yang tinggal didalam suatu lokasi tertentu.

Kosasih Djahiri
Menurut Kosasih Djahiri, Ilmu Politik menyaksikan kekuasaan sebagai inti berasal dari politik melahirkan sejumlah teori tentang cara beroleh dan lakukan kekuasaan.


Idrus Affandi
Menurut Idrus Affandi, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup tertata dan punya target yang sama didalam ikatan negara.

Roger. F. Soltau
Menurut Roger. F. Soltau, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari negara, target negara dan instansi yang akan lakukan target itu; interaksi antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara lain.

Karl W. Deutsch
Menurut Karl W. Deutsch, Pengertian politik adalah pengambilan ketentuan lewat sarana umum.

Ossip K. Flectheim
Menurut Ossip K. Flectheim, Ilmu Politik adalah ilmu sosial yang spesifik mempelajari sifat dan target berasal dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan target gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat memengaruhi negara.

J. Barents
Menurut J. Barents, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara yang merupakan bagian berasal dari kehidupan masyarakat, ilmu politik mempelajari negara-negara itu lakukan tugas-tugasnya.

Goodin
Menurut Goodin, Ilmu Politik adalah pemanfaatan kekuasaan sosial secara paksa. Jadi, ilmu politik dapat diambil kesimpulan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara memakai kekuasaan social dengan paksaan tersebut.

Isjware
Menurut Isjware, Ilmu politik adalah perjuangan untuk beroleh kekuasaan atau tehnik menjalankan kekuasaan-kekuasaan atau masalah-masalah pelaksanaan dan pemeriksaan kekuasaan/pembentukan dan pemanfaatan kekuasaan.

Adolf Grabowsky
Menurut Adolf Grabowsky, Politik adalah penyelidiki negara didalam situasi bergerak. Golongan pendefinisian institusional ini mempelajari lembaga-lembaga politik dengan negara sebagai pusat pembahasannya.

Hoogerwerf
Menurut Hoogewerf, Ilmu Politik adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya serta akibat-akibatnya.

Mas Weaber
Menurut Max Weaber, Ilmu Politik adalah kekuatan untuk menyebabkan orang lain melakuikan sesuatu yang tidak dikehendakinya.

Paul Janet
Menurut Paul Janet, Ilmu Politik merupakan sebagai ilmu yang menyesuaikan perkembangan negara begitu termasuk prinsip-prinsip pemerintahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel