Sejarah Penemuan Virus Adolf Meyer

Jika seseorang pernah terkena penyakit cacar (yang disebabkan oleh virus) maka selama hidupnya virus itu selalu ada dalam tubuhnya. Hal itu ternyata bermanfaat karena keberadaan virus cacar dalam tubuh orang itu menyebabkannya kebal terhadap serangan cacar berikutnya. Lain halnya jika seseorang pernah terkena serangan virus herpes, suatu saat penyakit itu akan muncul kembali jika kondisi ketahanan tubuhnya menurun.

Sejarah Penemuan Virus Adolf Meyer


Kedua penyakit terse­but (cacar dan herpes) adalah penyakit yang di­sebabkan oleh serangan virus. Namun, keduanya mempunyai sifat serangan yang berbeda. Apakah virus itu? Bagaimanakah bentuk virus? Bagaimanakah ciri-ciri virus? Untuk menjawab pertanyaan itu, marilah kita bahas virus pada bab ini.

Virus adalah salah satu faktor penyebab penyakit. contohnya influenza dan flu burung, Kita tentu sudah tahu. Namun, tahukah Kita seperti apakah bentuk virus itu? Makhluk hidupkah dia? Benda matikah dia?

Keberadaan virus mulai diketahui sejak penemuan Adolf Meyer, seorang ilmuwan Jerman , pada tahun 1883.Meyer menyelidiki penyakit bintik kuning pada tanaman tembakau yang bersifat menular. Eksfrak daun tembakau yang terkena penyakit bintik kuning yang disuntikkan pada tanaman tembakau sehat ternyata menularkan penyakit bintik kuning.

Penelitian itu diulang oleh Dmitri Ivanowsky pada tahun 1893. Oleh Ivanowsky, ekstrak daun tembakau yang terkena penyakit kuning disaring dengan saringan bakteri. Hasil penyaringan itu masih mengakibatkan penyakit kuning jika disuntikkan pada tanaman tembakau yang sehat. Berdasarkan hal itu, disimpulkan bahwa penyebab penyakit itu berukuran lebih kecil dari bakteri karena lolos dalam saringan bakteri.

Pada tahun 1897, seorang ahli mikrobiologi Belanda bernama M. Beijerinck melakukan percobaan terhadap penyakit bintik kuning itu. Hasil percobaannya menunjukkan bahwa patogen (penyebab penyakit) itu hanya bisa berkembang biak pada makhluk hidup. Pada tahun 1935, seorang ilmuwan Amerika Serikat bernama Wendell Stanley, mencoba mengkristalkan patogen itu.

Walaupun sudah dikristalkan. patogen itu masih mampu menimbulkan penyakit jika disuntikkan pada tanaman tembakau yang sehat. Stanley memberi namanpatogen itu tobacco mosaic virus atau TMV (virus mosaik tembakau). Virus berasal dari bahasa Latin yang berarti racun atau bersifat membunuh.

Demikian penjelasan mengenai SEJARAH PENEMUAN VIRUS, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Penemuan Virus Adolf Meyer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel