Waktu Dan Cara Penyebaran ISLAM Ke Indonesia

Kapan agama Islam masuk ke Indonesia? Hingga kini memang masih menjadi perdebatan. Para ahli juga belum ada kata sepakat mengenai hal itu. Dan satu-satunya hal yang mereka sepakati hanyalah melalui perdagangan awal mulanya Islam di kenal oleh bangsa Indonesia.

Waktu Dan Cara Penyebaran ISLAM Ke Indonesia


Ada beberapa dugaan yang membahas mengenai kapan Agama Islam masuk ke Indonesia, yakni ialah sebagai berikut :

1. Abad ke-7
Dugaan ini sesuai dengan apa yang diberitakan oleh Dinasti Tang bahwa di Sriwijaya telah ada perkampungan muslim yang mengadakan hubungan dengan Cina.

2. Abad ke-11
Dugaan ini sesuai dengan dibuktikannya dengan adanya Makam Fatimah binti Maimun yang berangka tahun 1028 di Leren, Gresik, Jawa Timur.

3. Abad ke-13
Dugaan ini dibuktikan dengan adanya Nisan Malik al Saleh yang meninggal pada tahun 1297 dan disamping itu terdapat pula Makam Maulana Malik Ibrahim yang berangka tahun 1419 di Gersik yang juga memperkuat bukt-bukti yang ada.

Sedangkan dalam perkembangannya islam dilakukan melalui berbagai macam cara. Proses awal masuknya penyebaran Islam ke Indonesia diperkirakan melalui saluran ataupun sarana sebagai berikut :

1. Perdagangan
Teori ini menjelaskan bahwa agama Islam datang ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India. Di sela-sela waktu menunggu arah angin pelayaran, para pedagang muslim tersebut berdakwah Agama Islam kepada masyarakat pesisir Indonesia.

2. Pernikahan
Teori ini menjelaskan bahwa wanita pribumi yang akan menikah dengan para pedagang muslim mesti memluk Agama Islam terlebih dahulu. Dari sinilah agama Islam mulai menyebar.

3. Dakwah
Teori ini menjelaskan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia selain dibawa oleh para pedagang muslim, ternyata ada pula yang memang secara sengaja disebarkan oleh para ulama ataupun mubalig. Wali Sanga ialah contoh Ulama yang sengaja menjadi penyebar Agama Islam terutama di Pulau Jawa.

4. Pesantren
Teori ini menjelaskan bahwa pesantren ialah merupakan lembaga yang paling penting dalam proses penyebaran Islam sebab pesantren ialah merupakan tempat pembinaan calon guru-guru agama, kiai-kiai, ataupun ulama-ulama.

5. Ajaran Tasawuf
Teori ini menjelaskan bahwa ajaran Tasawuf ialah merupakan ajaran ketuhanan yang bercampur dengan mistik atau unsur-unsur magis. Ajaran Tasawuf masuk ke Indonesia pada abad ke-13, ajaran Tasawuf tersebut banyak yang dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India pada masa itu.

6. Kesenian
Teori ini menjelaskan bahwa banyak ulama yang menyebarkan ajaran Islam dengan melalui kesenian yang berkembang di masyarakat, termasuk di antaranya ialah Wali Sanga.

7. Politik
Teori ini menjelaskan bahwa penyebaran Agama Islam tak terlepas dari dukungan yang kuat dari para raja ataupun sultan. Di Jawa, Kesultanan Demak ialah merupakan pusat dakwah dan juga pelindung bagi perkembangan Islam.

Demikian penjelasan mengenai WAKTU DAN CARA PENYEBARAN ISLAM KE INDONESIA, semoga dapat bermanfaat.

1 Response to "Waktu Dan Cara Penyebaran ISLAM Ke Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel