Hormon Saat Proses Melahirkan

Dalam sebulan ovarium melakukan sekali ovulasi, yakni pengeluaran sel telur yang berbentuk oosit skunder. Dan sel telur ini sudah siap dibuahi sperma. Peleburan antara sel telur dengan sperma disebut pula dengan pembuahan atau fertilisasi. Dan fertilisasi ini terjadi di dalam tuba fallopii dan pula menghasilkan zigot, lalu mengakibatkan zigot akan mengalami pembelahan sel secara berulang-ulang.

Hormon Saat Proses Melahirkan


Pada saat usia kehamilan mencapai 38 minggu, bayi sudah siap dilahirkan. Dan proses persalinan akan diawali oleh kontraksi uterus yang dipengaruhi oleh hormon-hormon berikut ini:
  • Estrogen dihasilkan oleh plasenta
  • Prostaglandin dihasilkan oleh membran pada janin
  • Oksitosin dihasilkan oleh hipofisis ibu serta janin

Selain dari ketiga hormon itu, korpus luteum pada ovarium pula akan menghasilkan hormone relaksin. Hormon itu berfungsi untuk melunakkan serviks dan melonggarkan tulang panggul. Maka dengan adanya perubahan hormonal dan kontraksi otot akan mengakibatkan serviks membuka. Setelah selaput amnion pecah dan cairan didalamnya kelua, maka akan tak lama lagi bayi akan segera lahir.

Hal ini Mengakibatkan setelah bayi lahir, ASI biasanya akan sudah mulai diproduksi didalam kelenjar payudara. Dan pertumbuhan awal payudara akan dipangaruhi oleh hormon memmotropin. Dan hormon merupakan hasil dari oleh hipofisis ibu serta plasenta janin.

Plasenta pula akan menghasilkan hormone estrogen dan progesterone. Hormon estrogen dan progesteron akan memengaruhi perkembangan fisik kelenjar payudara. Sedangkan hormon lain yang memengaruhi sekresi ASI yakni ialah prolaktin, dan hormon ini dihasilkan oleh hipofisis. Dan hormon prolaktin berguna sebagai alat untuk meningkatkan sekresi ASI pada hari minggu kelima kehamilan hingga kelahiran sang bayi.

Dan ASI yang dikeluarkan oleh ibu biasanya pertama kali berwarna kekuningan yang sering disebut juga dengan kolostrum. Sedangkan kolostrum mengandung zat antibody dan protein yang tinggi.

Sedangkan ASI sendiri memang lebih unggul jika dibandingkan dengan susu formula. Berikut ialah keunggulan ASI dibadingkan dengan susu formula, dan berikut keuggulan ASI ialah sebagai berikut:
  • ASI lebih bebes dari kontaminasi bakteri
  • ASI mengandung antibody
  • ASI mengandung nutrisi yang sangat lengkap
  • Dan yang terakhir ASI mengandung enzim lipase untuk mempermudah penyerapan sari makanan
Demikian penjelasan mengenai HORMON SAAT PROSES MELAHIRKAN, semoga bisa bermanfaat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel