Membahas Materi Pengertian Struktur Modal Beserta Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Terlengkap

Membahas Materi Pengertian Struktur Modal Beserta Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Terlengkap - pembagian keuangan antara utang jangka pendek, utang jangka panjang dan modal sendiri untuk menjalankan kegiatan perusahaan. Baik buruknya susunan modal dapat mengimbuhkan pengaruh langsung pada posisi finansial perusahaan.





Pengertian Struktur Modal Menurut Para Ahli

Halim (2007:78)
Menurut Halim, Struktur Modal adalah perimbangan kuantitas utang jangka pendek yang berbentuk tetap, hutang jangka panjang, saham preferen dan saham biasa.

Raharja Putra (2009:212)
Menurut Raharja Putra, Struktur Modal adalah campuran pada utang jangka panjang dan ekuitas, dalam rangka mendanai investasi perusahaan (operating assets).

Sawir (2008:10)
Menurut Sawir, Struktur Modal adalah pendanaan permanen yang terdiri dari utang jangka panjang, saham preferen, dan modal pemegang saham.

Rodoni dan Ali (2010)
Menurut Rodoni dan Ali, Struktur Modal adalah proporsi dalam pilih pemenuhan keperluan belanja perusahaan di mana dana yang diperoleh pakai gabungan atau gabungan sumber yang berasal dari dana jangka panjang yang terdiri dari dua sumber utama yaitu yang berasal dari dalam dan luar perusahaan.


Komponen Struktur Modal

Komponen struktur modal yaitu modal asing dan modal sendiri.

1. Modal Asing
Modal asing atau utang adalah modal yang berasal dari luar perusahaan yang berwujud selagi bekerja di didalam perusahaan dan bagi perusahaan yang mengenai modal tersebut merupakan utang yang mesti dibayar kembali. Modal asing atau utang terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya yaitu:

a. Utang jangka pendek (Short-term Debt)
Utang jangka pendek adalah modal asing yang jangka waktunya paling lama satu tahun. Sebagian besar utang jangka pendek terdiri dari kredit perdagangan yaitu kredit yang diperlukan untuk dapat menyelenggarakan usahanya.

b. Utang jangka menengah (Intermediate-term Debt)
Utang jangka menengah adalah utang yang jangka waktunya adalah lebih dari satu tahun atau kurang dari 10 tahun.

c. Utang jangka panjang (Long-term Debt)
Utang jangka panjang adalah utang yang jangka waktunya adalah panjang, terhadap kebanyakan lebih dari 10 tahun.

2. Modal Sendiri
Modal sendiri atau ekuitas adalah modal yang berasal dari pemilik perusahaan dan yang tertanam didalam perusahaan untuk selagi yang tidak khusus lamanya. Modal sendiri diharapkan senantiasa berada didalam perusahaan untuk jangka selagi yang tidak terbatas namun modal utang punya jatuh tempo. Jenis modal sendiri diantaranya modal saham, cadangan dan laba ditahan.


Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal

Struktur modal yang optimal yaitu susunan modal yang dapat meminimalkan ongkos penggunaan modal total atau ongkos modal rata-rata, agar dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Ada 4 (empat) aspek yang mempengaruhi susunan modal, diantaranya yaitu:

a. Risiko bisnis
Tingkat risiko yang tersedia di dalam operasi perusahaan kalau ia tidak menggunakan utang. Makin besar risiko usaha perusahaan, maka tambah rendah rasio pinjaman yang optimal.

b. Posisi pajak perusahaan
Alasan utama menggunakan pinjaman yaitu sebab ongkos bunga dapat dikurangkan di dalam perhitungan pajak, agar turunkan ongkos pinjaman yang sesungguhnya.

c. Fleksibilitas keuangan
Kemampuan menaikkan modal bersama beberapa syarat yang wajar di dalam suasana yang memburuk. Para manajer dana perusahaan mengetahui bahwa penyedia modal yang mantap diperlukan untuk operasi yang stabil, ini merupakan aspek yang terlalu pilih keberhasilan jangka panjang.

d. Konservatisme atau agresivitas manajemen
Sebagian manajemen lebih agresif berasal dari yang lainnya, agar lebih dari satu perusahaan lebih cenderung menggunakan pinjaman untuk menaikkan laba. Faktor ini tidak mempengaruhi susunan modal yang optimal atau memaksimalkan nilai, tetapi dapat mempengaruhi susunan modal yang ditargetkan dan ditetapkan manajer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel