Materi Pembahasan Pengertian Teks Rekaman Percobaan Beserta Struktur, Ciri Kebahasaan dan Contoh Teks Rekaman Percobaan Terlengkap

Materi Pembahasan Pengertian Teks Rekaman Percobaan Beserta Struktur, Ciri Kebahasaan dan Contoh Teks Rekaman Percobaan Terlengkap - Teks Rekaman Percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang ditunaikan oleh penulis. Fungsi teks rekaman percobaan ini yakni untuk melaksanakan percobaan, karya ilmiah, pembuatan sesuatu dan lain sebagainya.

Materi Pembahasan Pengertian Teks Rekaman Percobaan Beserta Struktur, Ciri Kebahasaan dan Contoh Teks Rekaman Percobaan Terlengkap


Tujuan teks rekaman percobaan dibikin yakni untuk melengkapi proses yang ditunaikan di dalam suatu penelitian yang berdasarkan terhadap pengetahuan pengetahuan.


Struktur Teks Rekaman Percobaan

Secara umum, tersedia 5 struktur utama yang menyusun suatu teks rekaman percobaan, hampir mirip dengan teks prosedur tetapi tersedia perbedaan antara teks rekaman percobaan dan teks prosedur yakni teks rekaman percobaan punya hasil dan simpulan sedangkan teks prosedur tidak. Struktur teks rekaman percobaan yaitu:
  • Tujuan Percobaan
  • Alat dan bahan
  • Langkah-langkah
  • Hasil Percobaan
  • Simpulan

Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan

Ciri kebahasaan atau unsur kebahasaan teks rekaman percobaan yaitu:
  • Penggunaan sinonim dan Antonim
  • Penggunaan kata-kata Kompleks/Kalimat Majemuk
  • Penggunaan kata Hubung
  • Penggunaan kata rujukan
  • Penggunaan arti teknis
  • Penggunaan kata-kata perintah
  • Penggunaan kata bilangan


Contoh Teks Rekaman Percobaan

Ada banyak teks rekaman percobaan layaknya teks rekaman percobaan tentang membuat kerajinan (seperti: lampion, dll), teks rekaman percobaan tentang makanan (seperti membuat es krim, dll).

1. Teks Rekaman Percobaan Tentang Membuat Kerajinan: Cara Membuat Lampion

Tujuan:
  • Membuat lentera benang adalah kerajinan buatan tangan yang sanggup dibikin dengan mudah. Ini sanggup digunakan untuk mengisi selagi luang Anda tapi sanggup terhitung dijadikan kesempatan usaha yang menjanjikan.
  • Benang lampu adalah lampu yang dibikin dengan pakai benang atau tali yang dibentuk sebagai area lentera bolam. Lentera model ini benar-benar banyak dibikin dikarenakan mempunyai wujud dan cost yang unik untuk membuatnya relatif murah.

Alat dan bahan:
  1. Balon karet digunakan untuk membuat wujud lentera.
  2. Benang warna yang sanggup digunakan sebagai bahan utama membuat lentera.
  3. Perekat kayu digunakan untuk menempelkan benang ke di dalam balon karet.
  4. Kain flanel yang akan digunakan untuk menghias lentera sehingga lebih indah.
  5. Sikat untuk menunjang mengoleskan lem terhadap balon.
  6. Gunting untuk membentuk dan merapikan wujud lentera.
  7. Bola lampu sanggup digunakan sebagai sumber lampu lentera benang.

Langkah-langkah:
  1. Ambil balon karet siap, tiup atau pompa hingga ukuran yang diinginkan. Usahakan tidak benar-benar besar dikarenakan akan membutuhkan lebih banyak material dan waktu.
  2. Masukkan lem kayu ke di dalam wadah pencampur dengan sedikit air untuk membuat lem sedikit lebih encer.
  3. Jangan benar-benar encer dikarenakan akan lama kering sekaligus kurangi perekat.
  4. Setelah lem dicampur dengan air, pakai sikat untuk melapisi semua permukaan balon dengan lem, hal ini dikerjakan sehingga benang sanggup menempel terhadap balon.
  5. Setelah semua permukaan balon dilapisi dengan lem, bungkus benang ke di dalam balon secara acak.
  6. Bila gulungan benang muncul rata dan tebal, pakai ulang semua permukaan dengan pakai lem dan bungkus benang ulang ke balon. ulangilah langkah ini hingga tingkat ketebalan balon yang anda inginkan. Yang mesti diperhatikan yakni celah gulungan benang terhadap balon dikarenakan itu akan pilih sinar yang muncul berasal dari lampu dan bagian untuk memasukan bola lampunya.
  7. Setelah selesai bungkus semua permukaan benang dengan lem. Tunggu lem hingga kering, langkah lainnya sanggup dengan menggantung balon tapi menjauhkan panas matahari dikarenakan dikhawatirkan balon akan meledak.
  8. Setelah lem benar-benar kering,  balon dipecahkan.
  9. Terakhir pasangkan lampion yang udah dibikin dengan bola lampu yang disiapkan.
  10. Agar lentera benang muncul makin lama menarik, lampion sanggup dihias dengan flanel dan membuat cii-ciri lucu yang disukai.

Hasil:
Dengan bahan simple kita sanggup sebabkan lentera yang miliki nilai artistik tinggi. Selain itu, objek ini termasuk terlampau bermanfaat untuk digunakan di dalam kehidupan sehari-hari

Kesimpulan:
Selain sanggup menghasilkan kerajinan dan nilai jual yang berguna, sebabkan kerajinan lentera bersama pakai benang ini termasuk sanggup mengasah kreativitas seseorang.

2. Teks Rekaman Percobaan Tentang Makanan: Cara Membuat Es Krim

Tujuan:

Sebenarnya banyak es krim tidak mahal yang dijual di supermarket, tapi tersedia apa bersama kita coba sebabkan es krim sendiri, rasanya lebih enak.

Alat dan bahan:
  1. Es batu
  2. Susu cair coklat
  3. Garam
  4. 2 kantong plastik kemasan ukuran berbeda: 1 kantong plastik kecil dan 1 kantong plastik dua kali ukuran kantong plastik pertama

Langkah-langkah:
  • Tuangkan susu cair ke di dalam kantong plastik kecil,  selanjutnya tutup rapat
  • Masukkan es batu dan garam ke di dalam kantong besar kantong plastik
  • Masukkan kantong plastik kecil memuat susu cair ke di dalam kantong plastik besar
  • Lalu kocok selama sebagian menit
Hasil:
Setelah seluruh cara diatas telah dilakukan, maka cairan susu dapat beralih menjadi padat dan itulah yang dapat dinikmati.

Kesimpulan:
Setelah mencoba, ternyata sebabkan es krim tidak terlampau sulit dan mahal. Selain itu, kita sanggup isikan kala luang bersama sebabkan es krim lezat di rumah.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel