Penjelasan Pengertian Inkaso Beserta Warkat, Jenis, dan Keuntungan Inkaso Terlengkap

Penjelasan Pengertian Inkaso Beserta Warkat, Jenis, dan Keuntungan Inkaso Terlengkap - Inkaso yaitu produk berbentuk sarana bank tabg berfungsi untuk penagihan pembayaran atas surat atau dokumen berharga kepada pihak ketiga di tempat atau kota lain di di dalam negeri. Surat atau dokumen berharga yang dapat diproses yakni layaknya wesel, cek, bilyet giro, kuitansi, surat promes/aksep dan hadiah undian.

Penjelasan Pengertian Inkaso Beserta Warkat, Jenis, dan Keuntungan Inkaso Terlengkap

Transaksi inkaso bertujuan untuk penagihan cek/BG dari suatu bank yang tersedia di lokasi kliring atau kota khusus kepada bank penerbit yang berasa di kota atau lokasi kliring yang berbeda.

Proses inkaso perlu media berbentuk warkat yang diinkasokan layaknya cek, bilyet giro, pos biasa ataupun faximile dan teleks. Dengan pakai media tersebut bakal mengundang ongkos dan ongkos tersebut dibebankan kepada pihak ketiga yang beri tambahan amanat.

Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli

Dr. Thomas Suyatno dkk (2007)
Menurut Dr. Thomas Suyatno dkk, Inkaso adalagh bantuan kuasa kepada bank oleh perorangan atau perusahaan untuk menagihkan atau meminta akseptasi(persetujuan pembayaran) atau menyerahkan begitu saja kepada pihak tertarik atas surat berharga berbentuk rupiah maupun valas layaknya wesel, cek, promissory note dan lain sebagaunya di tempat lain baikdi di dalam negeri ataupun luar negeri.

Lukman Dendawijaya (2001)
Menurut Lukman Dendawijaya, Inkaso adalah salah satu jasa yang diberikan oleh bank atas keinginan nasabah untuk jalankan penagihan pembayaran atas dokumen atau surat berharga kepada pihak ketiga di lokasi lain, dapat cabang bank yang bersangkutan atau apalagi terhadap bank yang lain.

Warkat Inkaso
Tidak semua warkat yang diterbitkan bank dapat dimasukkan di dalam aktivitas inkaso. Terdapat 2 tipe atau grup warkat yang diinkasokan, yaitu:

a. Inkaso bersama warkat tanpa lampiran yakni warkat inkaso yang digunakan dikala jalankan inkaso bersama tidak sertakan dokumen apapun. Contohnya layaknya cek dan bilyet giro.

b. Inkaso bersama warkat berlampiran yakni warkat yang inkasonya mesti dilampirkan dokumen pelengkap atau dokumen pendukung. Contohnya layaknya kwitansi, faktur dan polis asuransi.

Jenis Inkaso

Jika diamati dari selanjutnya lintas dananya, inkaso dibedakan jadi 2 yakni inkaso muncul dan inkaso masuk.

a. Inkaso Keluar
Inkaso muncul adalah inkaso atau instruksi nasabah agara jalankan penagihan kepada pihak ketiga baik di cabang sendiri ataupun bank luar kota. Inkaso ini dibayarkan atau dikreditkan ke rekening pemberi amanat di bank pemrakarsa setelah inkaso berhasil ditagih.

b. Inkaso Masuk
Inkaso masuk adalah inkaso atau tagihan masuk atas beban rekening (warkat yang diterbitkan) nasabah sendiri yang hasilnya bakal dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk keuntungan pihak ketiga.

Keuntungan Inkaso

Dengan pakai jasa inkaso, nasabah punya banyak keuntungan untuk menagihkan warkat yang dimilikinya. Adapun keuntungan inkaso yaitu:

a. Lebih Hemat Biaya
Apabila nasabah menagihkan sendiri warkat tersebut, terkecuali berada di luar negeri maka bakal memakan ongkos yang benar-benar besar. Dengan pakai jasa inkaso, ongkos yang dikeluarkan bakal lebih kecil terkecuali dibandingkan bersama ditagih sendiri.

b. Lebih Hemat Waktu
Selain perlu ongkos yang mahal, menagihsendiri termasuk perlu sementara yang lebih lama. Dengan pakai inkaso, maka bakal lebih menghemat waktu.

c. Terhindar dari efek kehilangan
Dengan pakai jasa inkaso, nasabah bakal terhindar dari segala efek termasuk mungkin kehilangan layaknya perampokan atau kehilangan bersama dikarenakan lainnya.

Demikianlah Penjelasan Pengertian Inkaso Beserta Warkat, Jenis, dan Keuntungan Inkaso Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Pengertian Inkaso Beserta Warkat, Jenis, dan Keuntungan Inkaso Terlengkap"

Posting Komentar