Penjelasan Materi Recount Text Beserta Contoh Teks dan Soal Latihannya Terlengkap

Penjelasan Materi Recount Text beserta Contoh Teks dan Soal Latihannya Terlengkap - Pada kesempatan kali ini kita dapat mengkaji berkenaan materi Recount Text, yang mana adalah keliru satu genre dari teks bhs Inggris. Pada materi ini kita dapat mengkaji pengertian, generic structure dan ciri - ciri dari Recount Text.
Sangat penting untuk menyadari seluruh seluk beluk dari Recount text supaya kita dapat menyadari betul dan tidak terjadi kesalah pahaman lagi. baiklah mari kita segera saja untuk mengawali materi:

Penjelasan Materi Recount Text Beserta Contoh Teks dan Soal Latihannya Terlengkap

Apa itu Recount Text?
Kata 'Recount menurut kamus google sendiri adalah menceritakan. Jadi Recount text dapat diambil kesimpulan sebagai 'Text yang menceritakan'

Maka Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan ulang moment atau kesibukan yang terjadi di era lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita bisa saja pernah mendengar di awalnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita. Nah, target dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau berikan informasi kepada pembaca.

Generic Structure dari Recount Text
Generic structure atau susunan kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yakni :
  • Orientation
    Bagian Orientation merupakan anggota pendahuluan atau perkenalan dari text yang dapat dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana area moment terjadi, dan kala terjadinya peristiwa.
  • Events
    Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada anggota ini kita menceritakan seluruh yang terjadi secara berurutan dari awal  hingga selesai
  • Re-orientation
    Bagian Re-orientation memuat analisis dari mengisi cerita, atau dapat juga merupakan pendapat spesifik dari si pencerita. Re-orientation ini dapat disebut juga akhir atau penutup dari cerita.
Ciri-Ciri Recount Text
  • Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya cuma dapat menceritakan seluruh liburan kala berada di bali
  • Menceritakan moment yang telah terjadi di era lampau. Maka Recount text selalu mengfungsikan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.
  • Semua berkenaan yang di ceritakan kudu secara berurutan. Jadi, kudu kenakan kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.

Dibawah ini adalah misal dari Recount Text:

Materi Recount Text, beserta Contoh Teks dan Soal Latihan
Vacation to Santolo Beach
          When Idul Fitri holiday, after visiting my parent at Pameungpeuk, Garut, I plus my family went to Santolo Beach to refresh our mind after the long time of work. It's rarely to take a vacation because I'm very busy.

          The way to Santolo beach is quite good, plus the view is really beautiful. On our left plus right is full of rice fields plus many coconut trees along the way. But when we nearly arrived, there was a long traffic jam so we hardly to get in into the beach. I guess this was because of the Idul Fitri holiday, so people want to go to beach too. Then we just take a walk to the beach because it was not far. Fortunately the weather was not too hot on that day.
          After we arrived, the beach was so crowded. But we still enjoyed the time by took pictures, swimming, playing sand, plus go around the beach by boat. We stay overnight in the inn that we have rent before.

          We got up so early in the morning that we could santai sunrise landscape at the beach. My cousin playing with white sand plus I took a picture of him.
          A day at Santolo beach felt so short, we were quite tired for playing a whole day, but we were very happy.

Terjemahannya:

Liburan ke Pantai Santolo

          Ketika libur lebaran, sehabis mengunjungi orang tua aku di Pameungpeuk, Garut, aku dan keluarga aku pergi ke Pantai Santolo untuk berikan kesegaran anggapan kita sehabis lama bekerja. Ini jarang untuk berlibur dikarenakan aku terlalu sibuk.

          Jalan ke Pantai Santolo pantai lumayan bagus, dan pemandangan terlalu indah. Pada kiri dan kanan kita penuh sawah dan pohon kelapa banyak di sepanjang jalan. Tapi kala kita hampir tiba, ada kemacetan panjang supaya kita hampir tidak dapat masuk ke pantai. Saya kira ini adalah dikarenakan libur lebaran, supaya orang-orang ingin pergi ke pantai juga. Akhirnya kita terjadi ke pantai Karena itu tidak jauh. Untungnya cuaca tidak terlalu panas pada hari itu.

          Setelah kita tiba, pantai itu begitu penuh sesak. Tapi kita selalu nikmati kala dengan mengambil alih gambar, berenang, bermain pasir, dan pergi di kurang lebih pantai dengan perahu. Kami menginap di penginapan yang kita memiliki sewa sebelumnya.
          Kami bangun pagi supaya kita dapat nikmati pemandangan matahari terbit di pantai. Sepupu aku bermain dengan pasir putih dan aku mengambil alih foto dirinya.
          Sehari di pantai Santolo rasanya begitu singkat, kita lumayan letih untuk bermain sepanjang hari, tapi kita terlalu senang.

Penjelasan:
  • Paragraf pertama adalah Orientation. Pada anggota ini penulis coba mengenalkan siapa saja pelaku dalam cerita, area dimana mereka berada, dan apa yang dapat mereka lakukan.
  • Paragraf kedua, ketiga, dan keempat adalah Events. Tiga paragraf ini memuat urutan berkenaan yang mereka alami sepanjang berada di pantai santolo.
  • Paragraf keempat memuat Re-orientation. Paragraf ini memuat penutup. Penulis menuliskan analisis dari perjalanan mereka dan menjelaskan meskipun mereka letih tapi mereka menjadi senang.
  • Setelah mempelajari Recount text silahkan memperluas wawasan kalian dengan menisi soal latihan, silahkan untuk mengunduhnya di link di bawah ini:
Download Soal Latihan Bahasa Inggris Recount Text

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Penjelasan Materi Recount Text Beserta Contoh Teks dan Soal Latihannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Penjelasan Materi Recount Text Beserta Contoh Teks dan Soal Latihannya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel