Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap

Teks cerita sejarah yakni teks yang menyebutkan dan menceritakan mengenai fakta dan perihal masa selanjutnya yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang punyai nilai sejarah.

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap


Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah
Adapun ciri-ciri dari teks cerita sejarah yaitu:
  • Disajikan secara alur atau alur momen atau alur kejadian.
  • Bentuk teks cerita ulang (recount)
  • Struktur teks terdiri dari  orientasi, alur peristiwa, reorientasi.
  • Sering gunakan konjungsi temporal.
  • Isinya berbentuk fakta.
Struktur Teks Cerita Sejarah
Adapun struktur teks cerita sejarah yaitu:
  • a. Orientasi, yakni bagian yang berisi perihal pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
  • b. Urutan Peristiwa, yakni bagian yang berisi perihal rekaman momen sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan didalam alur kronologis.
  • c. Reorientasi, yakni bagian berisi komentar pribadi penulis perihal momen atau perihal sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah permintaan penulis teks cerita sejarah tersebut
Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah
Adapun ciri kaidah kebahasaan dari teks cerita sejarah yaitu:

a. Pronomina atau kata ganti, yakni kata yang digunakan untuk menukar benda dan menamai seseorang atau suatu hal secara tidak langsung.
b. Frasa Adverbial, yakni kata yang menunjukan perihal atau peristiwa, waktu, dan tempat.
c. Verba Material, yakni kata yang berfaedah perlihatkan kesibukan yang ditunaikan partisipan, menunjukan kelakuan fisik atau peristiwa, contohnya menulis, mengepel, menyapu.
d. Konjungsi Temporal atau kata hubung waktu, yakni kata hubung yang berfaedah menata alur momen yang diceritakan. Umumnya banyak gunakan kata penghubung temporal.

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah
Adapun jenis-jenis teks sejarah yakni teks sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi.

Teks Cerita Sejarah Fiksi
  • Novel yakni karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, umumnya didalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis
  • Cerpen yakni cerita pendek berbentuk prosa naratif fiktif. Cerpen condong padat dan langsung pada obyek dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang umumnya cukup panjang.
  • Legenda yakni cerita prosa rakyat yang dianggap oleh lebih dari satu orang adalah suatu hal yang amat terjadi.
  • Roman yakni jenis karya sastra berbentuk prosa yang melukiskan kelakuan pelaku menurut watak dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga kisah percintaan.

Teks Cerita Sejarah Non Fiksi
  • Biografi yakni info kehidupan seseorang yang ditulis orang lain.
  • Autobiografi yakni kisah atau info hidup yang ditulis orang itu sendiri.
  • Cerita Perjalanan yakni teks yang menceritakan perihal perjalanan.
  • Catatan Sejarah yakni teks yang menceritakan fakta atau perihal masa lantas yang jadi latar belakang suatu hal memiliki nilai sejarah.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya
Berikut ini semisal teks cerita sejarah beserta strukturnya:

Sejarah Instagram


Orientasi
Instagram adalah sebuah aplikasi share foto yang amat mungkin pengguna mengambil alih foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke beraneka sarana jejaring sosial, juga punya Instagram sendiri.

Kata “insta” berasal dari kata “instan”, layaknya kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang langkah kerjanya untuk mengirimkan Info kepada orang lain dengan cepat

Urutan Peristiwa


Perusahaan Burbn, Inc. berdiri terhadap th. 2010, perusahaan teknologi startup yang cuma berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telpon genggam. Pada mulanya Burbn, Inc. sendiri punyai fokus yang benar-benar banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memastikan untuk lebih fokus terhadap satu hal saja.

Setelah satu minggu mereka mencoba untuk memicu sebuah gagasan yang bagus, terhadap kelanjutannya mereka memicu sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih tersedia sebagian hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang telah final, aplikasi yang telah sanggup digunakan iPhone yang isinya benar-benar banyak dengan fitur-fitur.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai kembali dari awal, namun kelanjutannya mereka cuma memfokuskan terhadap anggota foto, komentar, dan terhitung kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang kelanjutannya jadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram dapat disita alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam wujud tunai dan saham.

Reorientasi

Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang membawa akun instagram karena semakin populer nya aplikasi ini. Dengan instagram kami sanggup memandang kegiatan teman-teman kami lewat foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel