Pengertian IP Address Beserta Fungsi dan Kelas IP Address pada Jaringan Komputer Terlengkap

Pengertian IP Address Beserta Fungsi dan Kelas IP Address pada Jaringan Komputer Terlengkap - Bagi mereka yang tengah berkonsentrasi terhadap bidang jaringan computer atau dunia internet tentu akan sering mendengar dan berinteraksi bersama yang namanya IP Address. Jaringan computer adalah suatu wujud jaringan telekomunikasi yang saling dihubungkan terhadap beberapa computer bersama target supaya sanggup saling berinteraksi dan saling ganti – mengambil alih data.

Pengertian IP Address Beserta Fungsi dan Kelas IP Address pada Jaringan Komputer Terlengkap

Pada biasanya semua jaringan computer didesain bersama style client server. Terdapat computer yang bertugas sebagai server dan beberapa computer yang bertindak sebagai client atau anggota. Penggunaan IP Address dalam perihal ini adalah sebagai identitas berasal dari masing – masing computer baik yang bertindak sebagai server maupun sebagai client. Sama halnya dalam kegiatan internet, pemakaian IP Address terhitung sebagai penamaan atau identitas berasal dari masing – masing computer host.

Pada dasar nya IP Address berbentuk gabungan angka dalam digit tertentu dan dipisah oleh titik. Untuk sanggup pilih pemakaian IP Address terhadap masing – masing computer sudah pasti terhitung perlu dasar – dasar pengetahuan dan pemahaman yang mendalam. Meskipun membaca pedoman tetapi tanpa adanya pemahaman tentu tiap tiap orang akan ada masalah untuk mengimplementasikan IP Address. Oleh sebab itu kita akan mendefinisikan dan menjelaskan secara detail pengertian IP Address dan fungsinya kepada anda. Selain itu anda terhitung akan tahu kelas – kelas yang ada dalam IP Address

Pengertian IP Address

Pada dasarnya Internet Protocol Address atau biasa disebut IP Address merupakan suatu deretan angka biner yang disusun dengan kisaran pada 32 bit sampai dengan 128 bit dan digunakan sebagai alamat identifikasi pada masing – masing komputer. Dalam pengetahuan jaringan pc pemanfaatan angka dengan 32 bit dipakai pada IP Address tertentu versi IPv4 sedang untuk angka 128 bit untuk yang versi IPv6.

Hadirnya versi IPv6 untuk mengantisipasi terkecuali IPv4 udah kehabisan daya tampung mengingat kemajuan teknologi yang sudah pasti mendorong terhitung makin lama berkurangnya persediaan IP Address untuk semua dunia. Semakin tinggi bit pada IP Address komputer anda sudah pasti akan menghadirkan koneksi yang lebih cepat tentunya.

Selain IP Address, di dalam jaringan komputer terhitung dikenal arti DNS Server dan DHCP Server. Ketiga arti berperan perlu untuk membantu pemakaian komputer anda di dalam suatu proses jaringan. Biasanya pada DHCP Server client akan menerima pengalamatan IP Address yang udah disetting secara otomatis. Sedangkan untuk DNS Server, pemakaian IP Address untuk mensetting hanya pada Ipv4.

Fungsi IP Address

Setelah sadar definisi dan cara kerja IP Address maka anda termasuk kudu sadar fungsi utamanya. Terdapat 2 fungsi tertentu mengapa kudu memakai IP Address pada proses computer jaringan yakni sebagai alat identifikasi host dan sebagai alamat lokasi jaringan pada setiap komputer. Secara cermat akan dijelaskan dibawah ini :

1. IP Address sebagai alat identifikasi host
Seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya, jikalau computer diibaratkan sebagai manusia maka IP Address akan digunakan sebagai nama atau identitas lebih-lebih dalam semua aktifitas yang berhubungan bersama jaringan. Pada proses jaringan computer dikenal makna host dan pemanfaatan IP Address dimaksudkan untuk mengidentifikasi masing – masing host. Tentu saja tidak boleh ada host yang miliki IP Address sama.

2. IP Address sebagai alamat lokasi jaringan

Selain sebagai identifikasi host pemakaian IP Address juga bertujuan sebagai alamat lokasi jaringan. Maksudnya adalah penamaan IP Address sanggup menambahkan Info berasal dari negara mana pc atau host yang dimaksud. Fungsi ini biasanya ditunaikan terhadap aktivitas gunakan internet sebab dengan IP Address information sanggup sampai terhadap pc yang tepat. Untuk memeriksa IP Address sanggup lewat setting jaringan atau gunakan situs browser.

Kelas terhadap IP address

Seperti yang udah dijelaskan bahwa IP Address terdiri atas dua versi yaitu IPv4 dan IPv6. Namun kudu kamu ketahui bahwa di versi IPv4 saja tersedia setidaknya kekuatan tampung sebanyak kurang lebih 4.294.967.296 host di semua dunia. Dengan jumlah yang terlampau banyak seperti itu maka sudah pasti bakal menyulitkan dari segi pemilihan dan penggunaannya. Oleh karena itu diperlukan terdapatnya penggolongan IP Address jadi lebih dari satu kelas.

Pada dasarnya IP Address terdiri atas 4 oktet, semisal 192.168.1.2, dimana 192 adalah oktet pertama, 168 okter ke-2 dan seterusnya. Nilai berasal dari 1 oktet adalah maksimal 255. Untuk menggolongkan IP Address sebanyak itu maka dibentuk 5 kelas dan terdiri berasal dari kelas A hingga kelas E (kelas D dan E terlalu jarang digunakan). Masing – masing kelas memegang fungsi mutlak dalam proses jaringan komputer. Selain itu dikenal pula makna Network ID (Net ID) dan Host ID yang memang sama juga bersama dengan pemakaian IP Address (kecuali IP Address kelas D dan E).
  • Untuk IP Address kelas A biasa digunakan terhadap proses jaringan skala besar. Bit pertama di awali bersama dengan angka 0. Untuk panjang Network ID adalah 1 oktet sedang panjang Host ID 3 oktet. Jumlah host terhadap kelas A dapat mencapai 16.777.216.
  • Untuk IP Address kelas B umumnya lebih sering digunakan terhadap proses jaringan skala besar dan menengah bersama dengan kekuatan tampung mencapai tidak cukup lebih 65.536 host diseluruh dunia. Panjang Network ID terhadap kelas ini adalah 2 oktet sedang panjang Host ID 2 oktet.
  • Untuk IP Address kelas C biasa digunakan terhadap proses jaringan skala kecil bersama dengan kekuatan tampung hanya 256 host. Untuk panjang Network ID adalah 3 oktet sedang panjang Host ID 1 oktet.
  • Untuk IP Address kelas D digunakan khusus untuk kepentingan multicasting, dimana IP address (host) awal adalah 224.0.0.0 hingga 239.255.255.255. Dalam multicasting termasuk tidak mengenal makna Network ID dan Host ID.
  • Untuk IP Address kelas E dicadangkan hanya untuk kepentingan eksperimental saja, dimana IP address (host) awal adalah 240.0.0.0 hingga 255.255.255.255. Sama halnya bersama dengan Kelas D, IP Address kelas E termasuk tidak mengenal makna Network ID dan Host ID.
Itulah artikel perihal pengertian IP address beserta fungsi dan kelas IP address yang wajib anda ketahui. Dengan artikel diatas, semoga anda jadi lebih menyadari perihal apa itu IP address, kegunaannya untuk apa dan tersedia berapa kelas terhadap IP address.

0 Response to "Pengertian IP Address Beserta Fungsi dan Kelas IP Address pada Jaringan Komputer Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel