Pengertian Hipertensi Beserta Jenis, Faktor Dan Faktor Yang Menyebabkannya Terlengkap

Pengertian Hipertensi Beserta Jenis, Faktor Dan Faktor Yang Menyebabkannya Terlengkap - Hipertensi atau tekanan darah tinggi ialah tekanan darah yang disebabkan oleh penekanan darah terhadap dinding pembuluh darah “arteri” ketika dipompa oleh jantung. Darah dibawa berasal dari jantung menuju ke semua tubuh melalui pembuluh darah. Setiap kali jantung berdetak, jantung akan memompa darah sehingga memunculkan tekanan terhadap setiap pembuluh darah “WHO, 2013”.

Pengertian Hipertensi Beserta Jenis, Faktor Dan Faktor Yang Menyebabkannya Terlengkap


Jenis-Jenis Hipertensi

Menurut Kaplan “2002” dan Udjianti “2010” berdasarkan penyebabnya hipertensi mampu dibagi jadi dua yaitu:
  • Hipertensi Esensial “Idiopatik”
  • Hipertensi esensial “idiopatik” yaitu hipertensi yang belum diketahui pasti penyebabnya yang meliputi 90-95% penderita. Pato genesis hipertensi ensensial diyakini sebagai akibat hubungan berbagai macam aspek baik genetik maupun lingkungan, seperti asupan garam, rutinitas mengonsumsi alkohol, stres, obesitas, kurangnya aktivitas fisik dan mengonsumsi lemak jenuh.

Hipertensi Sekunder
Hipertensi sekunder yaitu hipertensi yang diketahui penyebab spesifiknya. Hipertensi sekunder berlangsung 5-10% penderita “Lilyasari, 2007”. Hipertensi sekunder mampu disebabkan oleh:
  • Penyakit ginjal, merupakan penyebab utama terjadinya hipertensi sekunder. Hipertensi renovaskuler terjalin bersama penyempitan satu atau lebih arteri besar yang secara langsung mempunyai darah ke ginjal. Sekitar 90% lesi arteri renal terhadap klien bersama hipertensi disebabkan oleh aterosklerosis atau fibrous dysplasia “pertumbuhan abnormal jaringan fibrous”.
  • Penyakit endokrin yaitu masalah endokrin yang mampu membuat hipertensi sekunder seperti hipotiroid, hiperkalsemia dan akromegali.
  • Cuartation aorta yaitu penyempitan aorta congenital yang mampu mencegah aliran darah melalui lengkung aorta dan membuat peningkatan tekanan darah diatas tempat kontraksi.
  • Hipertensi terhadap kehamilan, hipertensi yang berlangsung terhadap wanita hamil disebut pereeclampsia. Biasanya hipertensi ini akan ulang normal sehabis persalinan tapi ada pula yang menetap sehabis persalinan terhadap sebagai wanita. Wanita yang pernah menderita preeclampsia lebih berisiko terkena hipertensi terhadap jaman selanjutnya.
  • Kelainan neurologis, contohnya terhadap tumur otak, encephalitis dan masalah psikiatrik.

Faktor Yang Menyebabkan Hipertensi
Menurut WHO “2013” ada tiga aspek yang mampu membuat hipertensi yaitu:

Faktor Perilaku
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan lemak, dan juga kurangnya mengonsumsi buah dan sayuran.
  • Konsumsi alkohol.
  • Kurangnya aktivitas fisik.
Faktor psikis dan stres.
Merokok.

Faktor Ekonomi Dan Sosial
Pendapatan, penghasilan yang cukup mampu menopang seseorang untuk mampu mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu masalah penghasilan dan pekerjaan terhitung mampu mengundang stres yang mampu membuat terjadinya hipertensi.
Pendidikan, pendidikan dan pengetahuan masyarakat yang cukup mampu mencegah terjadinya hipertensi.

Faktor Metabolik
Selain ke-2 aspek diatas ada lebih dari satu aspek metabolik yang mampu menaikkan risiko terkena hipertensi yang mampu membuat penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung stroke dan gagal jantung diantaranya:
  • Usia, tekanan darah meningkat cocok umur, dimulai berasal dari sejak usia 40 tahun.
  • Obesitas.
  • Kadar kolestrol yang tinggi di dalam darah.
  • Diabetes.
  • Genetik.
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Hipertensi Beserta Jenis, Faktor Dan Faktor Yang Menyebabkannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel