Pengertian Harga Diri, Pentingnya, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri Terlengkap

Pengertian Harga Diri, Pentingnya, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri Terlengkap - Harga diri (Self Esteem) yaitu penilaian individu kepada dirinya sendiri bersumber kepercayaan bahwa dirinya sebagai individu yang mampu, penting dan punya nilai yang pengaruhi oleh hasil hubungan bersama orang disekitarnya serta sikap, penerimaan, penghargaan dan perlakuan orang lain terhadap dirinya.

Pengertian Harga Diri, Pentingnya, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri Terlengkap

Pengertian harga diri yang lain yaitu, harga diri adalah evaluasi individu terhadap dirinya sendiri secar rendah dan tinggi. Penilaian selanjutnya muncul dari penghargaan terhadap keberadaan dan keberartian diri mereka. Individu yang memiliki harga diri yang tinggi maka ia dapat menerima dan menghargai dirinya sendiri apa adanya.

Pengertian Harga Diri Menurut Para Ahli

Daradjat (1990:93)
Menurut Daradjat, Harga diri adalah salah satu keperluan basic manusia yang bisa memberi perasaan bahwa dirinya berhasil, bisa dan berfaedah sama sekali ia memiliki kelemahan dan dulu mengalami kegagalan. Kebutuhan dapat harga diri tidak dapat dulu berhenti sehingga mendominasi prilaku individu.

Stuart dan Sundeen (1991)
Menurut Stuart dan Sundeen, Harga Diri (Self esteem) adalah penilaian individu terhadap hasil yang dicapai bersama menganalisa seberapa jauh prilaku mencukupi ideal dirinya.

Gilmore didalam Akhmad Sudrajad

Menurut Gilmore didalam Akhmad Sudrajad, self esteem is a personal judgement of worthiness that is a personal that is expressed in attitude the individual holds toward himself.

Buss (1973)
Menurut Buss, Harga diri (self esteem) adalah penilaian individu terhadap dirinya sendiri, yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan.

Frey & Carlock (1987)

Menurut Frey & Carlock, Harga diri adalah penilaian tinggi atau rendah terhadap diri sendiri yang memperlihatkan sejauh mana individu itu meyakini dirinya sebagai individu yang mampu, penting dan punya nilai yang berpengaruh didalam prilaku seseorang.

Coopersmith (1967)
Menurut Coopersmith, Harga diri adalah evaluasi yang dibikin oleh individu mengenai hal-hal yang berkaitan bersama dirinya yang dilukiskan lewat suatu wujud penilaian sepakat dan memperlihatkan tingkat dimana individu meyakini drinya sebagai individu yang mampu, penting dan berharga.

Pentingnya Harga Diri

Harga diri memegang fungsi penting bagi individu, harga diri sebagai penghargaan terhadap diri maupun lingkungan. Harga diri tidak dapat terbentuk japabila individu tidak sudi menghargai dirinya sendiri. Mereka yang dinilai tidak memiliki harga diri merupakan style orang yang disisihkan didalam pergaulan. Itulah kenapa menghargai diri sendiri jadi salah satu langkah sehingga individu bisa diterima lingkungan.

Harga diri seseorang, tidak dapat terbentuk bila individu selanjutnya tidak dambakan menghargainya. Harga diri bukanlah barang yang bisa dijual ataupun dibeli seperti. Tingginya harga diri seseorang bukan gara-gara dia menjualnya ataupun jikalau harga dirinya rendah gara-gara ditentukan oleh nilai mata uang. Nilai harga diri seseorang di awali bersama bagimana orang selanjutnya menilai dan memperlakukan dirinya sendiri.

Aspek Dan Sumber Harga Diri

Menurut Coopersmith (1967:83), didalam harga diri terdapat 4 segi penting diantaranya yaitu:

a. Power (Kekuasaan)
Kekuasaan yang dimaksud yaitu kekuatan untuk bisa sesuaikan dan mengontrol tingkah laku diri sendiri dan orang lain. Hal selanjutnya ditandai bersama adanya penghargaan dan penerimaan dari orang lain terhadap gagasan dan hak individu tersebut.

b. Significance (Keberartian)
Ini berarti kepedulian, perhatian dan afeksi yang diterima individu dari orang lain, hal selanjutnya merupakan penghargaan dan minat orang lain dan pertanda penerimaan dan popularitasnya. Hal ini ditandai bersama keramahan, ketertarikan dan disukai individu menyukai dirinya.

c. Virtue (Kebajikan)
Ketaatan ikuti kode moral, etika dan komitmen keagamaan yang ditandai oleh ketaatan untuk menjauhi tingkah laku yang dilarang dan laksanakan tingkah laku yang diperbolehkan oleh moral, etika dan agama.

d. Competence (Kemampuan)
Sukses mencukupi tuntutan prestasi yang ditandai bersama kesuksesan individu didalam mengerjakan beragam tugas atau pekerjaan bersama baik dari level yang tinggi dan usia yang berbeda.

Menurut Boeree (2006:277), Sumber utama yang memepengaruhi harga diri seseorang ada dua yaitu:

a. Penghargaan Dari Diri Sendiri
Penghargaan dari diri sendiri yaitu kepercayaan bahwa individu terasa safe bersama suasana dirinya, terasa punya nilai dan kuat. Ketidak mampuan seseorang untuk merasakan harga dirinya menyebabkan dirinya dapat terasa rendah diri, kecil hati, dan tidak berdaya menghadapi kehidupan. Perasaan penghargaan terhadap diri sendiri bisa ditumbuhkan lewat ilmu yang baik mengenai diri dan bisa menilai secara objektif kelebihan maupun kelemahan yang dimiliki.

b. Penghargaan Dari Orang Lain
penghargaan ini dikaitkan bersama penerimaan, perhatian, dan termasuk afeksi yang ditunjukan lingkungan. Jika lingkungan lihat individu beraryi, punya nilai dan bisa meneima individu selanjutnya apa adanya maka hal selanjutnya terlalu mungkin individu untuk bisa menerima dirinya sendiri dan kelanjutannya mendorong individu selanjutnya memiliki harga diri yang tinggi atau positif. Sebaliknya, jikalau lingkungan menampik dan lihat individu selanjutnya tidak berarti maka individu selanjutnya dapat megembangkan penolakan dan mengisolasi diri.

Komponen Harga Diri

Menurut Felker, ada 3 (tiga) komponen harga diri, yaitu:

a. Perasaan Diterima (Felling Of Belonging)
Perasaan individu bahwa dirinya merupakan bagian dari suatu grup dan dirinya diterima layaknya dihargai bagian kelompoknya. Kelompok selanjutnya bisa berbentuk keluarga, teman sebaya atau grup lainnya.

b. Perasaan Mampu (Felling Of Competence)
Perasaan dan kepercayaan individu dapat kekuatan yang ada terhadap dirinya sendiri didalam capai suatu hasil yang dikehendaki bila perasaan seseorang selagi mengalami kesuksesan atau kegagalan.

c. Perasaan Berharga (Felling Of Worth)
Perasaan dimana individu terasa dirinya punya nilai atau tidak, dimana perasaan ini banyak terbujuk pengalaman yang lalu. Perasaan yang dimiliki individu yang sering kali ditampilkan dan berasal dari pertanyaan yang berbentuk privat layaknya pintar, sopan, baik dan lain sebagainya.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri
Menurut Burn (1993), ada 4 segi yang pengaruhi harga diri seseorang, yaitu:

a. Pengalaman
Pengalaman adalah suatu wujud emosi, perasaan, tindakan dan perihal yang dulu dialami oleh individu yang dirasa berarti dan meninggalkan kesan didalam hidupnya.

b. Pola Asuh
Pola asuh adalah sikap orangtua didalam berinteraksi bersama anaknya meliputi langkah orangtua menambahkan aturan, hadiah maupun hukuman, langkah orangtua memperlihatkan otoritasnya dan langkah orangtua menambahkan perhatiannya serta respon terhadap anaknya.

c. Lingkungan
Lingkungan menambahkan efek besar terhadap remaja lewat hubungan baik pada remaja bersama orangtua, teman sebaya dan lingkungan lebih kurang sehingga menumbuhkan rasa safe dan nyaman didalam penerimaan sosial dan harga dirinya.

d. Sosial Ekonomi
Sosial ekonomi adalah suatu yang mendasari perbuatan seseorang untuk mencukupi stimulan sosial yang butuh dukungan finansial yang berpengaruh terhadap keperluan hidup sehari-hari.

Cara Menumbuhkan dan Meningkatkan Harga Diri

Berikut ini lebih dari satu langkah untuk menumbuhkan, merawat dan tingkatkan harga diri seseorang, diantaranya yaitu:
  • Hindari prilaku yang merugikan bagi diri sendiri
  • Jaga nama baik
  • Jangan memperbandingkan diri bersama orang lain
  • Hargai diri sendiri
  • Berpakaian yang sopan dan rapi
  • Hindari orang yang banyak berpikir negatif
  • Fokus terhadap tujuan
  • Selalu bersyukur dan menjauhi pikiran negatif
  • Jalin hubungan baik bersama diri sendiri
  • Jangan menyalahkan orang lain
  • Perbaiki diri
  • Mulai hari bersama senyuman
  • Perluas wawasan
  • Bangun simpati dan empati bersama orang lain
  • Lakukan usaha nyata dan katakan anda bisa dan mampu
  • Dan lain sebagainya
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Harga Diri, Pentingnya, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Harga Diri, Pentingnya, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel