Pengertian Depresi Beserta Jenis, Gejala Dan Cirinya Terlengkap

Pengertian Depresi Beserta Jenis, Gejala Dan Cirinya Terlengkap - Depresi ialah problem suasana emosional individu yang ditandai dengan perasaan sedih, murung, putus asa, tidak percaya diri, jadi bersalah, kehilangan minat, menyendiri dan jadi tidak mempunyai harapan lagi secara berlebihan. Seseorang yang mengalami depresi akan cenderung menginterprestasikan pemikiran negatif terhadap segala sesuatu yang berkunjung di lingkungannya.

Pengertian Depresi Beserta Jenis, Gejala Dan Cirinya Terlengkap

Jenis-Jenis Depresi
Menurut National Institute of Mental Health “NIMH, 2010” Depresi bisa diklasifikasikan jadi dua tipe yaitu:

Major Depressive Disorder “Gangguan Depresi Berat”
Karakteristik dari problem ini adalah ada sebagian tanda-tanda yang mengganggu seseorang untuk bekerja, tidur, belajar, makan dan menikmati aktivitas yang mestinya menyenangkan. Depresi berat merupakan ketidakmampuan seseorang untuk berfaedah secara normal. Depresi berat mungkin cuma berlangsung sekali selama hidup seseorang, tetapi adakalanya hal itu berlangsung berulang kali di dalam hidup seseorang yang lain.

Dysthymic Disorder “Dysthymia”
Ditandai dengan waktu yang lama “dua th. atau lebih” tidak terdapat gejala-gejala yang bisa mengganggu kemampuan seseorang tetapi bisa mengganggu fungsinya secara normal seperti perasaan yang nyaman. Orang dengan dysthymia mungkin juga mengalami sekali atau lebih moment depresi berat selama hidupnya.

Gejala Dan Ciri-Ciri Depresi

Menurut Nevid dkk “2003” depresi mempunyai tanda-tanda dan ciri-ciri sebagai berikut:

Perubahan Kondisi Emosional
Perubahan terhadap suasana mood “periode tetap menerus dari perasaan terpuruk, depresi, sedih atau muram”. Penuh dengan air mata atau menangis dan juga meningkatnya iritabilitas “mudah tersinggung”, kecemasan atau kehilangan kesadaran.

Perubahan Motivasi
Perasaan tidak termotivasi atau mempunyai kesulitan untuk mengawali “kegiatan” di pagi hari atau lebih-lebih sulit bangun dari tempat tidur. Menurunnya tingkat partisipasi sosial atau minat terhadap aktivitas sosial. Kehilangan kenikmatan atau minat di dalam aktivitas yang menyenangkan. Menurunnya minat terhadap seks dan juga gagal untuk merespon terhadap pujian atau reward.

Perubahan Fungsi Dan Perilaku Motorik

Gejala-gejala motorik yang dominan dan penting di dalam depresi adalah retardasi motor yaitu tingkah laku motorik yang berkurang atau lambat, bergerak atau berbicara dengan lebih perlahan dari biasanya. Perubahan di dalam rutinitas tidur “tidur benar-benar banyak atau benar-benar sedikit, bangun lebih awal dari kebanyakan dan jadi kesulitan untuk tidur kembali”.

Perubahan di dalam selera makan “makan benar-benar banyak atau benar-benar sedikit”. Perubahan di dalam berat badan “bertambah atau kehilangan berat badan”. Beraktivitas tidak cukup efektif atau energik dari terhadap biasanya, orang-orang yang menderita depresi sering duduk dengan sikap yang terkulai dan tatapan yang kosong tanpa ekspresi.


Perubahan Kognitif
Kesulitan berkonsentrasi atau berpikir jernih. Berpikir negatif perihal diri sendiri dan era depan. Perasaan bersalah atau menyesal perihal kekeliruan di era lalu. Kurangnya self-esteem atau jadi tidak adekuat. Berpikir kematian atau bunuh diri.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Depresi Beserta Jenis, Gejala Dan Cirinya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel