25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Komitmen Organisasi adalah suatu suasana di mana seorang karyawan memihak pada organisasi khusus serta obyek dan keinginannya untuk menjaga keanggotaan dalam organisasi tersebut
25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap


Selain pengertian diatas, adapula pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli. Berikut selengkapnya:

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli
L. Mathis-John H. Jackson
Menurut L. Mathis-John H. Jackson, Komitmen Organisasi adalah tingkat hingga dimana karyawan percaya dan terima target organisasional, dan juga berkeinginan untuk tinggal bersama dengan atau meninggalkan perusahaan terhadap akhirnya tercermin didalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.

Stephen P. Robbins
Menurut Stephen P. Robbins, Komitmen Organiasasi adalah keterlibatan pekerjaaan yang tinggi berarti memihak terhadap pekerjaan spesifik seseorang individu, sementara komitmen organisasional yang tinggi berarti memihak organisasi yang merekrut individu tersebut.

Cut Zurnali
Menurut Cut Zurnali, didalam bukunya yang berjudul “Learning Organization, Competency, Organizational Commitment, dan Customer Orientation : Knowledge Worker – Kerangka Riset Manajemen Sumberdaya Manusia terhadap Masa Depan ” (2010), ia membuktikan bahwa perhatian umum dan target kunci dari unit organisasi SDM adalah untuk mencari pengukuran yang mampu mengestimasikan secara akurat komitmen para pekerjanya dan mengembangkan program-program dan kegiatan-kegiatan yang menambah komitmen terhadap organisasi.

O’Reilly (1989)
Menurut O’Reilly, Komitmen Organisasi adalah ikatan kejiwaan seseoran terhadap organisasi yang mencakup keterlibatan kerja, kesetiaan dan perasaan percaya terhadap nilai-nilai organisasi.

Fred Luthan (2005)
Menurut Fred Luthan, pengertian komitmen organisasi yaitu:
  • Keinginan kuat untuk selalu sebagai bagian organisasi tertentu;
  • Keinginan untuk mengupayakan keras cocok permintaan organisasi; dan
  • Keyakinan tertentu, dan penerimaan nilai dan target organisasi. Dengan kata lain, ini merupakan sikap yang merefleksikan kesetiaan karyawan terhadap organisasi dan sistem berkelanjutan di mana bagian organisasi mengekspresikan perhatiannya terhadap organisasi dan keberhasilan dan juga kemajuan yang berkelanjutan

Wikipedia
Menurut Wikipedia, Komitmen Organisasi adalah suatu keadaan dimana seorang karyawan memihak organisasi spesifik dan juga tujuan-tujuan dan keinginannya untuk menjaga keanggotaan didalam organisasi tersebut

Cut Zurnali (2010)
Menurut Cut Zurnali, Komitemen Organisasi adalah sebuah keadaan psikologi yang mengkarakteristikkan pertalian karyawan bersama dengan organisasi atau implikasinya yang pengaruhi apakah karyawan akan selalu bertahan didalam organisasi atau tidak, yang teridentifikasi didalam tiga komponen yaitu: komitmen afektif, komitmen kontinu dan komitmen normatif. Definisi komitmen organisasional ini menarik, gara-gara yang dicermati adalah sebuah keadaan psikologi karyawan untuk selalu bertahan didalam organisasi. Dan ini dirasa benar-benar cocok untuk menganalisis komitmen organisasional para karyawan didalam organisasi usaha atau organisasi berorientasi nirlaba.

Lincoln
Menurut Lincoln didalam Bashaw dan Grant (1994), pengertian komitemen organisasi adalah mencakup anggota, kesetiaa bagian dan kemauan bagian terhadap organisasi.

Robbins (1989)
Menurut Robbins, Komitmen Organisasi adalah suatu sikap yang merefleksikan perasaan senang atau tidak senang dari karyawan terhadap organisasi.

Mowday (1992)
Menurut Mowday, Komitmen Organisasi adalah komitmen kerja, ia berpendapat bahwa komitmen merupakan dimensi prilaku manusia yang digunakan untuk menilai kesetiaan karyawan terhadap perusahaannya.

Griffin
Menurut Griffin, Komitmen Organiasasi adalah sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat terhadap organisasinya. Seseorang yang miliki komitmen tinggi terhadap peruasahaan barangkali akan memandang dirinya sebagai bagian sejati didalam organisasi.

McShane dan Von Glinow (2008:119)
Menurut McShane dan Von Glinow, Komitmen Organisasi adalah dampak yang paling kuat, dimana orang mengidentifikasi terhadap permintaan dan benar-benar termotivasi untuk melaksanakannya, lebih-lebih ketika sumber dorongan tidak ulang hadir.

Mathins dan Jackshon (2000)
Menurut Mathins dan Jackshon, Komitmen Organisasi adalah derajat dimana karyawan mempercayai dan terima tujuan-tujuan organisasi dan juga tidak akan meninggalkan organisasi tersebut.

Steers dan Porter (1983:442)
Menurut Steers dan Porter, Komitmen Organisasi adalah suatu sikap dimana individu mengidentifikasikan dirinya terhadap tujuan-tujuan dan harapan-harapan organisasi daerah ia bekerja dan juga mengupayakan memelihara keanggotaan didalam organisasi untuk mewujudkan target organisasi tersebut.

Luthans (2006)
Menurut Luthans, Komitmen Organisasi adalah permintaan kuat untuk selalu sebagai bagian organisasi tertentu, permintaan untuk mengupayakan keras cocok bersama dengan permintaan organisasi dan keyakinan spesifik termasuk penerimaan nilai dan target organisasi.

Greenberg dan Baron (2003:160)
Menurut Greenberg dan Baron, Komitmen Organisasi adalah derajat dimana karyawan terlibat didalam organisasinya dan berkeinginan untuk selalu menjadi anggotanya, dimana didalamnya memiliki kandungan sikap kesetiaan dan kesediaan karyawan untuk bekerja secara maksimal bagi organisasi daerah karyawan selanjutnya bekerja.

Allen dan Meyer
Menurut Allen dan Meyer, Komitmen Organisasi adalah kelekatan emosi, identifikasi dan keterlibatan individu bersama dengan organisasi dan juga permintaan untuk selalu menjadi bagian organisasi.

Robbins dan Judge (2009:100)
Menurut Robbins dan Judge didalam Angelica, Cahyani, dan Rosyid, Komitmen Organisasi adalah suatu keadaan dimana seorang pegawai memihak organisasi tertenu dan juga tujuan-tujuan pegawai selanjutnya dan permintaan untuk menjaga keanggotaan didalam organisasi tersebut.

Zurnali C (2010:127)
Menurut Zurnali C, Komitmen Organisasi adalah sebuah keadaan psikologi yang mengkarakteristikan pertalian karyawan bersama dengan organisasi atau impikasinya yang pengaruhi apakah karyawan akan selalu bertahan didalam organisasi atau tidak, yang teidentifikasi didalam tiga komponen yakni komitmen afektif, komitmen kontinyu, dan komitmen normatif.

Richard M. Steer didalam Sopiah (2008:156)
Menurut Richard M. Steer didalam Sopiah , Komitmen Organisasi adalah rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasional sebagai rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasi), keterlibatan (kesediaan untuk beruasha sebaik mungkn demi keperluan organisasi, dan kesetiaan permintaan untuk selalu menjadi bagian yang bersangkutan) yang dinyatakan oleh seoang karyawan terhadap perusahaannya.

Spector (2000)
Menurut Spector, Komitmen Organiasasi adalah komitmen yang melibatkan keterikatan individu terhadap pekerjaannya.

Mathis dan Jackson (2001)
Menurut Mathis dan Jackson, Komitmen Organisasi adalah tingkat keyakinan dan penerimaan tenaga kerja terhadap target organisasi dan mempunyai permintaan untuk selalu ada didalam organisasi selanjutnya yang terhadap akhirnya tergambar didalam statistik ketidakhardiran dan masuk muncul tenaga kerjanya.

Mowday, Porter dan Steers didalam Luthans (2006)
Menurut Mowday, Porter dan Steers didalam Luthans, Komitmen Organisasi terdiri dari tiga faktor, yakni: permintaan yang kuat untuk selalu menjadi bagian organisasi, kemauan yang besar untuk mengupayakan bagi organisasi dan keyakinan yang kuat dan penerimaan terhadap nilai dan target organisasi.

Dessler didalam Oktorita, Rosyid dan Lestasi (2001)
Menurut Dessler didalam Oktorita, Rosyid dan Lestasi, Komitmen karyawan terhadap perusahaan atau organiasasi adalah pertalian pada karyawan bersama dengan perusahaan/organisasi yang merupakan orientasi karyawan terhadap perusahaan sehingga bersedia menyumbangkan energinya dan mengikatkan diri melalui kesibukan dan keterlibatan didalam perusahaan untuk mencapai target perusahaan.

Salancik (1977)
Menurut Salancik, Komitmen Organisasi adalah keadaan dimana prilaku karyawan menjadi terikat terhadap organisasi dan karyawan miliki keyakinan untuk meneruskan prilaku dan keterlibatannya.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang 25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "25 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel