Pengertian Teks Tantangan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Cara Menyusun dan Contoh Teks Tantangan Lengkap

Pengertian Teks Tantangan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Cara Menyusun dan Contoh Teks Tantangan Lengkap - Teks tantangan adalah teks yg mengandung fakta bantahan terhadap hal-hal yang sedang kontroversial atau hal yg menjadi perdebatan pada masyarakat yang dilengkapi dengan data & jua argumen yang dapat memperkuat bantahan tadi. Tejs tantangan ini berfungsi sebagai sanggahan atau penyangga ketika debat.

Pengertian Teks Tantangan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Cara Menyusun dan Contoh Teks Tantangan Lengkap


Ciri-Ciri Teks Tantangan
Adapun karakteristik-karakteristik teks tantangan yaitu:
Struktur terdiri atas Pengantar (Isu), Argumen (menentang), dan Simpulan atau Saran.
  • Mengandung warta yang memuat bantahan terhadap hal yang sebagai perdebatan pada rakyat disertai menggunakan data-data & argumen buat memperkuat bantahan.
  • Ciri-karakteristik kebahasaan teks tantangan yaitu Kalimat kompleks, istilah hubung, kata rujukan, pilihan istilah.
Struktur Teks Tantangan
Ada 3 struktur yang menciptakan teks tantangan, adapun tiga struktur yang menyusun teks tantangan, diantaranya
  • Pengantar (Isu), ini adalah bagian yang mengandung topik yg akan dibantah.
  • Argumen, ini adalah bagian yang mengandung rangkaian alasan atau bukti menggunakan tujuan mendukung bantahan.
  • Simpulan, ini merupakan bagian yang mengandung pernyataan yg menegaskan bantahan.
Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan
Teks tantangan memiliki 4 kaidah kebahasaan yang wajib  diketahui sebelum menciptakan sebuah teks tantangan ini, adapun kaidah kebahasaan teks tantangan diantaranya yaitu:
  • Kalimat kompleks, yaitu kalimat yg mempunyai lebih dari satu struktur & satu kata kerja.
  • Kata hubung atau konjungsi, yaitu kata berfungsi buat menghubungkan antar kata.
  • Kata acum, yaitu istilah yg memperlihatkan acum sebagai pemberi liputan.
  • Pilihan istilah, ini digunakan supaya gagasan teks dapat disampaikan dengan baik.
Cara Menyusun Teks Tantangan
Berikut ini merupakan cara menyusun teks tantangan diantaranya:

a. Pertama, tentukan tema & judul teks.
B. Selanjutnya, cari asal keterangan yg akan dijadikan bahan pembicaraan.
C. Kemudian, lakukan analisis pada bahan dengan mengolah data atau keterangan sebagai akibatnya menjadi pernyataan berupa:
  • penyusunan kalimat berupa kalimat topik dalam setiap struktur teks.
  • Pengembangan kalimat topik menggunakan kalimat pengembang.
  • Menyusun paragraf sinkron menggunakan struktur.
  • Menyunting kalimat sinkron dengan unsur kebahasaan.
  • Menggabungkan paragraf sebagai teks yang padu.
  • Hasil analisis kemudian menyusun teks menggunakan urutan struktur sehingga menjadi teks tantangan yang utuh.
Contoh Teks Tantangan & Strukturnya
Berikut ini contoh teks tantangan bersama strukturnya:

1. Teks Tantangan Tentang Narkoba

Pengantar (Isu)
Narkoba merupakan suatu bahan aktif yang tersusun berdasarkan beberapa rangkaian dan campuran bahan, campuran bahan yg ada pada narkoba masuk dalam golongan bahan narkotika, psikotropika & bahan adiktif.

Argumen
Banyak yang menyampaikan bahwa narkoba adalah obat yg terlarang & berbahaya bagi kesehatan tubuh, tapi sebenarnya tak selamanya misalnya itu. Narkoba adalah suatu obat yg tak jarang dipakai pada ilmu medis kebutuhan narkoba juga sangat banyak bagia para penderita penyakit.

Tetapi, narkoba yg diberikan dokter pada pasiennya tentulah sinkron menggunakan ilmu medis yang berbasis kesehatan, jadi nir terlalu mempunyai pengaruh samping. Apabila anda menemui banyak sekali pengguna narkoba dijalanan lalu anda melihat pengguna itu gila, berarti itu lantaran penyalahgunaan obatnya.

Simpulan
Narkoba yg seharusnya dipakai sebagai penyembuh penyakit yang harus digunakan menggunakan hati-hati, malahan disalahgunakan. Itulah yg menerima citra buruk pada masyarakat.

2. Teks Tantangan Tentang Lingkungan Sekolah

Kebijakan Sekolah Yang Mengharuskan Melepas Jaket Di Lingkungan Sekolah

Pengantar (Isu)
Saat ini, sekolah semakin ketat dalam menjalankan peraturannya, misalnya saja peraturan terkait melepas jaket pada lingkungan sekolah. Peraturan ini dianggap bisa memangkas masalah kedisiplinan anak didik, terlebih pada hal kelengkapan atribut sekolah. Beberapa sekolah menerapkan peraturan tadi guna mencapai tujuan eksklusif, contohnya buat penilaian adiwiyata, peningkatan akreditasi, dan lain semacamnya. Padahal, suasana pagi hari terkadang sangat dingin, dan terdapat beberapa siswa yg kurang sehat sebagai akibatnya harus memakai jaket waktu bersekolah.

Argumen
Beberapa kalangan, terutama kalangan murid merasa terganggu lantaran kebijakan ini. Peraturan yg lazim diterapkan pada sekolah menengah pertama ini umumnya memicu prasangka jelek & iri di dalam diri siswa. Survey sederhana menampakan bahwa 65% anak didik merasa peraturan ini diterapkan tidak sebagaimana mestinya. Terkadang guru nir menyelidiki atribut sekolah & membiarkan murid lewat selesainya melepas jaket sebelum memasuki lingkungan sekolah.

Untuk beberapa alasan, memang bukan kasus, tetapi bagi para siswa yang tengah sakit & permanen bersemangat buat hadir di sekolah, hal ini merupakan bentuk pembatasan hak siswa.

Bahkan lebih ironisnya, beberapa anak didik menyampaikan bahwa peraturan ini diberlakukan secara nir adil. Mereka menduga pengajar merupakan seseorang figur yg sebagai teladan bagi mereka, tetapi, tak sedikit oknum pengajar yang tidak memberikan teladan pada anak didik mereka menggunakan tidak menaati anggaran buat melepas jaket saat memasuki lingkungan sekolah. Hal ini akan berujung pada kedengkian pada siswa lantaran aturan tersebut tidak diberlakukan secara menyeluruh.

Kesimpulan
Sebagai jawaban atas masalah tersebut, ketua sekolah atau yang berwenang pada pembuatan peraturan pada sekolah hendaknya mempertimbangkan ulang masak-masak sehubungan dengan peraturan melepas jaket waktu memasuki lingkungan sekolah. Pihak sekolah sebaiknya memikirkan lagi mengenai laba & kerugian menerapkan aturan tadi dan mempertimbangkan apakah menggunakan menerapkan regulasi tadi dapat membawa kemajuan terhadap sekolah.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang  Pengertian Teks Tantangan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Cara Menyusun dan Contoh Teks Tantangan Lengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Teks Tantangan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Cara Menyusun dan Contoh Teks Tantangan Lengkap"

Posting Komentar