Pengertian Lingkungan Kerja Beserta Jenis Dan Manfaatnya terlengkap

Pengertian Lingkungan Kerja Beserta Jenis Dan Manfaatnya terlengkap - Lingkungan kerja ialah sebuah kehidupan sosial, psikologi & fisik di suatu bidang perusahaan yang berpengaruh terhadap pekerja pada melaksanakan tugasnya. Kehidupan insan tidak terlepas dari aneka macam keadaan lingkungan sekitarnya, antara manusia dan lingkungan masih ada interaksi yang sangat erat.

Pengertian Lingkungan Kerja Beserta Jenis Dan Manfaatnya terlengkap

Dalam hal ini, manusia akan selalu berusaha buat beradaptasi menggunakan banyak sekali keadaan lingkungan sekitarnya. Demikian juga halnya saat melakukan pekerjaan, karyawan sebagai manusia tidak bisa dipisahkan dari berbagai keadaan disekitar loka mereka bekerja yaitu lingkungan kerja. Selama melakukan pekerjaan, setiap pegawai akan berinteraksi dengan berbagai kondisi yg masih ada dalam lingkungan kerja.

Jenis Lingkungan Kerja
Secara garis besar , jenis lingkungan kerja terbagi menjadi dua yaitu “Sedarmayanti, 2001:21”:

Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik merupakan semua keadaan berbentuk fisik yg terdapat disekitar loka kerja yg bisa mempengaruhi pegawai secara eksklusif maupun nir pribadi. Lingkungan kerja fisik dapat dibagi sebagai dua kategori yaitu:
  • Lingkungan kerja yg pribadi berhubungan dengan pegawai misalnya sentra kerja, kursi meja & sebagainya.
  • Lingkungan mediator atau lingkungan generik bisa pula dianggap lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi insan contohnya temperatur, kelembaban peredaran udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanik, bau tidak sedap, rona & lain-lain.
  • Untuk bisa memperkecil efek lingkungan fisik terhadap karyawan, maka langkah pertama harus mempelajari manusia, baik mengenai fisik dan tingkah lakunya, lalu dipakai sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik yg sinkron.
Lingkungan Kerja Non Fisik
Lingkungan kerja non fisik artinya seluruh keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik interaksi dengan atasan maupun interaksi dengan sesama rekan kerja ataupun interaksi dengan bawahan.

Perusahaan hendaknya dapat mencerminkan kondisi yang mendukung kolaborasi antar taraf atasan, bawahan juga yg memiliki status yg sama. Kondisi yg hendaknya diciptakan adalah suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik dan pengendalian diri “Nitisemito, 2000:171”, jadi lingkungan kerja non fisik ini pula adalah gerombolan  lingkungan kerja yg nir sanggup diabaikan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Menurut Ishak & Tanjung “2003”, manfaat lingkungan kerja merupakan membangun gairah kerja, sehingga produktivitas & prestasi kerja meningkat. Sementara itu, manfaat yg diperoleh lantaran bekerja menggunakan orang-orang yang termotivasi artinya pekerjaan bisa terselesaikan dengan sempurna, yang artinya pekerjaan diselesaikan sinkron baku yang sahih & dalam skala waktu yg dipengaruhi. Prestasi kerjanya akan dipantau oleh individu yang bersangkutan dan nir akan mengakibatkan terlalu poly supervisi dan semangat juangnya akan tinggi.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Lingkungan Kerja Beserta Jenis Dan Manfaatnya terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Lingkungan Kerja Beserta Jenis Dan Manfaatnya terlengkap"

Posting Komentar