Pengertian Desain Beserta Jenis, Prinsip Dan Manfaatnya Terlengkap

Pengertian Desain Beserta Jenis, Prinsip Dan Manfaatnya Terlengkap - Desain berasal dari bahasa Inggris “design” yang berarti “rancangan, rencana atau reka rupa” dari kata design muncullah kata desain yang berarti mencipta, memikir atau merancang. Desain dapat diartikan sebagai rancangan yang merupakan susunan dari garis, bentuk, ukuran, warna serta value dan benda yang dibuat berdasarkan prinsip-prinsip desain “kata benda”. Desain dapat diartikan sebagai proses perencanaan bentuk dengan tujuan supaya benda yang dirancang, mempunyai fungsi atau berguna serta mempunyai nilai keindahan.

Pengertian Desain Beserta Jenis, Prinsip Dan Manfaatnya Terlengkap

Pengertian Desain
Desain ialah suatu sistem yang berlaku untuk segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan dengan melihat segala sesuatu persoalan tidak secara terpisah atau tersendiri, namun sebagai suatu kesatuan dimana satu masalah dengan lainnya saling terkait. Disisi lain, desain juga diartikan sebagai perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur.

Jenis-Jenis Desain
Dalam hal ini desain memiliki dua jenis yaitu:
  • Yang pertama ialah desain struktur yang merupakan wujud dari suatu benda yang terdiri dari unsur-unsur desain diantaranya susunan garis, bentuk, ukuran, warna tekstur dan nilai gelap terangnya.
  • Yang kedua yaitu desain hiasan yang mempunyai tujuan untuk menghias desain struktur suatu benda atau busana.
Prinsip-Prinsip Desain
Dalam mendesain tentunya perlu dipertimbangkan beberapa prinsip-prinsip desain. Prinsip yang pertama ialah balance. Dimana balance tersebut sama halnya mempertimbangkan stabilitas atau kesan adanya daya tarik yang sama antara bagian yang satu dengan yang lainnya tanpa meniadakan aksentuasi yang menjadi pusat perhatian pada susunan karya seni.

Dalam menerapkan prinsip balance ini dalam mendesain pun perlu menentukan balance yang seperti apa. Hal itu dikarenakan balance sendiri terbagi menjadi empat hal antara lain keseimbangan sentral, keseimbangan simetris, keseimbangan inormal dan keseimbangan kontras.

Prinsip desain selanjutnya ialah unity yang merupakan kesatuan yang diubah melalui unsur yang mendominasi dan kurang mendominasi serta kedekatan dalam suatu komposisi karya seni, selain itu prinsip desain lainnya ialah ritme. Dimana ritme ini adalah susunan yang teratur dari unsur yang diulang-ulang dalam suatu karya seni. Prinsip yang terakhir ialah proporsi yaitu perbandingan ukuran yang ideal dari suatu objek.

Manfaat Desain
Adapun manfaat desain dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
  • Mempercepat Proses Pekerjaan
  • Suatu pekerjaan akan dapat diperisngkat dengan menggunakan desain grafis, contohnya sebuah proposal yang harus memaparkan setiap detail perusahaan tetapi dengan menggunakan desain grafis maka akan lebih dipersingkat dengan membuatnya dalam bentuk gambar atau kurva.
  • Dapat Menyampaikan Pesan Dalam Bentuk Grafis
  • Untuk membuat pesan dalam bentuk sebuah karya seni desain grafis tidaklah mudah, hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti kurusus desain grafis yang terpercaya agar pesan yang dibuat dapat disampaikan kepada masyarakat.
  • Menjadi Tempat Pengungkapan Perasaan
  • Setiap orang pasti memiliki perasaan yang terkadang sulit di ungkapan, setelah belajar desain grafis di dumet school dengan sebuah aplikasi photoshop ataua adobe lainnya dapat mengungkapkan perasaan dalam bentuk grafis.
  • Memberikan Hasil Gambar Yang Lebih Menarik Dan Indah
  • Gambar yang dihasilkan baik melalui jepretan kamera ataupun karya tangan tidak selalu menghasilkan gambar yang sesuai keinginan, dengan sentuhan desaign grafis maka gambar tersebut akan lebih menarik dan indah di lihat.
  • Dapat Menghasilkan Uang
  • Dengan sebuah hasil desain yang telah dibuat akan memiliki nilai yang berharga, bayangkan saja logo-logo perusahaan yang dibuat dari aplikasi desain bukan sekedar bernilai ratusan ribu saja, bahkan ada yang bernilai milyaran.
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Desain Beserta Jenis, Prinsip Dan Manfaatnya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Desain Beserta Jenis, Prinsip Dan Manfaatnya Terlengkap"

Posting Komentar