PENGERTIAN DAN SISTEMATIKA GERAK LURUS TERLENGKAP

PENGERTIAN DAN SISTEMATIKA GERAK LURUS TERLENGKAP - Jarak adalah panjang seluruh lintasan yang ditempuh oleh suatu benda tanpa melihat arah, sedan gkan perpind.ahan adalah perubahan kedudukan benda dan awal hingga akhir dengan melihat arah benda.

PENGERTIAN DAN SISTEMATIKA GERAK LURUS TERLENGKAP

Kelajuan dan Kecepatan
Saat kamu naik kendaraan bermotor, pernahkah kamu memerhatikan ada spidometer pada kendaraan itu? Spidometer adalah penunjuk kelajuan yang ditempuh kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor.
  • Kelajuan adalah jarak yang ditempuh per satu satuan waktu
  • Kecepatan adalah perpindahan per sam satuan waktu atau kelajuan beserta arahnya.
Pada umumnya, orang-orang menyebut kelajuan ini sebagai kecepatan. Kecepatan memiliki arti yang berbeda dengan kelajuan.

Persamaan tersebut untuk kelajuan atau kecepatan tetap. Pada umum nya, ketika kamu naik kendaraan bermotor, kendaraan itu akan berubah-ubah kelajuannya karena bertemu dengan kemacetan, keramaian pasar, atau lampu lalu lintas. Kelajuan yang berubah-ubah ini dinamakan kelajuan rata-rata.
  • Kelajuan rata-rata adalah jarak total yang ditempuh per selang waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak total itu.
Kelajuan atau kecepatan dapat dinyatakan dalam grafik hubunga antara jarak atau perpindahan terhadap waktu. Memperlihatkan bahwa jarak berubah terhadap waktu. Jika jarak semakin besar, maka waktu yang diperlukan untuk rnenempuh jarak tersebut juga semakin besar.

Gerak Lurus Beraturan
Berdasarkn kecepatannya, gerak lurus memiliki dua macam gerak, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

Keadaan benda yang bergerak dalam selang waktu yang sama dan menempuh jarak yang sama disebut benda dalam keadaan bergerak lurus beraturan.
  • Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan tetap (percepatan nol).
Sekarang kamu coba percobaan ticker timer dengan benda berupa mobil mainan yang tidak memakai baterai, tetapi diambil yang mempunyai berat agak besar dan rodanya dapat berputar dengan licin.

Letakkan mobil mainan pada papan yang miring kemudian setelah kertas pita dihubungkan, mobil dilepaskan . Gerakan mobil yang meluncur mi semakin lama semakin cepat, akibatnya titik-titik yang terjadi pada kertas pita jaraknya semakin lama semakin jauh Grafik menunjukkan bahwa gerak mobil itu berupa gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
  • Gerak lurus berubah beraturan (GLBB), yaitu gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dan kecepatannya berubah secara teratur.
Dengan kecepatan yang berubah beraturan, berarti benda memiliki percepatan.
  • Percepatan adalah kecepatan per satu satuan waktu.
Berdasarkan percepatannya, ada dua macam GLBB yaitu sebagai berikut.
  • Gerak lurus dipercepat beraturan, yaitu gerak lurus yang percepatannya diperbesar secara beraturan.
  • Gerak lurus diperlambat beraturan, gerak lurus yang percepatannya diperkecil secara beraturan.
Untuk gerak dipercepat beraturan, nilai a positif,  sedangkan untuk gerak diperlambat beraturan, nilai a negatif.

Aplikasi Gerak Lurus Berubah Beraturan
Dalam kehidupan sehari-hari, kamu banyak menjumpai gerak luru.

Berikut ini contoh gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.

Gerak Lurus Dipercepat Beraturan
  • Mobil yang semula bergerak dengan lintasan berupa garis lurus dengan kecepatan tetap, tiba-tiba karena ada sesuatu keperluan kemudian dipercepat (ditambah gas) secara beraturan.
  • Benda yang dijatuhkan dan ketinggian tertentu mula-mula memiliki kecepatan awal nol kemudian semakin ke bawah semakin cepat hingga menyentuh tanah.
  • Sepeda melalui jalan turun akan mengalami percepatan yang beraturan.
Gerak Lurus Diperlambat Beraturan
  • Mobil yang semula bergerak dengan lintasan berupa garis lurus dengan kecepatan tetap, tiba-tiba karena ada sesuatu keperluan kemudian mobil direm secara beraturan dan akhirnya berhenti .
  • Benda yang dilemparkan ke atas lambat laun mengalami perlambatan dan diam sejenak pada ketinggian tertentu.
  • Sepeda melalui jalan menanjak akan diperlambat secara beraturan.
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang PENGERTIAN DAN SISTEMATIKA GERAK LURUS TERLENGKAP. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: