Pengertian Dan Prinsip Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Pengertian Dan Prinsip Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari - Hari - Setiap alat yang berguna untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut pesawat. Ada pesawat rumit dan ada pula pesawat sederhana. Bidang miring adalah salah satu contoh pesawat sederhana. Pesawat sederhana digunakan untuk memudahkan pelaksanaan pekerjaan, walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama (lintasan lebih jauh). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bidang miring. Untuk lebih jelasnya bacalah artikel berikut ini!

Pengertian Dan Prinsip Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Pengertian Bidang Miring
Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki suatu sudut dengan salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung yang lain dan merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang sering digunakan untuk memindahkan benda ke tempat yang lebih tinggi.

Untuk memindahkan sebuah benda yang sangat berat menggunakan bidang miring, tentu kita harus mengetahui seberapa besar usaha yang kita butuhkan.

Dalam bidang miring dirumuskan seperti :
⟶ W = F.s

Dan untuk mengetahui berapakah gaya dorong yang diperlukan? Dengan berat beban yang akan kita angkat. Dalam bidang miring dirumuskan seperti :
⟶ F = W
           s
Perbandingan antara beban dan gaya dorong (kuasa) atau antara panjang lintasan bidang miring dan tinggi bidang miring disebut keuntungan mekanik bidang miring.

Dirumuskan seperti :





Keuntungan mekanik bidang miring adalah perbandingan antara panjang bidang miring dengan tinggi bidang miring






Prinsip Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari - Hari
  • Prinsip bidang miring banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari - hari. Beberapa contoh pemanfaatan bidang miring adalah sebagai berikut :
  • Jalan disekitar gunung atau pegunungan dibuat melingkar-lingkar agar kemiringannya tidak terlalu terjal. Dengan demikian, kendaraan akan lebih mudah melewatinya. Jika jalan dibuat lurus dari lembah ke puncak, jalan menjadi sangat curam sehingga membahayakan kendaraan yang melaluinya.
  • Untuk membelah kayu yang besar orang memanfaatkan baji. Bentuk baji yang menggunakan prinsip bidang miring akan memudahkan orang membelah kayu.
  • Di dalam dongkrak terdapat uliran yang terbentuk bidang miring uliran ini meringankan kerja ketika dongkrak sedang digunakan.
  • Kebanyakan tangga yang terdapat pada rumah atau bangunan yang lebih tinggi dari permukaan tanah dibuat miring agar memudahkan orang untuk mendakinya.
  • Alur-alur pada sekrup sebenarnya memanfaatkan bidang miring.
  • Bidang miring sangat memudahkan kita dalam memindahkan sebuah benda ke tempat yang lebih tinggi. Pemanfaatan bidang miring pun pasti sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kelemahannya adalah penggunaan bidang miring harus melalui perjalanan yang jauh.
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Dan Prinsip Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari - Hari. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Prinsip Bidang Miring Dalam Kehidupan Sehari - Hari"

Posting Komentar