Pengertian Dan Macam-macam Sistem satuan Internasioal

Pengertian Dan Macam-macam sistem satuan internasioal - Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran atau arti lainnya adalah untuk membandingkan ukuran suatu besaran.
Pengertian Dan Macam-macam Sistem satuan Internasioal


Satuan internasional (SI) adalah sistem satuan yang digunakan secara internasional dan memiliki standar yang sudah baku. Dalam fisika dikenal 2 sistem satuan internasional, yaitu MKS (Meter Kilogram Sekon) dan cgs (centimeter gram sekon). Syarat satuan ditetapkan sebagai SI yaitu; nilainya tetap, berlaku internasional, mudah ditiru dan diperbanyak, mudah diubah (dikonversi) ke satuan lain. Satuan juga dibagi menjadi Satuan baku dan Satuan tak baku. Satuan baku adalah satuan yang digunakan secara umum, satuan baku juga disebut satuan standar. Sedangkan satuan tak baku adalah satuan yang digunakan di daerah setempat.

Macam - Macam Sistem Satuan Internasional

1. Satuan Panjang
Satuan besaran panjang dalam SI dinyatakan dalam meter (m). Pada awalnya satu meter didefinisikan sama dengan panjang sepersepuluh juta 1/10000000 dari jarak kutub utara ke khatulistiwa melalui kota Paris. Kemudian dibuatlah batang meter standar berbentuk batang logam dari campuran Platina-Iridium. Satu meter diartikan sebagai jarak dua goresan pada batang ketika bersuhu 0ºC. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measure di Sevres, dekat Paris. Jadi, para ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudah berubah. Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu (1/299.792.458) sekon. Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan menggunakan awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan. Singkatan sistem metriksnya seperti tabel dibawah ini:


2. Satuan Massa
Massa adalah banyak zat yang terkandung dalam suatu benda. Satuan untuk massa dalam Sistem Satuan  Internasional adalah kilogram (kg). 1 kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres, Prancis. Silinder platina iridium memiliki diameter 3,9 cm dan tinggi 3,9 cm. Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 °C.
Satuan massa lain yang diturunkan dan satuan massa standar ini antara lain sebagai berikut:
1 mikrogram (µg)     = 0,000000001 kg       = 10-9 kg
1 miligram (mg)       = 0,000001 kg            = 10-6 kg
1 sentigram (cg)       = 0,00001 kg               = 10-5 kg
1 desigram (dg)        = 0,0001 kg                = 10-4 kg
1 gram (gr)               = 0,001 kg                   = 10-3 kg
1 dekagram (dag)     = 0,01 kg                     = 10-2 kg
1 hektogram (hg)     = 0,1 kg                       = 10-1 kg
1 kuintal (kw)          = 100 kg                      = 102 kg
1 ton = 1.000 kg       = 103 kg

3. Satuan Waktu
Besaran waktu dinyatakan dalam Satuan Internasional adalah sekon (detik). Pada awalnya satuan waktu dinyatakan atas dasar waktu rotasi bumi pada porosnya, yaitu 1 hari. Satu detik didefinisikan sebagai 1/26400 kali satu hari rata-rata. Satu hari rata-rata sama dengan 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86400 detik. Karena satu hari matahari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, maka pada tahun 1956 para ahli menetapkan definisi baru. Satu detik adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9192631770 kali. Alat untuk menghasilkan 1 detik standar adalah jam atom cesium.

4. Satuan Suhu
Suhu merupakan besaran yang menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda. Untuk mengukur derajat panas, digunakan termometer. Termometer yang kita kenal adalah termometer Celcius, Fahrenheit, dan Reamur. Di kalangan ilmuwan digunakan skala Kelvin untuk menentukan derajat panas suatu zat. Saat benda dipanaskan atau didinginkan akan terjadi perubahan sifat, seperti panjang logam, volume zat cair, dan volume gas. Satuan standar suhu adalah kelvin (K), yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273,16 dari suhu titik tripel air. Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat keseimbangan antara uap, cair, dan padat suatu bahan. Titik tripel air adalah 273,16 K dan 611,2 Pa.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Macam - Macam Sistem Satuan Internasional. Semoga apa yang diulas diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.
. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Macam-macam Sistem satuan Internasioal"

Posting Komentar