KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN

KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN - Sel tumbuhan merupakan sel eukariotik yang mempunyai struktur yang sedikit berbeda dengan sel-sel organisme eukariotik lainnya. Bagian-bagian yang hanya terdapat di sel tumbuhan adalah vakuola, dinding sel, plasmodesmata, plastida, pembelahan sel dengan phragmoplas, dan juga beberapa diantaranya bahkan memiliki flagela.


KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN


  1. Karakteristik sel tumbuhan
Sel tumbuhan mempunyai bagian-bagian khusus yang membedakannya dengan sel hewan atau sel eukariot yang lain. Berikut adalah organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan:
  1. Sebuah vakuola berukuran besar yang volumenya dipenuhi oleh air dan dilapisi oleh membran yang disebut tonoplas. Fungsi tonoplas adalah untuk mempertahankan sel turgor, mengontrol pergerakan molekul antara sitosol dan getah tumbuhan, menyimpan zat-zat berguna, dan mencerna limbah protein dan organel.
  2. Sebuah dinding sel yang terdiri dari selulosa, hemiselulosa, pektin, dan beberapa mengandung lignin. Dihasilkan oleh protoplas di luar membran sel. Hal ini berkebalikan dengan dinding sel jamur yang terbuat dari kitin dan bakteri yang terbuat dari peptidoglikan.
  3. Jalur komunikasi khusus antar sel yang dikenal sebagai plasmodesmata yang berupa pori-pori di dinding sel yang menghubungkan plasmalema di sel satu ke retikulum endoplasma di sel lain.
  4. Plastida yang terdiri dari kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas mengandung klorofil yang berguna untuk menyerap sinar matahari dan memungkinkan tanaman untuk membuat makanan sendiri dalam proses yang dikenal sebagai fotosintesis. Kromoplas untuk melakukan sintesis dan menyimpan pigmen. Leukoplas adalah bagian plastida yang tidak berwarna dan berguna untuk menyimpan cadangan makanan.
  5. Pembelahan sel yang dilakukan dengan pembentukan phragmoplas sebagai dasarnya.
  6. Sel kelamin jantan lumut dan pteridophyta, sikas, dan ginkgo memiliki flagela yang serupa dengan sel pada hewan. Namun pada tumbuhan yang lebih kompleks (seperti gymnospermae dan tanaman berbunga) tidak terdapat flagela dan sentriol yang biasanya terdapat di dalam sel hewan.

  1. Struktur sel tumbuhan
Selain terdiri dari organel-organel khusus seperti di atas, sel tumbuhan juga memiliki organel yang sama dengan organel pada sel hewan seperti berikut:

  1. Membran sel adalah membran biologis yang memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luar.
  2. Inti sel (nukleus) adalah organel tertutup membran yang ditemukan dalam sel eukariotik dan berisi sebagian besar materi genetika sel.
  3. Sitoplasma adalah cairan sel berwarna yang terdiri dari sekitar 80% air.
  4. Sitoskeleton adalah jaringan serat yang terdiri dari protein yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel.
  5. Ribosom adalah organel yang berfungsi untuk melakukan sintesis protein.
  6. Retikulum endoplasma (RE) adalah organel sel eukariotik yang terdiri dari kantung pipih dan berhubungan dengan membran inti.
  7. Badan golgi adalah organel yang ditemukan di sebagian besar sel eukariotik yan berupa kantung pipih bertumpuk.
  8. Lisosom adalah organel sel yang mengandung enzim hidrolisis.
  9. Peroksisom adalah organel yang terlibat dalam proses katabolisme dari rantai asam lemak, asam amino, dan poliamina.
  10. Mitokondria adalah organel yang sangat penting karena disini terjadi metabolisme yang menghasilkan energi berupa adenosin trifosfat (ATP).

Demikian penjelasan mengenai KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN"

Posting Komentar