Cara Membuat Pengumuman Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Pengumuman Yang Baik Dan Benar - Pengumuman ialah pesan atau sebuah informasi yang di sampaikan kepada masyarakat umum atau untuk semua. Tujuan dari pengumuman ialah sarana untuk menyampaikan sesuatu supaya diketahui oleh umum atau masyarakat. Pada umumnya sebuah pengumuman hanya menyampaikan sebuah pesan atau sebuah informasi supaya diketahui masyarakat.


Cara Membuat Pengumuman Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Pengumuman
1. Kejelasan
Saat membacakan sebuah pengumuman harus dengan kalimat yang jelas sehingga pengumuman yang disampaikan akan terdengar jelas dan isi yang terkandung mudah untuk dipahami.

2. Lafal
Kita harus melafalkan huruf atau kata di pengumuman dengan benar, dengan lafal yang jelas dan benar maka kalimat yang dibacakan tidak akan menimbulkan arti yang berbeda dengan yang di maksud.

3. Intonasi
Intonasi atau tinggi rendahnya nada saat kita membacakan pengumuman akan berpengaruh bagi para pendengar. Dengan menggunakan intonasi yang pas maka maksud dari pengumuman yang kita sampaikan akan mudah dipahami dan dimengerti.

4. Jeda
Saat berhenti sesaata atu sebentar saat kita membacakan pengumuman, artinya ada berhenti sesaat ialah waktu kita untuk mengmbil nafas untuk membaca pengumuman selanjutnya. Ini juga menentukan isi pengimuman saat kamu membacakan pengumuman.

5. Volume Suara
Ini merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi hasil dari pengumuman yang kita bacakan. Pendengar tidak bisa memahami maksud atau isi dari pembaca apa bila pembaca berbicara dengan volume suara terlalu pelan. Tempat serta suasana juga berpengaruh pada volume suara.

Seperti saat kita berbicara di lapangan terbuka maka lebih baik kalian berbicara dengan lantang supaya para pendengar akan bisa mendengar ucapan kamu dengan jelas.

Terdapat beberapa macam pengumuman yakni pengumuman pemerintah, panitia lomba, organisasi sekolah, panitia amal, panitia kegiatan tertentu atau perorangan. Sebuiah informasi yang dapat dianggap sebagai pengumuman antara lain:
  • Pengumuman tentang kegiatan lomba, ini termasuk pengumuman panitia lomba atau pengumuman resmi.
  • Pengumuman acara reuni akbar suatu sekolah, ini termasuk pengumuman organisasi sekolah atau resmi.
  • Pengumuman duka cita atau adanya sebuah kehilangan, ini termasuk jenis pengumuman perseorangan.
Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Cara Membuat Pengumuman Yang Baik Dan Benar. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: