5 Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan

5 Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan - Kalimantan mempunyai lima provinsi yakni Kalimantan Tengah, Kaimantan Barat, Klaimantan Timur, Kalimatan Selatan dan Kalimantan Utara. Kali ini kita akan membahas mengenai alat musik tradisional dari Kalimantan. Berikut alat musik tradisional dan penjelasannya.

5 Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan


1. Kalimantan Barat
kalimantan Barat mempunyai alat musik tradisional yakni Tuma. Tuma sejenis gendang panjuang dan terbuat dari bahan dasar kayu dengan diameter 25cm dan panjang 1m sebagai rangkanya, sebagai membrannya Tuma menggunakan kulit lembu. Tuma dimainkan dnegan cara ditepuk karenanya alat musik ini tergolong jenis alat musik membranphon. Alat musik ini biasa dimainkan sebagai pengiring tarian tradisional bersama dengan alat musik tradisional lainnya.

2. Kalimantan Tengah
Japen merupakan alat musik tradisional dari Kalimantan Tengah dan merupakan alat musik yang populer diantara yang lainnya. Japen serupa dengan kcapi yang diaminkan dnegan cara dipetik. Selain itu, anda yang dihasilkan mirip dengan nada yang dihasilkan dari kecapi. Saat dimainkan maka nada yang dihasilkan dari petikan dawainya akan menghasilkan bunyi yang akrab dnegan kebudayaan Tionghoa. Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik chordophon.

3. Kalimantan Timur
Kalimantan Timur memiliki alat musik tradisional yakni Sampek. lat musik ini sejenis dengan kecapi dan hampir mirip dnegan Japen. Sampek berasal dari kebudayaan Suku Dayak yang tersebar di Kalimantan Timur. Biasanya Sampek dimainkan tunggal atau solo sebagai pengiring dari nyanyian-nyanyian khas dari masyarakat Dayak. tak jarang juga Sampek dimainkan dengan alat musik lainnya dalam pertunjukan kesenian musik pada upacara adat khas dari Suku Dayak.

4. Kalimantan Selatan
Gambus yang merupakan alat musik khas dari Melayu juga ditemukan dalam alat msuik tradisional Kalimantan Selatan. Akan tetapi Gambus khas suku Banjar bernama Panting. panting dimainkan dengan cara dipetik dan menghasilkan nada-nada yang indah, menggema seperti suara gambus. Diantara alat musik liannya, Panting menjadi alat musik yang paking sering dimainkan oleh masyarakat Banjar.

5. kalimantan Utara
Sluding merupakan alat musik tradisional dari Kalimantan Utara. Sluding terbuat dari delapan bilah kayu dengan ukuran yang berbeda lalu diuntai seperti bentuk Gambang dengan seutas rotan. Bilah-bilah disusun pada sebuah rangka kayu dengan hiasan berupa kepala burung neggang pada bagian atas. Alat ini dimainkan dnegan cara dipukul.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang 5 Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan"

Posting Komentar