5 Alat Musik Tradisional Dari Bali

5 Alat Musik Tradisional Dari Bali - Bali merupakan salah satu pulau yang erkenal di Indonesia. Banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi pulau ini utnuk berwisata menikmati liburan dipulai ini. Kekayaan budayanya menjadi salah satu daya tarik dari Bali, keramahan penduduk lokal dan pernak-pernik yang ada disana menjadi hal yang dirindukan bagi para wisataan, keindahan pantai dan saat matahari terbit dan tenggelam menjadi moment yang ditunggu bagi para wisatawan. Kali ini kita akan membahas alat musik tradisional dari Bali yang menjadikan pertunjukan seni yang disajikan menarik. Berikut alat musik tradisional Bali.

5 Alat Musik Tradisional Dari Bali


1. Gamelan Bali

Ini merupakan seperangkat alat musik tradisional Bali yang biasanya dimainkan dengan bersamaan saat upacara keagamaan, pertunjukan tari, wayang dan pertunjukan seni suara. Alat musik yang tergabung seperti gong, kendang, gambang dan kempul.

Semua alat musik yang tergabung ini terbuat dari logam kecuali kendang, Sehingga saat dimainkan akan menghasilkan ssuara yang nyaring. Perbedaan antara gamelan Bali dan gamelan Jawa terletak pada ornamen pahatan yang menyatu pada setiap instrumen.

2. Rindik

Rindik merupakan alat musik tradisional Bali yang terbuat dari bamabu yang tersusun dari sebelas hingga empat belas bilah bambu yang panjangnya berbeda dan dimainkan dnegan cara dipukul dnegan pemukul yang terbuat dari kayu. Sekilas Rindik terlihat seperti Kolintang yang banyak kita temui dalam kebudayaan Suku Melayu.

Zaman dulu alat musik ini hanay dimainkan dalam pentas tari rakyat, akan tetapi dnegan berkembangnya zaman maka penggunaan Rindik lebih fleksibel dan dapat dimainkan dalam mengiringi tarian untuk menyambut tamu agung atau dalam resepsi pernikahan.

3. Ceng-Ceng

Ini merupakan alat musik tradisional Bali yang terbuat dari dua keping simbal logam kuningan dan hanya dimainkan dengan membenturkan antara satu dengan lainnya. biasanya ceng-ceng digunakan sebagai alat dalam upacara keagamaan Umat Hindu di Bali. Selain menggunakan ceng-ceng biasanya digunakan rindik juga dalam pertunjukan gamelan.

4. Pereret

Ini merupakan alat musik tradisional Bali yang paling tua dibanding yang lainnya. Pereret ialah sebuah terompet sederhana yang pada zaman dulu hanya dimainkan untuk mengiringi sebuah pertunjukan yakni Sewo Gati.

Alat musik ini dianggap memiliki kekuatan magis yang sangat kuat. Nada dan irama yang dihasilkan dipercaya dapat mengantarkan peket dari seorang lelaki perjaka pada seorang gadis yang ia cintai sehingga mereka berdua akan menjalin kasih.

5. Genggong

Genggong ini alat musik tradisional yang sangat unik, tidak hanya dikenal sebagai alat musik tradisional Bali saja karena ada beberapa suku di daerah lain yang memiliki catatan sejarah tentang instrumen getar ini.

Genggong dimainkan dnegan cara ditiup pada bagian membrannya dan akan menghasilkan getaran suara seperti kodok. Alat ini menjadikan rongga mulut sebagai resonator sehingga tinggi atau rendahnya nada yang dihasilkan tergantung dari besar kecilnya rongga mulut yang memainkan alat ini.

Demikianlah penjelasana artikel yang berjudul tentang 5 Alat Musik Tradisional Dari Bali. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Alat Musik Tradisional Dari Bali"

Posting Komentar