PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA DI DALAM WILAYAH INDONESIA

PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA DI DALAM WILAYAH INDONESIA -
Peninggalan kerajaan Sriwijaya ditemukan tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara di luar Indonesia pun peninggalan kerajaan Sriwijaya ditemukan pula misalnya di Malaysia dan India, berikut adalah peninggalan-peninggalan kerajaan Sriwijaya di Indonesia dan di luar Indonesia.

PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA DI DALAM WILAYAH INDONESIA


  1. Prasasti Kedukan Bukit
Ditemukan di dekat Kota Palembang dan berangka tahun 683 Masehi. Berisi cerita tentang Raja Sriwijaya (Dapunta Hyang) yang mengadakan perjalanan suci dari Minanga Tamwan untuk mendapatkan Siddhayatra dan keberhasilnya memakmurkan Kerajaan Srwijaya.

  1. Prasasti Talang Tuo
Ditemukan di sebelah barat Kota Palembang dan berangka tahun 684 Masehi. Prasasti ini menceritakan pembuatan Taman Srikseta oleh Raja Dapunta Hyang untuk kemamkmuran rakyat.

  1. Prasasti Telaga Batu
Ditemukan di dekat Kota Palembang dan tidak berangka tahun. Prasasti ini menceritakan tentang kutukan-kutukan terhadap siapa pun yang melakukan kejahatan dan yang tidak taat terhadap raja.

  1. Prasasti Karang Berahi
Ditemukan di Karang Berahi (Provinsi Jambi) dan berangka tahun 868 Masehi. Prasasti ini menceritakan tentang permintaan kepada dewa untuk menghukum setiap orang yang orang melakukan kejahatan terhadap Kerajaan Sriwijaya.

  1. Prasasti Kota Kapur
Ditemukan di Kota Kapur (Pulau Bangka) dan berangka tahun 686 Masehi. Prasasti ini menceritakan tentang usaha Kerajaan Sriwijaya dalam menundukkan Pulau Jawa, yaitu Kerajaan Tarumanegara yang dianggap tidak setia kepada Kerajaan Sriwijaya.

  1. Prasasti Palas Pasemah
Ditemukan di Palas Pasemah (Provinsi Lampung) dan tidak berangka tahun. Prasasti ini mencertitakan bahwa daerah Lampung Selatan telah diduduki oleh Kerajaan Sriwijaya pada akhir abad ke-7 Masehi.

  1. Prasasti Bukit Siguntang
Bukit Siguntang berada di Kota Palembang merupakan komplek pemakaman raja-raja Kerajaan Sriwijaya. Ditemukan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dalam bentuk arca Budha Sakyamurni yang mengunakan jubah dan Prasasti Bukit Siguntang berisikan tentang peperangan yang banyak merenggut nyawa.

  1. Prasasti Amoghapasha
Ditemukan di provinsi Jambi dan berangka tahun 1286 M. Isi dari prasasti ini menyebutkan bahwa raja. Kertanegara telah menghadiahkan arca amogapasha pada raja Suwarnabhumi yang bernama Tribhuwanaraja Mauliwarmadewa. Raja dan rakyatnya sangat gembira.

Demikian penjelasan mengenai PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA DI DALAM WILAYAH INDONESIA, semoga dapat bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: