Pengertian Workshop, Ciri-Ciri, Jenis dan Tata Pelaksanaan Workshop Terlengkap

Pengertian Workshop, Ciri-Ciri, Jenis dan Tata Pelaksanaan Workshop Terlengkap - Workshop atau Lokakarya adalah suatu acara dimana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan suatu masalah tertentu dan mencari solusinya.

Pengertian Workshop, Ciri-Ciri, Jenis dan Tata Pelaksanaan Workshop Terlengkap

Pengertian atau definisi workshop yang lain yaitu, Workshop adalah suatu kegiatan dimana kegitan tersebut terdapat orang-orang yang memiliki keahlian tertentu, lalu berkumpul dan membahas permasalahan tertentu dan memberikan pengajaran atau pelatihan kepada para pesertanya. Dengan kata lain, workshop adalah memberikan pengajaran atau pelatihan kepada peserta mengenai teori dan juga praktek pada suatu bidang. Atau bisa diartikan, Workshop adalah pelatihan untuk peserta yang bekerja secara perseorangan atau secara kelompok untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas yang sebenarnya bertujuan untuk mendapatkan pengalaman.

Ciri-Ciri Workshop
Adapun ciri-ciri workshop, yaitu:
  • Permasalahan yang dibahas yaitu permasalahan yang muncul atau berasal dari peserta workshop.
  • Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yakni dengan cara musyawarah dan juga penyelidikan, sehingga peserta worksop bisa mengambil bagian untuk menyelesaikan masalah tersebut secara aktif.
  • Setiap peserta harus aktif dan berpartisipasi dalam memberikan bantuan dalam kegiatan tersebut untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga dapat diperoleh hasil yang baik dalam musyawarah tersebut.

Jenis-Jenis Workshop
Adapun macam-macam jenis workshop yaitu:

Workshop Berdasarkan Lembaga atau Organisasi
Contohnya workshop dalam dunia pendidikan yang membahas tentang permasalahan yang selalu muncul dalam pendidikan dan menyelesaikan persoalan tersebut. Jadi workshop ini tergantung pada lembaga/organisasi yang menyelenggarakannya.

Workshop Berdasarkan Waktu
Berdasarkan waktunya, Workshop dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

Workshop beruntun
Workshop beruntun yaitu suatu workshop yang dilakukan dalam waktu tertentu diadakan secara terus menerus, biasanya workshop ini dilakukan selama tiga hari secara terus menerus.

Workshop Berkala
Workshop berkala yaitu workshop yang hanya dilakukan dalam jangka waktu mingguan atau bulanan.

Berdasarkan Sifat
Berdasarkan sifatnya, workshop dibedakan menjadi 2 yaitu:

Workshop mengikat
Workshop yang mengikat adalah jenis workshop yang diselenggarakan oleh orang-orang atau lembaga tertentu, dimana hasil workshop tersebut mengikat setiap peserta yang mengikutinya. Contoh workshop yang bersifat mengikat yaitu workshop tenyang standarisasi ISO.

Workshop tidak mengikat
Workshop yang bersifat tidak mengikat yaitu jenis workshop yang hasilnya tidak mengikat setiap peserta yang mengikutinya. Apapun hasil yang diperoleh dari workshop tersebut tidak wajib dituruti oleh setiap peserta. Contoh workshop yang bersifat tidak mengikat yaitu workshop tentang zat kimia berbahaya yang dihasilkan kendaraan.

Tata Pelaksanaan Workshop
Adapun tahapan atau rangkaian tata pelaksanaan workshop yaitu:
  1. Tujuan workshop diadakan.
  2. Masalah yang di bahas dalam workshop
  3. Prosedur teknis workshop
  4. Pembahasan tentang permasalahan dengan beberapa orang
  5. Menentukan cara memecahkan masalah

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian Workshop, Ciri-Ciri, Jenis dan Tata Pelaksanaan Workshop Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: