Pengertian, Sifat, Sumber, Manfaat dan Bahaya Sinar Gamma Dalam Kehidupan Terlengkap

Pengertian, Sifat, Sumber, Manfaat dan Bahaya Sinar Gamma Dalam Kehidupan Terlengkap - Sinar gamma atau sinar gama merupakan salah satu gelombang elektromagnetik yang biasanya dilambangkan dengan huruf latin γ. Dalam spektrumnya menempati tingkatan dengan frekuensi terbesar yaitu 1020 Hz hingga 1025 Hz atau dengan panjang gelombang terpendek yaitu 10-17 m hingga 10-12 m.
Pengertian, Sifat, Sumber, Manfaat dan Bahaya Sinar Gamma Dalam Kehidupan Terlengkap

Sifat Sinar Gamma

Sifat yang dimiliki oleh sinar gamma yaitu energi yang besar sehingga daya tembusnya sangat kuat. Sinar gamma memiliki daya tembus yang paling kuat dibandingkan dengan gelombang-gelombang yang masuk dalam kelompok gelombang elektromagnetik. Sinar gamma bisa menembus pelat besi yang tebalnya sampai beberapa cm.

Sumber Sinar Gamma
Sinar gamma terbentuk karena adanya proses nuklir atau subatomik lainnya seperti penghancuran elektron-positron. Sinar gamma tidak bisa ditemukan di sembarang tempat karena hanya bisa terjadi akibat proses nuklir dan subatomik lainnya. Sinar ini dapat terbentuk saat:
  • Ledakan bintang atau Supernova
  • Ledakan bom nuklir
  • Bintang yang terhisap lubang hitam
  • Terapi Sinar gamma
  • Gelembung energi di pusat galaksi Bima Sakti
  • Bahan radioaktif
Manfaat Sinar Gamma
Sinar gamma ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Adapun manfaat dari sinar gamma yaitu sebagai berikut.

Menyembuhkan Tumor, Kanker, dan Kelainan Lain
Sinar gamma dapat dimanfaatkan untuk membunuh sel kanker dan tumor serta kelainan lainnya yang dikenal dengan sebutan gamma knife. Gamma Knife adalah suatu metode terapi sinar gamma yang digunakan untuk pengobatan tumor dan kelainan-kelainan lainnya pada otak tanpa membuka tulang tengkorak. Radiasi sinar gamma ini digunakan untuk menghancurkan sel-sel yang sakit sementara menjaga sel-sel lainnya yang masih sehat. Serangkaian Sinar Gamma dipancarkan langsung pada sel yang terkena kanker untuk dimusnahkan.

Membunuh Bakteri
Sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik yang mempunyai energi tinggi yang bisa membunuh bakteri, sehingga sering dimanfaatkan untuk mensterilisasi makanan, minuman dan peralatan dokter sebelum melakukan operasi. Penggunanaan sinar gamma untuk membunuh organisme dikenal dengan istilah irradiation. Dosis sinar gamma yang digunakan juga tidak merusak sel makanan, sehingga gizi makanan tidak berkurang. Makanan menjadi tahan lama karena tidak ada bakteri yang merusak makanan dan tentunya rasa makanan tidak berubah atau masih sama dengan rasa aslinya. Makanan iradiasi tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Pembentukan Bibit Unggul Tanaman
Pembentukan bibit unggul pada tanaman bisa dilakukan dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik sinar gamma, misalnya pembentukan bibit unggul pada tumbuhan padi. Bibit padi yang akan dijadikan bibit unggul diberi radiasi dengan dosis yang bervariasi, dari dosis terkecil yang tidak membawa pengaruh hingga dosis rendah yang mematikan. Biji yang sudah diradiasi tersebut lalu disemaikan dan ditaman berkelompok menurut ukuran dosis radiasinya. Sinar gamma ini bisa memicu terjadinya mutasi pada suatu tanaman. Dari proses mutasi tersebut diharapkan dapat diperoleh tanaman dengan sifat-sifat yang menguntungkan, misalkan pada tanaman padi yang lebih tahan terhadap hama dan mempunyai tunas lebih banyak.

Pelacakan Kebocoran Pipa Bawah Tanah
Dengan memanfaatkan ilmu fisika khususnya gelombang elektromagentik sinar gamma kita dapat mendeteksi kebocoran pada sebuah pipa yang ditanam di bawah tanah. Suatu zat yang mampu memancarkan sinar gamma dilarutkan kedalam air dan dialirkan pada pipa bawah tanah. Lalu permukaan tanah di atas pipa air diperiksa dengan Geiger Counter. Intensitas radiasi yang berlebihan menunjukkan terjadinya kebocoran pada pipa tersebut.

Manfaat lain sinar gamma
Manfaat lain sinar gamma diantaranya untuk:
  • Mengetahui struktur logam
  • Membuat radio isotop

Bahaya Sinar Gamma
Selain memiliki manfaat, sinar gamma juga memiliki kekurangan atau kerugian bagi kehidupan diantaranya:

Merusak satelit dan atmosfir
Sinar gamma yang berasal dari luar angkasa bisa merusak satelit dan atmosfir. Ini terjadi karena sinar gamma memiliki energi yang sangat kuat. Meskipun begitu, menurut para ilmuan semburan gamma ini jarang terjadi yakni sekitar 10 ribu – 1 juta tahun sekali, hal ini terakhir terjadi pada abad ke-8.

Menyebabkan kematian terbesar jika terjadi perang nuklir
Dalam ledakan senjata nuklir banyak materi radioaktif yang tercipta. Akan tetapi, Sinar gama dari fallout nuklir kemungkinan akan menyebabkan jumlah kematian terbesar dalam penggunaan senjata nuklir dalam sebuah perang nuklir.

Sinar gama memang kurang mengionisasi dari sinar alfa atau beta. Akan tetapi, mengurangi bahaya terhadap manusia memerlukan perlindungan yang lebih tebal. Itu menghasilkan kerusakan yang mirip karena sinar-X, seperti terbakar, kanker dan mutasi genetika.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul tentang Pengertian, Sifat, Sumber, Manfaat dan Bahaya Sinar Gamma Dalam Kehidupan Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: