PENGERTIAN SELULOSA LENGKAP

PENGERTIAN SELULOSA - Selulosa merupakan molekul yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen, dan ditemukan dalam struktur selular hampir seluruh materi tanaman. Senyawa organik ini, yang dianggap paling melimpah di bumi ini, bahkan diekskresikan oleh beberapa bakteri. 

PENGERTIAN SELULOSA

Selulosa merupakan rantai panjang molekul gula yang dihubungkan satu sama lain untuk memberikan kekuatan pada kayu yang luar biasa. Selulosa ialah komponen utama dari dinding sel tumbuhan, dan bahan bangunan dasar bagi banyak jenis tekstil dan kertas. Kapas adalah bentuk alami atau murni selulosa. Di laboratorium, kertas ashless filter adalah sumber selulosa yang hampir murni.

Selulosa merupakan polimer alam, rantai panjang yang dibuat dengan menghubungkan molekul yang lebih kecil. Link dalam rantai selulosa adalah jenis gula: ß-D-glukosa. Dua molekul tak tertaut ß-D-glukosa. Unit gula terkait ketika air dihilangkan dengan menggabungkan -OH dan H yang juga disorot dalam dengan warna abu-abu.

Hubungan dua dari gula ini menghasilkan disakarida yang juga disebut sebagai selobiosa. Selulosa adalah polisakarida yang dihasilkan dengan menghubungkan gula tambahan dalam cara yang persis sama. Panjang rantai bervariasi, dari beberapa ratus unit gula pada bubur kayu sampai hingga lebih dari 6000 pada katun.

Rantai selulosa pada bulu dengan kelompok -OH polar. Kelompok-kelompok ini membentuk banyak sekali ikatan hidrogen dengan gugus OH pada rantai yang berdekatan, rantai digabung secara bersama-sama. Rantai pun disusun teratur di beberapa tempat untuk membentuk bagian keras, stabil daerah kristalin yang memberikan rantai yang terbungkus mempunyai kestabilan dan juga kekuatan yang lebih.

Selulosa adalah komponen utama pada kayu. Serat selulosa dalam kayu terikat dalam lignin, polimer kompleks. Pembuatan kertas yang meliputi pengolahan bubur kayu dengan alkali atau bisulfit untuk menghancurkan lignin, dan juga kemudian menekan bubur kertas pada matte serat selulosa bersama-sama.

Selulosa ditemukan dalam jumlah besar di hampir setiap tanaman, dan berpotensi sumber makanan utama. Sayangnya, manusia tidak mempunyai enzim yang diperlukan untuk membelah hubungan antara gula dalam selulosa. Bahkan, selulosa kristal ditambahkan ke beberapa makanan untuk mengurangi nilai kalori makanan tersebut.

Selulosa bisa ditemukan pada daftar bahan di bawah berbagai nama, tergantung pada bentuk yang digunakan. Meskipun selulosa mempunyai struktur molekul yang sama terlepas dari sumbernya (bubur kayu, kapas, atau bahan nabati lainnya), bagaimana molekul terikat bersama-sama dan apakah atau tidak mereka terhidrasi menciptakan berbeda “bentuk” dari selulosa.

Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN SELULOSA, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: